Beauty

Bikin Kaki Halus, Simak 6 Cara Menghilangkan Kulit Mati di Kaki!

  by: Fariza Rahmadinna       11/6/2022
  • Menggunakan sepatu atau kaus kaki tertutup dalam waktu lama, bisa mengurangi kelembapan pada kaki yang dapat menyebabkan penumpukan kulit mati. Ditambah lagi tidak merawat dan menggosok kaki secara teratur, bisa membuat penumpukan kulit mati di kaki tidak dapat dihindarkan. Ini akan membuat kaki tampak kering, pecah-pecah, dan kasar. (Oh, no!)

    Meskipun umumnya tidak menyakitkan dan tidak berbahaya, namun ini dapat membuat kaki terlihat tidak bagus. Beberapa cara berikut ini dapat kamu lakukan untuk membantu menghilangkan kulit mati dan kering pada kaki.




    1. Eksfoliasi


    (Photo by Greta Hoffman on Pexels)


    Melakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi dapat membantu menghilangkan penumpukan kulit mati pada kaki. Gunakan physical exfoliator seperti foot scrub dan sikat kaki yang bisa dibeli dipasaran. Atau, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan garam laut, air perasan lemon, dan baby oil dengan perbandingan yang sama.


    Gosok kaki dengan menggunakan campuran tersebut, lalu bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan kaki.

    Di sisi lain, chemical exfoliator yang mengandung bahan-bahan seperti glycolic acid, lactic acid, dan alpha-hydroxy acid (AHA), juga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati pada kaki.


    2. Gunakan batu apung untuk menghilangkan kulit mati

    (Photo by Castorly Stock on Pexels)


    Batu apung (pumice stone) adalah batu lava alami yang dapat membantu menghilangkan kulit mati dan kering pada kaki. Meskipun mungkin terlalu keras untuk area seperti bagian atas kaki, namun batu apung sangat bagus untuk menggosok kulit mati yang keras di bagian bawah kaki dan tumit. 

    Cara menggunakannya, rendam batu apung ke dalam air hangat selama beberapa menit. Sambil menunggu, rendam kaki di dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit untuk melembutkannya. Setelah itu, gosokkan batu apung dengan lembut dengan gerakan melingkar pada kaki untuk menghilangkan kulit mati. Oleskan body lotion atau body oil sesudahnya untuk membantu melembutkan kakimu.

    Please note, hindari menggunakan atau menggosokkan batu apung pada area kulit terluka dan kering, karena hal ini dapat semakin memperparah peradangan.


    3. Rendam kaki dengan menggunakan garam epsom


    Cara merendam kaki dengan menggunakan larutan garam epsom menjadi cara lainnya yang dapat kamu coba untuk menghilangkan kulit mati (dead skin) pada kaki dan menghaluskannya. Garam epsom adalah bentuk kristal magnesium sulfat serta senyawa mineral.

    Kamu cukup melarutkan setengah cup garam epsom ke dalam baskom yang berisi air hangat. Rendam kaki di dalam larutan air garam epsom selama kurang lebih 20 menit. Sambil merendam kaki, gosokkan kami menggunakan sikat kaki atau batu apung untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kering. Setelah itu, bilas kaki dan keringkan.


    4. Merendam kaki dengan air cuka


    Merendam kaki dengan air cuka, termasuk cuka apel dan cuka putih, dapat membantu mengatasi masalah ini, karena cuka dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kaki kamu terasa kering dan kasar.

    Caranya: tuangkan beberapa ml cuka apel atau cuka putih – secukupnya saja – ke dalam baskom berisikan air hangat. Rendam kaki selama 5 hingga 10 menit. Lalu gosok kaki dengan lembut menggunakan sikat kaki atau batu apung untuk menghilangkan kulit mati dan kering yang menumpuk. Setelah itu, oleskan body lotion, petroleum jelly, atau coconut oil, untuk memberi kelembapan setelah berendam pada kaki.

    Lakukan perawatan ini satu hingga dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

    Note: hindari terlalu sering merendam kaki dengan air cuka karena dapat membuat kulit semakin kering.


    5. Gunakan baby foot peel mask


    Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan baby foot peel mask. Yes, ini adalah jenis masker peel off yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan kulit mati dan menghaluskan kulit kaki

    Untuk menggunakannya, cukup bungkus kaki dengan baby foot peel mask – biasanya masker berbentuk seperti kaus kaki plastik – yang sudah disediakan di dalam kemasan masker selama satu jam atau sesuai petunjuk penggunaan. Setelah itu, lepaskan masker dan bilas kaki dengan air, lalu keringkan.

    Baby foot peel mask ini biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat membantu meluruhkan kulit mati yang menumpuk pada kaki selama tiga hingga tujuh hari ke depan. Sebelum membungkus kaki, pastikan kamu sudah membersihkan kaki hingga benar-benar bersih terlebih dahulu.


    6. Merendam kaki dengan air lemon


    Ternyata, air lemon juga dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati pada kaki, lho. Bukan tanpa alasan, asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat memecah protein sel-sel kulit mati dan membantu meluruhkannya dengan mudah.

    Kamu cukup menyiapkan air hangat dalam baskom, peras air lemon secukupnya, dan tinggalkan beberapa potongan kulit lemon di dalam air. Rendam kaki selama kurang lebih 15 menit sambil sesekali gosok kaki secara lembut untuk menghilangkan kulit mati dari kaki. Bilas dan keringkan kaki. Setelah itu, oleskan body lotion atau olive oil untuk memberi kelembapan kulit, karena air lemon dapat mengganggu keseimbangan pH alami kulit dan menyebabkan lebih banyak kulit mati dan kering.



    Apabila kamu memiliki luka terbuka, memiliki kulit sensitif, mengalami kemerahan dan iritasi, hindari melakukan cara satu ini ya!



    (Fariza Rahmadinna/GIO/Image:Doc. Photo by cottonbro on Pexels)