Lifestyle

Park Hae Young, Penulis 'My Liberation Notes' Tuai Pujian

  by: Redaksi       10/6/2022
  • Penulis naskah Park Hae Young kerap menggambarkan karakter yang diciptakannyanya dalam perjalanan pulang kerja dan terlihat lelah dengan kehidupan itu sendiri.

    Hal ini terlihat dalam dua drama yang pernah digarapnya, yakni "My Mister" dan "My Liberation Notes", di mana protagonis dalam k-drama tersebut tampak berjalan dan melalui jalanan panjang seakan tengah berjuang melawan masa lalu mereka yang kelam juga derita yang dipikul, dibawa dari masa lalu yang nampak amat membebani.

    Selain itu, baik "My Mister" maupun "My Liberation Notes" menampilkan karakter yang memiliki masalah mendelam lantas menangani masalah tersebut dan terkait dengan kehidupan yang terasa nyata, memiliki keterkaitan dengan orang-orang di sekitar mereka, dan relatable.







    Walaupun Park Hae Young telah mengangkat tema-tema seputar sulitnya kehidupan sebagai pegawai korporat, baik "My Mister" ataupun "My Liberation Notes" memiliki pendekatan yang berbeda untuk disampaikan ke penonton. Alih-alih terus menetap pada tema tersebut, kedua drama ini mengambil genre yang cukup konvensial dan dengan berani mengungkap pesan-pesan yang ingin disampaikannya.

    Di atas segalanya itu, Park Hae Young pun melemparkan perspektifnya atau solusi yang bisa dilihat oleh masyarakat masa kini yang terjebak dalam rutinitas sekaligus terus-menerus tersiksa dalam hubungan yang melelahkan.



    "My Mister" memunculkan pertanyaan tentang bagaimana menemukan kenyamanan di tengah-tengah kesulitan bertahan hidup. Dibanding memberikan pesan klise seperti "bertahanlah yang kuat hingga akhir", drama ini menunjukkan bahwa kamu tetap bisa menemukan kenyamanan dengan cara menyerah secara perlahan, sebab menahan masalah pelik hanya dengan kekuatan diri sendiri terkadang memang sangat sulit dan berat.

    Karakter Park Dong Hoon yang diperankan oleh Lee Sun Kyun dalam drama ini entah bagaimana terjebak dengan perusahaan serta segala pekerjaannya dan kesulitan untuk bertahan. Namun, akhirnya, Park Dong Hoon meninggalkan perusahaan tersebut lantas menemukan titik cerahnya untuk tetap bertahan hidup.






    "My Liberation Notes" menimbulkan pertanyaan tentang 'terbebaskan dari hidup dengan kebahagiaan yang palsu' dan membuat penontonnya memiliki keinginan dan cita-cita serupa. Dalam drama, karakter Mi Jeong adalah bagian dari perusahaan "Happiness Support Center" yang mana perusahaan tersebut memberikan klub guna memberikan dukungan dan kebutuhan mental para karyawannya. 




    Menggunakan cara serupa, dua k-drama ini berkonsentrasi kepada cerita sehari-hari tokoh utama yang mengandung pesan berbeda dari kebanyakan drama yang berpusat pada kisah romansa antara pemeran utama; berfokus kepada tanda tanya besar tentang kehidupan di usia-usia kerja. 

    Lantas, keduanya juga dipuji serta disambut baik lantaran memberikan rasa nyaman yang terasa diperlukan ketimbang perasaan yang biasa muncul ketika menonton drama yang juga sarat akan romansa.

    Tentu, sebagai penulis cerita, Park Hae Young tidak bisa dianggap sepenuhnya bebas dari formula serta format yang kental dalam k-drama. Akan tetapi, ia telah berhasil memberikan sudut pandangnya secara jujur bagaimana dunia kadang tidak masuk akal dan mampu membawakan naratif sekaligus secara metafora bagaimana pesan terhadap perspektif soal hidup dalam drama ini berbeda dengan k-drama lainnya yang pernah ditayangkan.



    Images. Dok. Youtube Ani-Hongo & The Swoon

    Teks: Saca F