Better You

8 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh Kamu!

  by: Haninadhira Husaini       12/6/2022
  • Girls, kalau kamu berpikir olahraga harus selalu memerlukan aktivitas fisik yang berat dan membuat tubuh berkeringat banyak, maka kamu salah besar! Sebab ada beberapa olahraga yang tidak perlu pindah tempat dan ruangan yang besar namun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh seperti yoga.

    Seperti yang kita ketahui, yoga adalah jenis olahraga yang menggabungkan latihan fisik senam olah tubuh dan meditasi yang berasal dari India. Yoga juga bukan hanya sekadar pilihan olahraga, tetapi juga tren gaya hidup sehat yang mampu meningkatkan kualitas hidup kamu secara menyeluruh.

    Saat ini, olahraga yoga sudah banyak dilakukan oleh banyak orang, baik pria maupun perempuan. Hal ini karena yoga memiliki berbagai jenis yang dapat dipilih sesuai tingkat kemampuan dan manfaat yang ingin diperoleh. Nah, di artikel ini Cosmo ingin membahas apa saja manfaat ketika kamu melakukan olahraga yoga untuk kesehatan tubuh kamu.

    Let’s find out!


    1.    Melatih kekuatan otot

    Psst.. tak seperti olahraga pada umumnya, yoga dapat membantu meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot pada tubuhmu, lho! Dengan begitu, olahraga satu ini juga ikut membantu untuk menurunkan kadar gula darah sehingga meningkatkan sirkulasi dan menambah kekuatan untuk otot kamu.  



    2.    Mengurangi nyeri sendiri

    Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 mengatakan bahwa ketika kamu berlatih yoga dua kali dalam seminggu hal ini bisa membantu meringankan ketika kamu sedang sakit sendi. Tak ada salahnya untuk mulai mencoba yoga, bukan? 
Apabila kamu masih pemula, sebaiknya bergabunglah di kelas yoga dengan pelatih yoga langsung agar kamu tidak mengalami cedera akibat salah gerakan.

    3.    Meningkatkan kekebalan tubuh

    Di kala banyaknya virus dan penyakit pada saat ini, yoga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari segala penyakit. Kamu cukup melakukan yoga sekitar 30 menit setiap harinya agar membantu meningkatkan kekebalan tubuh.


    4.    Menyehatkan jantung

    Sebuah studi mengatakan bahwa yoga dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung kamu sekaligus mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Studi lain pun ikut mengatakan bahwa orang yang rutin latihan yoga selama lima tahun, tekanan darah dan denyut nadinya lebih rendah ketimbang orang yang tidak beryoga. Seperti yang diketahui, tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke.




    5.    Meningkatkan kualitas tidur

    Mengalami susah atau kurang tidur merupakan hal yang kerap dialami oleh sebagian orang. Untuk kamu yang sedang mengalaminya, kamu bisa mencoba untuk rutin melakukan yoga karena workout satu ini terbukti bisa meningkatkan pelepasan hormon melatonin yang mengontrol siklus tidur manusia.

    6.    Meningkatkan kualitas pernapasan

    Yoga pada dasarnya juga ikut melatih cara kita dalam mengendalikan napas. Ketika kamu rutin melakukan olahraga satu ini maka yoga dapat membantu kekuatan paru-paru sehingga kualitas pernapasan kamu akan menjadi lebih baik.

    7.    Membantu detoks racun

    Gabungan posisi dan gerakan yoga terbukti efektif untuk membantu proses pengeluaran zat beracun yang berada di dalam tubuh kamu. Karena terdapat beberapa posisi yoga yang berfokus pada organ dalam perut seperti usus besar.

    8.    Melatih keseimbangan & postur tubuh

    Tubuh yang sehat dan kuat dapat dijaga dengan otot tubuh yang kuat dan seimbang. Dengan melakukan gerakan yoga yang cukup unik karena tidak dapat ditemui di jenis olahraga lainnya juga mampu melatih keseimbangan tubuh kamu. Hal ini juga dapat memperbaiki postur tubuh yang lebih baik.


    (Haninadhira Husaini / GIO / Image: Dok. Dane Wetton, Oksana Taran on Unsplash. Layout: Rhani Shakurani)