Lifestyle

5 Manfaat Mengurangi Penggunaan Media Sosial

  by: Haninadhira Husaini       8/6/2022
  • Dengan adanya perkembangan zaman yang semakin maju membuat hampir semua orang bergantung pada teknologi untuk melakukan segala hal. Penggunaan media sosial semakin meningkat mulai dari mengikuti tren gaya hidup, pekerjaan, berita, belanja hingga mencari hiburan lainnya.

    Saat ini, sulit rasanya untuk memisahkan diri dari gadget yang kita gunakan untuk membuka media sosial seperti Instagram, TikTok, Youtube, dan lainnya. Padahal, media sosial yang kita buka setiap hari tersebut dapat memberikan dampak negatif jika digunakan secara berlebihan.

    Di sini Cosmo ingin memberitahu tentang 5 manfaat yang bisa kamu rasakan setelah mengurangi penggunaan media sosial setiap harinya. Ready?

    1.    Hidup menjadi lebih tenang


    Percaya atau tidak, terkadang hidup akan menjadi lebih tenang ketika kita tidak selalu mengikuti perkembangan kehidupan orang lain. Karena sekarang segala aktivitas orang bisa dengan mudah kita lihat melalui media sosialnya, terkadang hal tersebut dapat menimbulkan rasa iri dan cenderung membandingkan hidup kita dengan orang lain.

    Maka dari itu, dengan mengurangi aktivitas di media sosial setiap harinya bisa membuat hidup kita menjadi lebih tenang. Psst, membuka media sosial untuk mengikuti perkembangan itu tidak apa-apa, kok! Asal jangan terlalu berlebihan, ya!



    2.    Dapat menghemat pengeluaran


    Sekarang ini media sosial juga banyak dijadikan tempat untuk berjualan online. Mulai dari baju, furnitur, hingga bahan makanan juga bisa dengan mudahnya kita temukan secara online. Sayangnya kamu perlu waspada, terutama apabila kamu memiliki perilaku yang konsumtif. Kemudahan tersebut dapat menjadi hal yang negatif apabila tidak kamu gunakan dengan bijak, seperti memesan memesan barang yang bahkan tidak kamu butuhkan atau tidak diketahui apa fungsinya.

    Ditambah lagi dengan para influencer yang kerap promosi produk jualan para online shop yang terkadang membuat kita untuk tergiur membelinya. Nah, dengan mengurangi pemakaian media sosial bisa membantu kamu untuk lebih aware untuk hanya membeli barang yang kamu butuhkan dan tentu saja cara ini dapat menghemat pengeluaran kamu.


    3.    Lebih fokus untuk menikmati hidup


    Terkadang kita terlalu fokus untuk mengunggah segala kegiatan ke media sosial, sehingga kita cenderung lupa untuk menikmati kejadian yang sedang terjadi di depan mata kita. So bad!

    Ingatlah kita juga harus mengurangi over sharing di media sosial mengingat banyak orang yang kurang bijak dalam bermain media sosial. Tips ini juga membantumu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama yang bersifat kejahatan online.

    4.    Lebih bersosialisasi dengan sekitar




    Pernahkah kamu mendengar istilah “mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”? Yup, itulah yang terjadi ketika kamu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menggunakan media sosial yang kamu miliki.

    Ini saatnya kamu ambil waktu untuk beristirahat dari media sosial dan memberikan perhatian kamu untuk sekitar. Bertemu dengan orang secara langsung dapat mencegah rasa kesepian sekaligus memperluas koneksi yang kamu miliki.

    5.    Meningkatkan produktivitas


    Terkadang kita suka lupa waktu ketika sedang menggunakan media sosial. Tanpa disadari, hal tersebut dapat memengaruhi terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Dengan mengurangi pemakaian media sosial, kamu dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dengan cepat dan secara maksimal sehingga bisa meningkatkan produktivitas yang kamu miliki.

    Semangat untuk mencobanya, babes!



    (Haninadhira Husaini / GIO/ Image: Dok. JESSICA TICOZZELLI, Vlada Karpovich, Andrea Piacquadio, Mikhail Nilov, cottonbro on Pexels. Layout: S. Dewantara)