Lifestyle

10 Resep Infused Water Kekinian yang Bisa Kamu Coba

  by: Redaksi       5/6/2022
  • Infused water adalah air yang telah didiamkan dengan buah, sayur, ataupun rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang berbeda sesuai rendamannya. Minuman ini dapat menjadi salah satu solusi bagi kamu yang jarang ataupun tidak terlalu suka minum air tetapi membutuhkan cairan yang lebih untuk tubuh. Selain mengandung vitamin atas buah, sayur, dan rempah-rempah yang diresapnya, minuman ini memiliki khasiat lain yakni detoksifikasi.

    Infused water telah ditemukan lebih dari ribuan tahun yang lalu, tetapi kembali viral dan dicintai oleh banyak orang, Awal mulanya, infused water hanya berupa rendaman dengan irisan lemon saja. Namun, hingga detik ini, resep infused water semakin berkembang dan semakin banyak variasi buah, sayur, dan rempah lain yang bisa kamu coba.

    Berikut 10 resep infused water kekinian yang bisa Cosmo babes buat di rumah:





    1. Apel, lemon, dan wortel




    Perpaduan antara buah dan sayuran ini ternyata memberikan kesegaran berkat rasa asam dan manisnya lho, girls! Apel dan wortel kaya akan vitamin A dan lemon kaya akan vitamin C. Cara membuatnya mudah, cukup dengan memotong apel, lemon, dan wortel menjadi bagian yang lebih kecil sehingga rasa dari cairan di dalamnya menyatu dengan air yang merendamnya.


    2. Stroberi, lemon, dan daun mint




    Resep ini cocok untuk diminum di hari yang panas. Rasa asam yang segar dan kaya akan vitamin C dari buah stroberi dan lemon bertemu dengan dinginnya sensasi daun mint. Selain itu, daun mint juga diketahui dapat mengatasi beberapa gangguan pencernaan, meningkatkan fungsi otak, dan menurunkan berat badan.


    3. Jeruk dan jeruk nipis




    Minuman ini akan memberikanmu efek citrus burst yang kuat. Tentunya hal ini dihasilkan dari perpaduan jeruk dan jeruk nipis yang merupakan buah dengan kandungan vitamin C terbesar. Cocok untuk pecinta rasa asam yang menyegarkan!


    4. Stroberi dan nanas




    Minuman dengan buah yang mengingatkan kita dengan suasana Hawaii. Infused water satu ini cocok untuk diminum sembari menikmati matahari yang cerah. Tentunya, minuman ini juga kaya akan vitamin C!


    5. Apel, pir, dan kayu manis




    Adakah Cosmo babes yang gemar memakan pai apel? Perpaduan antara apel, pir, dan kayu manis atau cinnamon ini akan mengingatkanmu pada kehangatan dan manisnya pai apel!


    6. Kiwi dan jeruk




    Jeruk menjadi salah satu buah yang versatile karena bisa dipadukan dengan buah apapun untuk menghasilkan rasa minuman yang menyegarkan. Kali ini, jeruk yang kaya akan vitamin C akan berkolaborasi dengan buah kiwi yang juga kaya akan vitamin C, vitamin E, dan serat untuk meningkatkan kadar antioksidan tubuh.


    7. Semangka dan stroberi




    Sama seperti buah jeruk, stroberi juga merupakan salah satu buah yang cocok dipadukan dengan kombinasi apapun. Buah stroberi yang kaya akan vitamin C dan A ini cocok meresap dengan air yang dicampur dengan semangka. Semangka yang kaya akan air akan membuat infused water-mu lebih cepat memiliki rasa tanpa perlu menunggu proses peresapan yang memakan waktu berjam-jam.


    8. Lemon, daun mint, jahe, ketimun






    Kembali lagi pada minuman yang kaya akan vitamin C dari lemon, tetapi kali ini dipadukan dengan daun mint, jahe, dan ketimun. Jahe diketahui kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat sistem imun serta selalu menjadi bahan minuman untuk menghangatkan tubuh. Di sisi lain, ketimun juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah kekayaan akan vitamin K-nya. Vitamin K ini berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Amazing!


    9. Apel, jeruk, kayu manis, cengkeh




    Menilik kombinasi apel dan kayu manis yang menghasilkan cita rasa seperti pai, apa jadinya ketika apel dan kayu manis dicampur dengan jeruk dan cengkeh? Rasanya akan semakin mirip dengan kue-kue semacam pai! Lebih dari itu, kombinasi minuman ini juga memiliki manfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, maag, berfungsi untuk memperkuat tulang.


    10. Timun, thyme, jeruk nipis




    Minuman yang akan berwarna hijau-hijau ini dihasilkan dari perpaduan timun, thyme, dan jeruk nipis. Kamu dapat merasakan rasa rempah thyme yang memiliki manfaat untuk membantu pencernaan dan mengatasi gejala demam. Namun, jangan khawatir, girls. Rasa herbal dari thyme ini akan dinetralisir dengan asamnya jeruk nipis. Tertarik untuk mencobanya?


    NOTE:

    Untuk membuat 10 resep di atas, kamu hanya perlu mengiris buah, sayur, atau rempah yang sudah dituliskan di atas menjadi bagian yang lebih kecil. Hal ini akan mempermudah cairan di dalam masing-masing buah, sayur, atau rempah larut dengan air. Untuk hasil infused water yang lebih maksimal, kamu dapat membuatnya satu hari sebelum kamu dikonsumsi, sehingga penyimpanan infused water yang telah kamu buat terhitung 24 jam.

    Tips lainnya yang dapat Cosmo babes ikuti adalah menyimpan air rendaman ini di kulkas sehingga infused water yang kamu buat akan dingin dan jauh lebih menyegarkan.


    Jangan lupa untuk mencobanya di rumah ya, Cosmo babes!


    (Fishya Elvin/Images: Photo by Karolina Grabowska on Pexels, Photo by Lisa Fotios on Pexels, Photo by Lukas on Pexels, Photo by Timur Weber on Pexels, Photo by Cottonbro on Pexels, Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels, Photo by Tijana Drndarski on Pexels, Photo by Alexander Mils on Pexels, Photo by Elle Hughes on Pexels, Photo by Shameel Mukkath on Pexels, Photo by Rodnae Productions on Pexels)