Beauty

Ini Cara Membersihkan Spons Makeup Dengan Mudah!

  by: Astriana Gemiati       10/6/2022
  • Hmm..okay, listen: Kamu perlu membersihkan spons makeup jauh lebih sering daripada yang kamu lakukan saat ini (yang Cosmo duga adalah, um, maksimal sekali atau dua kali setahun?). Sebenarnya membersihkan spons makeup hanya membutuhkan waktu lima menit daripada membiarkan spons makeup kamu terus duduk dan membusuk dengan kulit yang menumpuk, kotoran sisa riasan, skin oil, dan bakteri lainnya. Nyam!


    Ini bukan untuk membuat jijik atau menakut-nakuti kamu (baik, mungkin sedikit, jika itu benar-benar akan membuat kamu membersihkan spons makeup), itu hanya fakta. Bahkan jika spons makeup kamu adalah "antimikroba", itu tidak berarti secara ajaib tetap bersih — sifat antimikroba hanya membuat spons menjadi lingkungan yang kurang ramah bagi bakteri untuk tumbuh. Tapi itu tidak melakukan apa pun untuk membantu penumpukan yang dapat menyebabkan masalah jerawat, iritasi, dan peradangan. Yang membawa kita ke…




    Seberapa sering kamu harus membersihkan spons makeup

    In a perfect world? Setelah setiap penggunaan. Tetapi karena itu tidak akan pernah terjadi, sebagian besar ahli setuju bahwa kamu harus membersihkan spons makeup setidaknya seminggu sekali. "Idealnya, kamu akan mencuci semua alat rias kamu setiap hari, tapi Cosmo tahu ini tidak realistis," kata dokter kulit Geeta Yadav, MD, pendiri Skin Science Dermatology, kepada Cosmo. Jadi sebagai gantinya, tetaplah membersihkan spons makeup kamu setiap minggu. "Jadikan itu kegiatan Minggu malam sehingga kamu bisa memulai minggu dengan segar," tambahnya.



    Untungnya, mencuci spons makeup tidak terlalu memakan waktu. Sekarang tahun 2022, dan ada satu triliun pembersih kuas makeup dan tutorial YouTube yang telah dicoba dan diuji untuk memandu kamu melalui prosesnya, baik kamu bekerja dengan cleansing pad, tangan, atau hanya sabun cuci piring. Keep reading dan jangan lupa untuk mencuci spons makeup kamu malam ini, ok?


    Cara membersihkan spons makeup dengan pad


    Kunci untuk membersihkan spons makeup? Gunakan gesekan yang cukup sehingga kamu benar-benar membersihkannya — tetapi jangan terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan spons dapat mudah rusak. Itu sebabnya Cosmo lebih menyukai menggunakan bantalan silikon bertekstur — ini memberi permukaan yang lembut namun efektif untuk membersihkan secara mendalam tanpa merobeknya. Inilah yang bisa kamu coba lakukan:


    Langkah 1: Basahi spons. Peras spons dengan lembut di bawah air mengalir sampai benar-benar basah.

    Langkah 2: Tambahkan sabun. Peras cairan pembersih atau gosokkan sebatang sabun di sepanjang sarung tangan sehingga benar-benar keruh.

    Langkah 3: Gosok dan bilas. Gosok perlahan spons di sepanjang ujung silikon sampai noda riasan kamu hilang—tanpa meremas atau menarik—lalu bilas sampai airnya jernih.

    Langkah 4: Keringkan. Sisihkan spons dan biarkan mengering dengan banyak sirkulasi (psst: mengeringkan spons makeup di ruang tertutup justru dapat menyebabkan jamur).


    Cara membersihkan spons makeup dengan sabun


    Dengar, sabun bukanlah pilihan yang paling lembut dalam daftari, tapi ini pasti yang terkuat dan paling efektif—dan, kamu tahu, terkadang sangat, sangat dibutuhkan, tergantung pada tingkat kekotoran spons. Apakah kamu lebih suka menggunakan liquid cleanser atau sabun batangan terserah kamu, tetapi kedua metode akan memberikan hasil bersih yang sama. Berikut caranya:


    Langkah 1: Basahi spons. Peras spons riasan kamu di bawah air mengalir sampai benar-benar jenuh dan mengembang.

    Langkah 2: Tambahkan pembersih. Jika kamu menggunakan pembersih cair, semprotkan sabun langsung ke spons basah dan mulailah memijat, menekan, dan mendorongnya ke telapak tangan kamu yang basah untuk memasukkan sabun ke bagian tengah spons. Jika kamu menggunakan sabun batangan, gosokkan spons bolak-balik ke batang sabun sambil memberikan tekanan untuk membentuk busa.

    Langkah 3: Bilas. Peras spons di bawah air bersih hingga airnya jernih, lalu peras spons dan sisihkan hingga kering.


    Berhati-hatilah: Sabun bisa menjadi keras dan mengering, jadi melakukan pembersihan ini terlalu sering dapat mulai merusak spons makeup kamu seiring waktu.


    Cara merendam spons makeup untuk membersihkannya


    Jika kamu seorang perfeksionis dan beberapa noda pada spons makeup yang dinyatakan bersih akan menggerogoti jiwa kamu, cobalah metode pembersihan ganda: Rendam spons dalam liquid cleanser, lalu ikuti dengan scrub lembut dengan sabun batangan untuk menghilangkannya, dan sedikit residu pembersih.




    Langkah 1: Rendam. Teteskan beberapa tetes cairan pembersih ke dalam mangkuk kecil berisi air hangat dan peras atau celupkan spons kotor ke dalam larutan sabun. Biarkan meresap selama lima menit.

    Langkah 2: Gosok. Kerjakan spons kamu ke dalam sabun batangan untuk benar-benar menghilangkan noda dan penumpukan. Setelah berbusa, gunakan jari kamu untuk memijat sabun lebih dalam ke spons.

    Langkah 3: Bilas. Setelah spons mulai mengeluarkan riasan lama, bersihkan di bawah air bersih untuk membilasnya. Berikan beberapa perasan untuk mencuci semua sabun. Sisihkan hingga spons kering.


    Cara membersihkan spons makeup menggunakan microwave


    jika kamu lebih suka mengambil risiko berjerawat daripada menghabiskan semua waktu untuk menggosok dan merendam spons makeup, izinkan Cosmo memperkenalkan kamu pada metode microwave. Cukup cepat untuk membersihkan spons makeup kamu. “Memasukkan spons ke dalam air sabun pada dasarnya seperti versi supercharged memasukkannya ke dalam mesin cuci, yang menggunakan air panas dan sabun untuk membersihkan kain,” kata dokter kulit Joshua Zeichner, MD. “Energi gelombang mikro juga kemungkinan akan membunuh mikroorganisme yang mungkin tumbuh di spons.”


    Tapi tunggu! Jangan hanya meletakkan spons kotor di baki microwave dan tekan mulai, atau kamu akan berakhir dengan kekacauan yang meleleh. Sebagai gantinya, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk spons seperti baru.


    Langkah 1: Buat campuran air sabun. Pertama, campurkan beberapa semprotan sabun lembut (sabun cuci piring atau sampo bayi bisa digunakan) dengan air dalam cangkir yang aman untuk microwave. Kamu dapat mengamatinya saat melakukan pengukuran—pastikan ada cukup larutan sabun untuk menutupi spons sepenuhnya.

    Langkah 2: Basahi spons. Berikan spons beberapa kali meremas ke dalam air untuk membasahinya terlebih dahulu, lalu rendam sepenuhnya di dalam cangkir.

    Langkah 3: Microwave. Masukan cangkir ke dalam microwave selama sekitar satu menit, tunggu setidaknya 30 detik agar cangkir menjadi dingin sebelum mengambilnya dari microwave. Air sabun akan berubah menjadi sisa riasan cair, dan spons kotor kamu akan terlihat seperti baru.

    Langkah 4: Peras. Setelah air mendingin, bilas, dan peras spons di bawah air mengalir, lalu sisihkan hingga kering


    Intip juga rekomendasi pembersih spons makeup lokal yang patut dicoba.





    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. YouTube, Dok. Freepik.com / Layout: Rhani Shakurani).