Beauty

5 Langkah Skincare untuk Merawat Kulit Rusak Akibat Sinar Matahari!

  by: Astriana Gemiati       7/6/2022
  • Photo ageing disebabkan oleh sinar matahari UVA/UVB yang dapat merusak adalah alasan terbesar penuaan kulit dini terjadi. Kulit yang sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama dapat mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti terbakar sinar matahari, bintik hitam, kekeringan, dan hiperpigmentasi. Dua protein yang menjaga kulit agar tetap kencang, plump, dan halus—kolagen dan elastin—juga rusak karena paparan sinar matahari yang keras, hingga menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Cara termudah untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari adalah dengan menggunakan pelindung matahari yang paling sesuai dengan jenis kulit kamu tanpa gagal dan menerapkannya kembali secara berkala saat menjalani hari. Dan, berikut adalah beberapa panduan perawatan kulit yang juga dapat kamu ikuti untuk berjaga-jaga jika kulit secara tidak sengaja terganggu oleh radiasi matahari yang berbahaya serta perlu pulih kembali ke kesehatan optimalnya.


    Cleansing

    Gunakan pembersih wajah yang dapat menghidrasi dan kaya antioksidan hingga berikan hasil akhir membantu kulit kamu agar tetap bercahaya dan kenyal karena mencegah kekeringan dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Seperti Signature Foaming Facial Cleanser dari Sukin. Cleanser ini dapat bantu membersihkan kulit dari debu dan minyak berlebih secara lembut tanpa membuatnya kulit terasa kering atau kehilangan minyak alaminya. Kandungan chamomile, witch hazel, green tea, evening primrose oil, rosehip oil, dan aloe vera di dalamnya juga bantu menenangkan serta mengencangkan kulit.




    Harga: Rp159.000,-./ 125ml


    Beli di: sukinskincare


    Exfoliating

    Karena kulit dapat sangat terganggu setelah terpapar sinar matahari, hindari eksfoliasi yang keras sepenuhnya untuk sementara waktu, terutama sampai kemerahan atau peradangan berlanjut. Kemudian pilihlah exfoliant yang lembut, seperti Vitamin C Microdermabrassion dari The Body Shop. Memiliki formula kandungan vitamin C dari camu-camu berry, produk ini juga mengandung micro sized gamet exfoliating particles untuk bantu memberikan pengelupasan kulit mingguan. Kulit wajah tak hanya tampak lebih halus, namun juga terlihat segar dan cerah.


    Harga: Rp369.000,-.

    Beli di: www.thebodyshop.co.id


    Protection

    Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jangan dalam keadaan apa pun melangkah keluar tanpa menggunakan produk SPF pilihan kamu. Cosmo sarankan kamu untuk mencoba Unseen Sunscreen Broad Spectrum Sunscreen SPF 40 PA+++ dari Supergoop! Memiliki tekstur transparan, sangat ringan di kulit, dan tidak beraroma. Formulanya juga dilengkapi dengan antioksidan yang bantu melindungi kulit dari radikal bebas, serta berikan hasil akhir matte yang friendly untuk riasan wajah.


    Harga: Rp279.000,-.

    Beli di: www.sephora.co.id


    Immediate Care

    Jika kulit kamu baru saja terkena sinar matahari yang terik, mengoleskan balsem atau gel antiinflamasi dapat membantu meredakan kemerahan dan sensasi terbakar atau menyengat dengan segera. Coba gunakan Dew It Anytime Cooling Cream untuk menyelamatkan kulit kamu yang bermasalah. Tak hanya memberikan sensasi dingin saat diaplikasikan, krim kulit serba bisa ini menjadi pertolongan instan terhadap kulit yang gatal, iritasi, dan meradang. Roll terapi hand-free memiliki formula yang bantu berikan kelembapan, menenangkan kulit, serta dapat memperbaiki dan memberikan kulit kamu ternutrisi sekaligus segar.




    Harga: Rp198.000,-. / 100ml

    Beli di: dewitskin


    Repair

    Biarkan kulit kamu sembuh dan meremajakan dirinya sendiri di malam hari, dengan menggunakan bantuan krim atau serum pemulihan malam. Coba aplikasikan Immortelle Reset Oil in Serum dari L’Occitane, serum yang berspesialisasi dalam membalikan semua tanda penuaan kulit. Memiliki 3000 butiran kapsul emas yang yang mengandung essential oil Immortelle terenkapsulasi yang baik untuk kulit, dan menggunakan 10x lebih banyak Immortelle Essential Oil, Immortelle Soothing Molecule di dalamnya. Kandungan Immortelle sendiri dapat bantu mengatasi permasalahan kulit seperti kulit kusam, menyamarkan garis-garis halus, dan memberikan cahaya agar kulit tampak sehat, serta pulih dari faktor stres sehari-hari. 


    Harga: Rp1.100.000,-. / 30ml

    Beli di: id.loccitane.com







    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.inwww.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. PR, [email protected]).