Beauty

Tips Menjaga Rambut Keriting Terlihat Halus & Bebas Frizz!

  by: Astriana Gemiati       2/6/2022
  • Suka atau tidak suka, rambut frizzy atau sulit diatur terkadang hadir pada area rambut keriting. Meskipun demikian, rambut kusut yang berlebihan tentu dapat dikendalikan dengan membeli peralatan perawatan rambut yang tepat dan dengan melakukan penyesuaian yang efektif pada rezim kecantikan kamu. Dhruv Madhok, Co-Founder, Arata, menjelaskan banyak cara untuk mendapatkan ikal yang lembut dan terdefinisi dengan baik dalam waktu singkat; take note, beauty girls.


    via GIPHY




    Hindari Sampo yang mengandung bahan sulfat

    Menahan diri dari produk yang keras dan sarat bahan kimia yang menghilangkan minyak alami rambut adalah yang terpenting — terutama yang mengandung sulfat, bahan yang memiliki reputasi buruk di antara gadis-gadis berambut keriting. Surfaktan ini, biasanya ditemukan di sampo, menghilangkan kelembapan rambut dan menghilangkan minyak alaminya, membuatnya tampak kering, kusam, dan kasar. Selain itu, seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, rambut keriting lebih rentan terhadap kekeringan daripada jenis rambut lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memilih sampo yang membersihkan kulit kepala dengan lembut, serta menawarkan hidrasi dan kelembapan pada helaian rambut," jelasnya.



    Lakukan ini di saat setelah kamu selesai mencuci rambut

    Percaya atau tidak, banyak faktor yang menentukan berapa lama rambut ikal kamu akan bertahan hingga mandi berikutnya—mulai dari olahraga hingga cuaca, dan bahkan rutinitas sebelum tidur (apakah kamu tidur dengan topi?). Jika kamu ingin memanjangkan rambut, inilah yang dapat kamu lakukan: Mulailah dengan menghilangkan simpul dan kusut menggunakan detangling spray. Semprotkan pada rambut ikal dengan kondisi basah dan gunakan sisir bergigi lebar untuk membuka simpul; ini akan mengurangi kerusakan rambut, mengurai, dan melembapkan rambut kamu. Selanjutnya, oleskan moisturising leave-in cream —ini akan menggumpal ikal kamu dan memberi mereka dosis hidrasi yang intens. Lengkapi dengan gel rambut agar menjaga tektur keriting terlihat baik dan tahan lama. Saat menerapkan formula penataan, kerutkan atau gulung rambut dengan jari untuk menghidupkan kembali ikal rambut kamu.


    Pelembap dan deep condition

    Kontrol keriting dimulai dari kamar mandi; sertakan masker penghilang keriting dalam rutinitas mencuci rambut kamu—idealnya masker yang memberikan sifat menghaluskan adalah shea butter, asam hialuronat, dan minyak alami. Sederhana saja: kunci untuk mengatasi rambut kusut adalah dengan meningkatkan kelembapan. Semakin besar kelembapan yang ada di rambut kamu, semakin sedikit keritingnya. Jadi, aplikasikan dengan kondisioner yang meresap jauh ke dalam ikal yang kering dan kasar serta mengunci kelembapan, ini akan membuat helaian rambut kamu tampak berkilau, bebas kusut, dan sangat lembut untuk disentuh.




     

    Tata rambut kamu saat basah

    Dengarkan; ikal kamu akan berada dalam bentuk yang indah dan paling halus saat basah. Menata rambut basah adalah cara terbaik untuk mencegah rambut kusut. Plus, hal itu meningkatkan definisi ikal dan memastikan distribusi produk yang merata di seluruh helaian rambut.




    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. GIPHY.com, [email protected]).