Fashion

Koleksi Kolaborasi Brand Fashion Paling Unik

  by: Redaksi       10/6/2022
  • Kolaborasi di dunia fashion tak hanya melibatkan antara dua desainer saja tapi juga bisa lintas industri. Melihat dari segi kreativitas, hal ini membuktikan bahwa desain fashion atau visi estetis seorang desainer bisa diterapkan dalam berbagai medium. Sementara dari segi bisnis, tentu ini jadi strategi yang menguntungkan baik dalam hal pemasaran atau sebagai langkah awal akan ekspansi. Dari film kartun hingga peralatan dapur, apa saja proyek kolaborasi brand fashion paling unik?

    Dolce & Gabbana x Smeg




    Bermula dari koleksi eksklusif kulkas berhiaskan motif Sisilia, Dolce & Gabbana dan Smeg melanjutkan kerja sama mereka dengan merilis peralatan dapur. Tema motifnya masih tentang budaya Sisilia. Sarat akan permainan warna yang mencolok dan corak-corak bernuansa historis membuat peralatan seperti blender, mixer, dan toaster selayaknya piece of art.

    Moschino x The Sims



    Seiring dengan perkembangan teknologi, permainan game online telah jadi bagian dalam kebutuhan gaya hidup bagi sebagian besar orang. Dan dari sekian jenis permainan yang ada, siapa yang tak mengenal The Sims?! Sebagai sebuah permainan berbasis avatar, tentu penampilan memegang peranan penting. Moschino jadi salah satu brand fashion kenamaan yang menggandeng game ini. Dirilis pada tahun 2019, koleksi ini tak hanya diperuntukkan untuk avatar The Sims saja tapi juga para konsumen Moschino. Di mana tersedia koleksi busana dan aksesori berhiaskan motif khas permainan tersebut.

    Off-White x Ikea


    Mendiang Virgil Abloh dikenal gemar berkolaborasi. Baik melalui label Off-White atau ketika menjabat sebagai desainer busana pria Louis Vuitton. Salah satu proyek kreatifnya yang mencuri perhatian adalah Off-White x Ikea. Deretan produk bergaya minimalis dengan sematan typography khas Off-White jadi tema desain yang diusung.

    Balenciaga x The Simpsons


    Banyak label fashion yang bekerja sama dengan film animasi namun kebanyakan hanya dalam konteks desain produk semata. Terkecuali Balenciaga dengan The Simpsons. Keduanya membuat sebuah film pendek khusus yang diputar pada peragaan koleksi musim semi Balenciaga di Paris Fashion Week tahun lalu. Demna selaku creative director bahkan turut mendapatkan peran di film ini. Penasaran? Kamu bisa menontonnya di akun YouTube Balenciaga.




    Teks: Malcolm Rei, Foto: dok. Instagram