Beauty

Tips Menyamarkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata!

  by: Astriana Gemiati       3/6/2022
  • Generasi saat ini mungkin sengaja mengarsir di bawah mata mereka untuk membuatnya tampak lebih gelap, tetapi Cosmo menemukan tren ini sama menariknya dengan perjuangan mereka untuk menghadirkan kembali tren menggunakan jeans low-rise. It’s a hard no from us.


    Apakah kamu telah berjuang melawan lingkaran hitam selama bertahun-tahun, atau baru menyadarinya, ada sejumlah alasan mengapa kamu harus menghadapinya -tidak peduli seberapa banyak kamu mencoba untuk tidur.




    Cosmo bertanya kepada seorang ahli tentang pendapat mereka tentang debat 'alam vs. memelihara' kuno – apakah gen kamu telah membuat berada dalam bayang-bayang sial seumur hidup atau dapatkah kamu memperbaikinya? 



    Brighter peepers are just a scroll away…


    Apa penyebab lingkaran hitam di bawah mata?

    Mungkin kamu terlahir untuk itu, atau mungkin terlalu banyak menonton serial killer secara maraton di Netflix. Larut malam dan ketegangan layar tentu tidak membantu, tetapi ternyata kamu bisa menyalahkan lingkaran hitam ─jumlah stik concealer yang dapat kamu gunakan─ pada banyak hal.



    Menurut dermatologist, Dr. Zena Willsmore merinci empat kategori kontributor utama:

    Bone structure (struktur tulang): Lubang alami rongga mata –dirancang untuk melindungi bola mata – berkontribusi terhadap kendur dan bayangan, seperti halnya kulit yang mengendur dan menipis seiring bertambahnya usia. Struktur tulang dan distribusi lemak di wajah kita berubah seiring bertambahnya usia; bantalan lemak wajah menyusut, bersama dengan kerangka kita, yang bermanifestasi sebagai kehilangan volume.


    Skin translucency: Kulit di sekitar mata secara alami tipis dan dirancang sangat dinamis. Ini bisa berarti bahwa pembuluh darah dan otot di bawahnya menjadi terlihat, memberikan warna seperti keunguan. Meskipun sebagian besar ditentukan secara genetik, kulit cenderung menjadi lebih transparan seiring bertambahnya usia, dengan paparan sinar matahari, merokok, dan polusi juga bisa memperburuk masalah.


    Pigmentation: Pigmentasi, ketika bagian tertentu dari kulit kamu lebih gelap dari yang lain, memiliki beberapa penyebab, termasuk paparan sinar matahari (penyebab terbesar), genetika, kondisi medis dan bekas luka, misalnya karena jerawat, eksim atau menggosok mata kamu selama serangan alergi. Itu bisa terjadu di lapisan kulit yang dangkal atau lebih dalam di dermis, di mana lebih sulit untuk diobati.


    Puffiness: Pembengkakan di bawah mata dapat disebabkan oleh kombinasi penipisan kulit, kendur, dan retensi cairan. Beberapa obat dapat memperburuk keadaan ini, termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen.


    Meskipun kamu tidak dapat mengubah gen, kamu dapat membantu melawan faktor lingkungan yang berkontribusi tersebut dengan membuat perubahan gaya hidup kecil.


    "Ada beberapa manfaat dari ungkapan 'tidur cantik', tetapi ini lebih tentang kualitas tidur jangka panjang kamu daripada satu kali di awal malam," kata Dr Willsmore. "Faktor lingkungan penting lainnya yang akan memengaruhi kualitas kulit dan cara kita menua adalah paparan sinar matahari, merokok, dan alkohol. Diet yang seimbang akan berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan kulit kamu.”


    Pada dasarnya, letakkan margarita itu dan jadikan tidur sebagai prioritas (sebagian besar waktu). Oh, dan terus gunakan SPF itu setiap hari.


    Bisakah menghilangkan lingkaran hitam mata secara permanen?

    Ini tidak semua menjadi malapetaka; ada beberapa cara untuk menghilangkan lingkaran hitam kamu selamanya.


    Pertama, berinvestasi dalam pelembap yang baik. "Kulit kering menekankan munculnya kerutan, tetapi kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih halus, lebih plump, dan memantulkan cahaya alami yang dicari itu," kata Dr Willsmore. "Carilah bahan-bahan seperti gliserin, squalene, ceramides, asam lemak, kolesterol, asam hialuronat, niacinamide, panthenol dan peptida.”



    Pastikan juga kamu memasukkan retinol, vitamin C, azelaic acid, AHA, dan kojic acid (untuk beberapa nama) dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Semua produk ini berkontribusi untuk meningkatkan kadar kolagen dan mengatasi pigmentasi.


    Krim mata, pada dasarnya pelembap yang ditargetkan, mungkin tampak seperti langkah perawatan kulit lainnya, tetapi kamu akan senang menggunakannya dalam jangka panjang. Area mata terlihat lebih halus dan tipis daripada area wajah lainnya, jadi, kamu memerlukan produk khusus yang ditargetkan untuk mengatasi area tersebut.


    Misalnya, retinol bertenaga tinggi mungkin bekerja dengan sangat baik untuk wajah, tetapi mungkin membuat area mata kamu tampak seperti sedang musim demam –tidak ideal. Namun, krim mata akan mempertimbangkan hal ini dan menggunakan persentase bahan aktif yang lebih rendah.


    "Perawatan kulit yang tepat benar-benar dapat membantu meningkatkan kualitas kulit di area mata dengan menargetkan penipisan dan pigmentasi," kata Dr Willsmore. "Namun, saya harus menekankan bahwa produk perawatan kulit tidak akan membantu kendur atau kehilangan volume, karena ini berhubungan dengan struktur wajah yang mendasarinya.” Inilah 4 penyebab mata panda dan cara menghilangkannya, di sini!


    Untuk memastikan kamu memiliki formula yang paling ampuh untuk kulit, carilah krim mata yang mengandung bahan-bahan yang disebutkan di atas.


    Dr Willsmore merekomendasikan pijat wajah dan kompres dingin untuk meredakan bengkak sementara karena membantu drainase limfatik. "Kamu dapat berinvestasi dalam peralatan atau cukup menggunakan bagian belakang sendok yang ada di lemari es."


    Cosmo tahu ini terdengar seperti klise, tetapi jauhi sinar matahari. Karena ini tidak hanya menyebabkan pigmentasi, tetapi juga mengacaukan kulit kamu dengan cara lain.

    "Baik kolagen dan elastin (yang memberi kulit kenyal) menurun dengan kerusakan UV," kata Dr Willsmore. "Sinar UV juga merupakan pendorong terbesar untuk pigmentasi karena 'menyalakan' sel-sel pembuat pigmen. Pilih tabir surya dengan SPF 50 tetapi juga penutup UVA yang bagus; cari peringkat 5* UVA atau PA++++.”


    Ada juga beberapa perawatan di kantor yang dapat kamu lakukan secara royal, tetapi carilah bantuan profesional kesehatan yang berpengalaman untuk mendiagnosis akar penyebab lingkaran hitam kamu terlebih dahulu.


    Chemical peels dan laser akan membantu improvasi pigmentasi dan kualitas kulit,” kata Dr. Willsmore. “Filler dapat membantu memperbaiki kehilangan volume tetapi dalam beberapa kasus, prosedur bedah seperti blepharoplasty, dan transfer lemak diperlukan untuk mengobati kendur.” 


    Cek juga rekomendasi eye cream terbaik dari merek skincare korea, di sini! 






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. GIPHY, Dok. freepik.com).