Love & Sex

6 Tipe Rasa Cemburu & Cara Mengatasinya!

  by: Redaksi       9/6/2022
  • Rasa cemburu adalah sebuah emosi kompleks yang pasti pernah dirasakan semua orang. Seringkali, perasaan cemburu dapat menyebabkan kita untuk berperilaku agresif terhadap orang-orang disekitar kita seperti menuduh dan menggunakan kata-kata kasar. Alhasil rasa cemburu seringkali menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak hubungan gagal.

    Sebab itu, kali ini Cosmo ingin memperkenalkan kamu kepada tipe-tipe rasa cemburu dan bagaimana kamu dapat mengatasinya dari Dr. Gonzalez-Berrios seorang ahli Psikiater.



    Kira-kira apa saja ya tipenya? Keep on scrolling babes!

    1. Kecemburuan Rasional (Rational Jealousy)


    Pertama adalah kecemburuan rasional, rasa cemburu ini biasanya muncul apabila ada keraguan yang masih masuk akal terhadap orang yang kita cintai namun masih diekspresikan dengan cara yang tetap sopan dan masih dapat diterima dengan baik, tanpa mengintimidasi, mengancam atau mempermalukan. Perasaan ini seringkali terjadi karena kita takut kehilangan orang yang kita sayangi.


    Untuk mengatasi rasa cemburu ini sebaiknya kamu memulai komunikasi yang terbuka dan jujur dengan pasangan di mana kedua belah pihak dapat memperjelas perasaan dan ekspektasi masing-masing. Dengan ini kamu dapat menghindari terjadinya kesalahpahaman diantara kamu dan pasangan.

    2. Kecemburuan Keluarga (Family Jealousy)



    Tipe yang kedua adalah kecemburuan keluarga yang biasanya terjadi di antara anggota keluarga seperti saudara atau sepupu. Salah satu contohnya adalah perasaan cemburu yang mungkin kamu rasakan saat melihat kakak atau adikmu berhasil masuk ke perguruan tinggi yang kamu inginkan sementara kamu menghadapi kegagalan.

    Untuk mengatasi rasa cemburu ini, sebaiknya kamu belajar untuk menghadapi dan memahami rasa insecurity kamu. Ini menjadi langkah utama yang penting untuk mengatasi rasa cemburu karena seringkali kecemburuan keluarga berawal dari rasa inferior dan insecure yang mungkin sudah kamu miliki untuk waktu yang lama.


     3. Kecemburuan Patologis (Pathological Jealousy)


    Pathological Jealousy atau kecemburuan patologis adalah tipe cemburu yang abnormal dan irasional. Rasa cemburu ini seringkali muncul dalam hubungan romantis dimana kita bisa menarik kesimpulan bahwa pasangan kita selingkuh hanya dari situasi atau kesalahan kecil yang dianggap sebagai ancaman bagi hubungan romantis kita. Tanda-tanda utama dari kecemburuan patologis adalah rasa insecure yang ekstrim dan keinginan untuk memanipulasi dan mengontrol pasangan kita. Rasa cemburu ini dapat mendorong kita untuk berperilaku kasar terhadap pasangan kita dan merusak hubungan.

    Seringkali rasa cemburu ini berawal dari trauma di masa lampau, anxiety disorder, obsessive-compulsive disorder atau bahkan schizophrenia. Oleh karena itu, cara paling ampuh untuk mengatasi nya adalah untuk memahami akar dari rasa cemburu ini. Tentu mengakui bahwa kita cemburu dan mencari asal usul perasaan tersebut bukanlah hal yang muda namun karena kecemburuan patologis adalah sebuah perasaan yang cukup kompleks, memahami diri menjadi langkah utama. Selain itu, cara lain untuk mengatasi masalah ini apabila berkelanjutan adalah melalui Cognitive-behavioral therapy (CBT) atau Cognitive-analytic therapy (CAT).

    4. Kecemburuan Seksual (Sexual Jealousy)


    Selanjutnya adalah sexual jealousy atau kecemburuan seksual. Rasa cemburu ini umumnya muncul pada hubungan romantis di mana kita merasa takut dan cemas bahwa pasangan kita tidak setia dan telah terlibat dalam hubungan seksual dengan orang lain. Menurut psikologi, rasa cemburu ini muncul untuk memicu perilaku mate-guarding untuk menjauhkan kompetisi dan menjaga pasangan.

    Untuk mengatasi rasa cemburu ini sebaiknya memulai diskusi dengan pasangan apabila curiga mulai muncul untuk menghindari kesalahpahaman lebih lanjut. Kamu bisa coba untuk lebih transparan tentang ketakutanmu dan bercerita tentang rasa curigamu dengan nada yang tetap sopan dan ramah agar tidak dianggap menuduh.

    5. Kecemburuan Romantis (Romantic Jealousy)


    Tipe yang kelima romantic jealousy atau kecemburuan romantis adalah tipe rasa cemburu yang dianggap paling umum. Beda dengan kecemburuan seksual, rasa cemburu romantis memiliki komponen emosional. Biasanya, rasa cemburu ini lebih berpatok terhadap afeksi dan waktu yang pasangan kita berikan ke orang lain yang memicu perasaan dan reaksi tidak baik dalam diri kita.

    Untuk mengatasi rasa cemburu ini kamu bisa melakukan mindfulness exercise seperti meditasi atau latihan pernafasan untuk menenangkan diri dan segala perasaan negatif yang sedang kamu rasakan. Hal ini akan membantu kamu untuk berpikir lebih jernih sebelum berbicara kepada pasanganmu perihal masalah tersebut.

    6. Kecemburuan Kekuasaan (Power Jealousy)


    Tipe yang terakhir adalah power jealousy atau kecemburuan kekuasaan. Biasanya rasa cemburu ini muncul di lingkungan kerja dan bersifat materialistik. Salah satu contohnya adalah saat kita merasa pahit dan tidak senang akan pencapaian rekan kerja kita yang lebih tinggi dari kita. Seringkali rasa cemburu ini berawal dari insecurity dan ketidakpercayaan diri.

    Untuk mengatasi rasa cemburu ini kamu disarankan untuk berlatih lebih bersyukur. Ingatkanlah diri kamu terhadap semua hal baik yang pernah kamu lalui di hidupmu dan pakai memori itu untuk mendukung kamu menjadi lebih baik. Setelah itu, kamu bisa mulai menyusun rencana masa depan dengan hati dan pikiran terbuka.

    (Ameina Dewi / Images: Dok. Cottonbro from Pexels, Ba Tik from Pexels, Alex Green from Pexels ,Yan Krukov from Pexels Pixabay from Pexels dan Mart Production from Pexels).