Love & Sex

5 Cara Menjaga Komitmen dengan Si Love Language ‘Acts of Service’

  by: Redaksi       1/6/2022
  • Cosmo babes, kali ini kita akan kembali lagi dengan pembahasan lima tipe love language menurut Gary Chapman. Kini giliran untuk membedah love language yang dinamakan ‘acts of service’. Kira-kira, seperti apa sih seseorang yang memiliki love language ini?

    Seperti namanya, acts of service adalah sebuah aksi dengan memberikan pelayanan kepada pasangan. Dengan demikian, apabila kamu membantu pekerjaannya misalnya, kamu akan membuat seseorang dengan love language ini senang dan merasa dicintai. Tidak peduli besar atau kecil pelayanan itu, mulai dari membawakan barangnya, sampai mengantar jemputnya dapat membuktikan seberapa besar rasa sayangmu pada dirinya.

    Apakah menjaga komitmen dengan love language acts of service ini mudah? Tentu saja apabila kamu mengetahui hal-hal di bawah ini, babes. Berikut 5 cara menjaga komitmen dengan seseorang yang memiliki bahasa cinta acts of service yang sudah Cosmo rangkumkan untukmu!




    1. Mau meluangkan waktumu untuk dirinya





    Mungkin bagi sebagian orang, love language ini sedikit memiliki kemiripan dengan love language quality time. Demi mencapai hubungan yang intim, seseorang harus memahami love language atau bahasa cinta pasangannya. Bahasa cinta ini adalah bagaimana seseorang bisa menerima dan memberikan sesuatu yang lebih berharga dalam dirinya, bisa berbentuk barang, waktu, maupun tindakan.

    Dilansir dari Verywell Mind, acts of service adalah bahasa yang memiliki arti melakukan segala sesuatu yang pasanganmu sukai untuk dirinya, seperti mengantarnya ke tempat kerja, mengurus hewan peliharannya, sampai memasaknya makan siang. Hal yang terpenting dalam bahasa cinta ini adalah bagaimana kita menyerahkan waktu kita untuk pasangan.

    Memang hal tersebut terdegar melelahkan dan pastinya akan memakan banyak waktu kita, tetapi apabila hal tersebut dapat membuat pasangan kita senang, pastinya kerja keras dan pengorbanan kita akan terbayar, bukan?


    2. Memperhatikan hal-hal kecil dan detail dari pasangan




    Kamu harus memperhatikan hal-hal kecil dan detail dari pasanganmu! Hal-hal yang ia bicarakan atau lakukan bisa menjadi sebuah petunjuk bagimu untuk menetapkan langkah selanjutnya. Misalnya, ketika kamu mendengar pasanganmu hendak pergi ke suatu tempat, atau bisa juga makanan apa yang ingin ia santap untuk sarapan esok hari.

    Apabila kamu kesulitan dalam mengingat sesuatu, jangan lupa untuk mencatatnya ya, babes!


    3. Ketahui apa hal yang membuatnya tidak nyaman






    Hal lain yang perlu kamu perhatikan dan catat adalah ketika pasanganmu merasa tidak nyaman akan suatu hal. Setelah kamu mengingat dan mencatat apa yang pasanganmu katakan dan lakukan untuk menetapkan langkah selanjutnya, kamu dapat menghindari hal-hal yang pasanganmu tidak sukai dengan melihat ekspresi dan tingkah lakunya ketika melakukan suatu hal.

    Apabila ia terlihat tidak nyaman, pastinya ia tidak menyukainya, bukan? Hal itulah yang dapat Cosmo babes catat dan pastikan tidak terjadi lagi di masa depan. Kamu bisa menawarkannya bantuan ketika dia terlihat tidak mampu melakukannya, atau secara terang-terangan komplain terhadap sesuatu.


    4. Membuat jadwal untuk pasangan




    Acts of service adalah bahasa cinta yang dapat diprediksi dan bisa kamu tetapkan jadwalnya dari jauh-jauh hari. Hal ini tentunya dapat memudahkanmu untuk fokus pada pelayanan yang dapat kamu atur sesuai jadwal atau waktu luangmu. Ketika kamu hendak melakukan sesuatu, jangan lupa untuk memastikan juga jadwal dari pasanganmu sehingga pelayanan yang dapat kamu berikan tidak akan bertabrakan dengan kesibukannya.


    5. Ketahui batas kemampuanmu




    Mengetahui sejauh mana kamu dapat memberikan pelayanan kepada pasanganmu sangat penting dan terkadang terlewatkan oleh seseorang. Untuk memenuhi bahasa cinta acts of service, kamu memang harus berusaha keras, tetapi kamu tidak perlu melampaui batas kemampuanmu terlalu jauh.

    Tentunya di dalam hubungan yang sehat, sepasang kekasih akan menghargai apapun yang diberikan pasangannya. Oleh karena itu, maksakan kehendak hanya akan merugikan dirimu.


    Berdasarkan studi Pew Research Center di tahun 2016, membagi pekerjaan rumah tangga antara suami dan istri akan berdampak baik dalam keberhasilan suatu pernikahan. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga adalah salah satu pelayanan yang dapat kamu berikan kepada pasanganmu. Acts of service adalah salah satu bahasa cinta yang memiliki banyak benefit untuk sebuah hubungan lho, babes!


    (Fishya Elvin/ GIO/ Images: Photo by Amir Esrafili on Pexels, Photo by Uriel Mont on Pexels, Photo by Dziana Hasanbekava on Pexels, Photo by Tran Long on Pexels, Photo by Gustavo Fring on Pexels, Photo by Andres Ayrton on Pexels, Photo by Cottonbro on Pexels)