Beauty

Simak Rahasia Makeup Pernikahan Eva Celia dari Sang MUA, @Vagueskin!

  by: Giovani Untari       8/6/2022
  • Setelah pernikahan Maudy Ayunda, kita pun kembali disusul dengan kabar pernikahan akbar lainnya dari salah salah satu selebriti ternama Indonesia: Eva Celia.

    Tepat pada tanggal 3 Juni 2022 silam, pelantun lagu C.H.R.I.S.Y.E tersebut secara resmi menikah dengan kekasih hatinya Demas Narawangsa.






    Momen sakral dan penuh makna tersebut juga jelas mencuri perhatian warganet, terutama pada visual Eva Celia di hari pernikahannya yang terlihat stunning!  

    Salah satu yang berperan besar dalam menghadirkan looks cantik Eva Celia di hari bahagianya tersebut adalah sang makeup artist: Aditya atau mungkin yang kamu lebih kenal lewat akun Instagram-nya @Vagueskin.



    Makeup artist yangg akrab disapa Adit tersebut terlibat dalam seluruh proses makeup di acara pernikahan Eva Celia, dari mulai prosesi akad nikah hingga after party. Uniknya lagi, berbeda dengan pernikahan pada umumnya Adit mengaplikasinya konsep makeup ala editorial untuk pernikahan Eva Celia.

    Sounds interesting!




    Cosmo pun berkesempatan untuk melakukan interview bersama makeup artist yang banyak menangani banyak klien selebriti ternama Indonesia seperti: Luna Maya, Raisa, Jessica Mila, dan Ayu Gani tersebut untuk membahas lebih dalam lagi seputar serba serbi (dan rahasia!) dari setiap konsep makeup pernikahan Eva Celia. 


    Mari kita simak interview Cosmo bersama Aditya (@Vagueskin) berikut ini:


    Hai Aditya, kamu menjadi makeup artist untuk pernikahan Eva Celia dari akad nikah hingga resepsi. Seperti apa proses kreatif menentukan setiap tema makeup ini? 

    Jadi saya dan Eva sempat bertemu sekitar 2-3 minggu sebelum acara dan kita banyak berdiskusi soal looks makeup yang Eva inginkan untuk pernikahannya. Terus saya juga melihat bagaimana kostum Eva dan konsep pernikahannya, jadi saya berpikir untuk menghadirkan konsep makeup yang lebih konseptual untuk Eva.

    Dari Eva sendiri tentu permintaannya ia ingin tampil as pretty as possible sebab ini adalah hari berbahagia dalam hidupnya. Ia juga ingin tetap terlihat edgy dan looks-nya punya twist tersendiri. Dari sana saya mengaplikasikan fashion-editorial makeup ke Eva tapi versi lebih cantik dan glamor.



    Boleh ceritakan apa saja konsep makeup Eva Celia yang kamu aplikasikan pada saat pernikahannya?

    Kita tahu Eva Celia memiliki beberapa rangkaian acara untuk hari pernikahannya, mulai dari pemberkatan hingga after party. Untuk pemberkatan di Gereja, kita sepakat bahwa untuk momen pemberkatan ini sifatnya jauh lebih sakral. Saya berpikir konsep makeup yang tetap cantik, simpel, dan elegan. Sehingga jadilah makeup bertema Mauvelous Pink dengan sentuhan warna rosy pink. Eva suka sekali cat eye, makanya makeup matanya saya buat lebih lifting. Untuk complexion-nya sendiri saya membuat satin finish, tidak terlalu glowing yang berlebihan. Karena harus bertahan lama juga. Saya juga terinspirasi dari makeup Priscilla Presley era ‘60-an yang punya sentuhan bibir nude.

    Pada akad nikahnya, Eva lebih ingin ada sentuha warna dan twist tersendiri. Makanya saya merias dengan konsep The Sunset Eye. Saya juga menyesuaikan dengan kebaya Eva yang berwarna orange. Ini salah satu look yang kita berdua sukai. Di sini saya membuat matanya lebih ke arah gold transisi ke shimmer orange lalu warna blush peachy-pink orange. Penempatan blush-nya juga kita buat lebih tinggi, sesuatu yang lebih editorial. Mungkin kamu pernah lihat teknik ini di fashion / beauty shoot.

    Untuk resepsi, makeup-nya tetap mengusung konsep editorial makeup tetapi dengan sentuhan glamor di dalamnya. Kita bisa lihat gaun Eva sangat cantik, jadi saya juga ingin agar makeup-nya bisa menyatu sempurna dengan dress tersebut. Sehingga makeup-nya saya pilih lebih ke arah lavender tone yang lebih smoky eyes dan eyeliner bold. FYI, saat kita tes makeup sebenarnya warna lavendernya lebih ke arah cool tone tapi saya menggantinya ke sentuhan warm tone setelah melihat ke gaun Eva. Biasa saya memang selalu mengecek terlebih dahulu gaun, headpiece, dll sehingga makeup kepada sang pengantin bisa selaras. Saya ingin matanya lebih strong tapi bibirnya tetap nude.

    Di after party, saya mengaplikasikan konsep yang lebih glittery. Untuk itu ada penambahan unsur glitter di area tulang pipi. Saya juga menambahkan gem stone supaya lebih terlihat lebih bersinar dan kelap kelip.



    Memiliki berbagai tema makeup untuk penikahan Eva Celia, adakah kesulitan yang kamu rasakan? 

    Saya bersyukur selama menjalani makeup untuk seluruh proses acara semuanya berjalan lancar. Meski Eva juga sempat menangis di pernikahannya tapi syukurlah makeup-nya tetap bertahan. Kesulitannya mungkin lebih pada ketika saya harus mencari makeup yang tepat untuk setiap look acaranya. Karena itu adalah hal yang penting, saya juga sempat struggle saat mencari berbagai referensi makeup yang tepat untuk tampilan Eva. Bahkan saat hari H pun akhirnya tetap ada bagian makeup yang saya ubah dan sesuaikan. Saya ingin memastikan semuanya tetap sempurna.


    Apakah ada request tertentu dari Eva Celia untuk makeup di pernikahannya tersebut?

    Dari Eva sendiri pesannya ingin agar tetap terlihat cantik dan memiliki twist. Sebuah makeup yang berbeda dari biasanya dan konsep yang lebih mengarah ke editorial fashion. Makanya saya menambahkan beberapa warna, glitter, stone, dll pada makeup pernikahannya.







    Apakah Aditya ada persiapan khusus sebelum merias Eva Celia?

    Yang pasti saya melakukan tes makeup terlebih dahulu dengan Eva. Lalu juga memastikan semuanya peralatan yang digunakan untuk merias Eva dalam kondisi clean dan sudah disanitasi, sebab bagaimana pun juga kita masih di era pandemi.


    Bolehkan di-share kepada Cosmo produk makeup yang kamu gunakan untuk makeup pernikahan Eva Celia?

    Saya menggunakan moisturizer: Bobbi Brown Vitamin Enriched Face Base. Foundation Dior Backstage 3W. Concealer dan powder Charlotte Tillbury.

    Blush dari Nars, bronzer Fenty Beauty, highlighter Charlotte Tillbury. Eyeliner Guele.id, brows Glossier. Serta lipstiknya: Charlotte Tillbury (Shade Pillow Talk) & Maybelline Lipstick (Clay Crush)









    Untuk makeup resepsi:

    Eyeshadow: Shisheido Essentialist Eye Palette - Cat Street Pops 07, Stila Glitter in Diamond Dust.


    Akad Nikah The Sunset Eye Makeup

    Eyeshadow: Pat Mcgrath Eyeshadow. Lipstick : Revlon Super Lustrous Lipstick in Carnival Spirit. Lipgloss : Clear Gloss Smashbox.


    Apakah ada saran tertentu bagi calon pengantin perempuan yang sedang mencari konsep makeup untuk pernikahannya?

    Yang pasti saat mengetahui seperti apa konsep pernikahan kamu, di mana lokasinya, lalu coba serasikan semuanya dengan dress, hairdo, aksesoris, dll untuk melihat apakah warnanya senada. Pastikan juga makeup tersebut itu sesuai selera dan keinginan kamu. Maka kamu akan terlihat cantik di hari pernikahanmu!



    Cosmo penasaran.. sebagai makeup artist, apa kunci agar riasan makeup bisa bertahan lama dan tetap flawless untuk makeup pernikahan?

    Saya rasa setiap makeup artist pasti punya kuncinya masing-masing. Tapi saya sendiri begitu concern pada layering produk, jumlah produk, dan memilih produk yang tepat.

    Jadi biasanya saya memilih produk-produk yang hasilnya mengarah ke demi matte - matte finish. Layering produk maksudnya bagaimana penggunaan cream, lalu di-set powder dan ditambah powder lagi. Itu adalah salah satu cara agar makeup bisa bertahan lama saat acara pernikahan.




    Thank you for sharing with us, Adit!



    (Giovani Untari / Images: Dok. Pribadi milik Aditya @vagueskin, Bobbi Brown Official, Dior.com, Maybelline Official, Charlotte Tilbury US, Stilla.com / Ilustrasi Opening: S. Dewantara).