Better You

10 Makanan yang Membantu Proses Detox Tubuh Kamu

  by: Redaksi       5/6/2022
  • Cosmo babes pernah tidak setelah weekend yang panjang badan kamu terasa berat dan tak nyaman? Well, that means it’s time for a detox!

    Diambil dari kata detoksifikasi, detox adalah sebuah proses pembuangan toksin dari badan kita yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari melancarkan haid, menurunkan kolesterol hingga mencegah penyakit kanker. Ternyata proses detox dapat diperkuat melalui konsumsi makanan tertentu secara berkala lho!

    Kira-kira apa saja ya makanan nya? Scroll down for more!



    1. Kunyit


    Rempah yang satu ini dikenal sebagai salah satu bumbu dapur utama di Indonesia namun ternyata mengandung banyak khasiat yang bagus untuk proses detox. Kunyit mengandung Curcumin yang dapat secara signifikan mengurangi penyumbatan saluran empedu karena sifat anti peradangannya.

    2. Air Lemon


    Memulai hari kamu dengan segelas air yang dicampur dengan buah lemon ternyata memiliki banyak khasiat. Selain membantumu mencerna makanan dengan lebih baik, kandungan alkaline yang terdapat dalam buah lemon dapat mengembalikan keseimbangan pH tubuh yang berdampak baik ke metabolisme kamu!


    3. Salmon


    Menurut penelitian, mengkonsumsi diet yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat memperlancar peredaran darah dan membantu dengan pembuluh arteri yang kaku. Ikan salmon adalah salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Dalam satu porsi ikan salmon ukuran 4 ons terdapat 2 gram asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

    4. Teh Hijau / Green Tea


    Konsumsi air yang cukup adalah salah satu hal terpenting dalam proses detox. Teh hijau adalah salah satu contoh minuman yang dapat meningkatkan detox di badan kamu. Teh ini dikenal dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi serta kemampuannya untuk melindungi hati dari penyakit hati berlemak.

    5. Nasi Merah


    Nasi merah dikenal kaya akan nutrisi seperti vitamin B, magnesium, manganese dan phosphorus yang sangat baik untuk mendukung proses detox di dalam tubuh. Selain itu, nasi merah juga kaya akan selenium yang dapat melindungi hati dan memperindah kulit wajahmu!

    6. Tomat


    Tahukah kamu bahwa pigmen yang memberikan warna merah cerah di buah tomat sebenarnya penuh dengan antioksidan? Yup! Pigmen Lycopene yang ada di buah tomat dapat melindungi hati dari kerusakan alhasil mengoptimalkan fungsi hati untuk bermetabolisme dan mengeluarkan toksin dari tubuh kita!


    7. Buah Kiwi


    Selain bentuknya yang unik, ternyata buah kiwi juga mengandung banyak khasiat! Buah kiwi kaya akan enzim actinidin yang berupa sebuah enzim pemecah protein. Dengan itu buah kiwi dapat memperlancar proses pencernaan dan pengeluaran toksin dari tubuh.


    8. Almond


    Kacang almond yang tinggi akan magnesium ternyata sangat membantu dalam proses pembersihan racun di dalam tubuh kita. Selain itu, kacang almond juga penuh dengan vitamin E yang berupa salah satu hal penting untuk kelancaran proses detox alami.


    9. Watercress / Selada air


    Selada air atau umumnya dikenal sebagai watercress adalah tumbuhan semi akuatik yang biasanya ditemukan di Eropa. Tanaman ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan pendamping seperti salad. Selain lezat, tanaman ini kaya akan nutrisi seperti Vitamin B, Vitamin E, Vitamin C dan Zinc yang sangat bagus untuk proses detox dalam tubuh.


    10. Beetroot / Buah Bit


    Buah bit terkenal sebagai superfood karena kandungan magnesium, iron dan vitamin C nya yang sangat tinggi dibandingkan buah dan sayur lainnya. Selain bagus untuk kulit dan rambut nyatanya buah bit juga dapat membantu proses detox di hati kita dan mengurangi level kolesterol.

    (Ameina Dewi / GIO / Images: Dok. MarinaLeonova from Pexels, ErikMclean from Pexels, Karolina grabowska from Pexels, anylane from Pexels, Polinatan kilevitch from Pexels, charlottemay from Pexels, cottonbro from Pexels , veganliftz from Pexels dan suhairytriyadhi from Pexels)