Better You

Lakukan 5 Hal ini Agar Kamu Bisa Tidur Nyenyak

  by: Nadhifa Arundati       7/6/2022
  • Tidak banyak orang – bahkan hanya beberapa saja – bisa tidur nyenyak hanya dengan mendengarkan lagu pengantar tidur...kesulitan ini berpengaruh dari ketidakseimbangan hormon tubuh, maka tak heran jika sleeping disorders kerap menjadi masalah besar saat ini. Well, jika kebiasaan buruk ini semakin memburuk, lebih baik diatasi dengan bantuan profesional (we really mean it). Kondisi lingkungan sekitar yang kurang kondusif juga menjadi ‘pelatuk’ utama yang menganggu ketenangan kamu saat tidur, seperti; lampu yang terlalu terang, suara-suara bising, yang otomatis mengganggu proses tidurmu (dan hal ini terjadi secara terus-menerus, ugh).

    Tetapi ada cara terbaik untuk menangkalnya; dimulai dari menulis jurnal sebelum kamu tidur, menghirup aroma calming, semua ini sudah dirangkum oleh Aditi Agrawal, yang merupakan founder dari Nestasia (homegrown décor and lifestyle label), menjelaskan tentang apa saja yang perlu kamu tingkatkan – baik kebiasaan baik atau peralatan baru – agar kamu bisa kembali menikmati tidur yang nyenyak…ah, can’t wait to feel it back, right.




    Atur Suhu dan Pencahayaan Ruangan

    Yup, pengaturan suhu adalah hal utama yang sepatutnya kamu lakukan – mungkin suhu dingin akan membuat tidurmu lebih nyaman ditemani dengan cozy blanket yang menyelimuti tubuhmu – let’s give it a try. Tak lupa juga dengan ambiens lampu kamar; usahakan hindari cahaya lampu putih, coba pilih lampu tidur yang remang dengan warna yang lebih hangan (contoh; lampu kecil berwarna kuning).



    ~Selalu~ Merapikan Kamar Sebelum Tidur

    Kamar bersih, pikiran pun ikut bersih! Atur tata letak barang-barang di kamarmu, jangan menimbulkan situasi yang ‘ramai’ dengan unnecessary things, karena secara tak sadar hal ini dapat ‘memblokir’ energi baik, yang kemudian mudah menimbulkan perasaan stres. Kita coba pelan-pelan saja, dimulai dari merapikan aksesori, baju, makeup, lalu dilanjutkan dengan barang lain. Setelah ruangan tampak bersih dan rapi, maka pikiranmu akan ikut tenang, and ready to have a 'sleeping beauty' moment. 


    Bangkitkan Indera Penciumanmu

    Menghirup wewangian yang halus, seperti aroma ombak di pantai, lavender, vanilla, rosemary, dan jasmine dapat menjadi escapism atau jalan keluar alternatif untuk jauh dari rasa stress. Gunakan candle diffuser atau wewangian yang sejenis, lalu pasangan selama satu jam sebelum kamu tidur. Hal ini membantu meremajakan pikiran dan kemudian….current status: sleeping.


    Menulis Buku Jurnal

    Coba sebutkan, apa saja kegiatan atau hal positif yang terjadi padamu hari ini? Lalu tulis di buku jurnal selama lima sampai sepuluh menit, agar segala hal yang ada di dalam pikiranmu.dapat tertuang, so there’s no more overthinking before sleep. Buang semua pikiran. buruk, dan suara yang menganggu, supaya lebih lebih menarik, gunakan sticker lucu di buku jurnalmu.


    Herbal Tea Helps!

    Mulai sekarang kamu bisa menyiapkan persediaan teh herbal di dalam kamar (satu teko pun cukup). Ganti asupan kafein dengan teh herbal atau susu hangat – setelah melewati hari yang panjang, menikmati minuman hangat ditemani dengan buku favorit, definisi paket komplit sebelum tidur! Membaca buku sebelum tidur membantu menenangkan alam bawah sadar kamu (untuk berpikir ke arah yang lebih baik), di mana hal ini dapat membantu kualitas tidur.




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih Bahasa: Nadhifa Arundati / Image: Dok. by Victor Hughes on Unsplash)