Better You

5 Alternatif Pengganti Nasi Putih yang Lebih Sehat & Patut Dicoba!

  by: Redaksi       11/6/2022
  • Sebagai orang Indonesia tentunya memakan nasi telah menjadi salah satu rutinitas yang tidak bisa tergantikan. Selain rasanya yang relatif manis dan tekstur yang empuk, nasi juga telah secara kultural menjadi pendamping lauk pauk yang patut dimiliki setiap meja. Tapi ternyata nasi putih memiliki tingkat glukosa dan kalori yang tinggi jadi kurang cocok untuk dimakan bagi kamu yang rentan terhadap penyakit diabetes atau sedang dalam kondisi ingin menjaga berat badan.

    Tapi tenang, bagi kamu yang ingin tetap merasa kenyang seperti mengonsumsi nasi putih, kali ini Cosmo akan memberikan beberapa alternatif pengganti nasi putih yang pastinya penuh dengan nutrisi dan lebih sehat!




    1. Quinoa




    Quinoa adalah golongan biji-bijian yang dapat menjadi alternatif nasi karena bebas gluten dan memiliki protein yang lebih tinggi dibanding nasi. Bahkan setengah cup dari Quinoa ternyata memiliki 4 gram protein – dua kali lipat jumlah yang ada di nasi putih.

    Quinoa sendiri berupa protein komplit, artinya dia mengandung semua dari sembilan amino acid yang dibutuhkan badan kita seperti histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan dan valine. Selain itu Quinoa juga mengandung mineral penting seperti magnesium dan tembaga yang baik untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh.


    2. Cauliflower Rice




    Cauliflower Rice adalah kembang kol yang telah diolah sedemikian rupa agar menyerupai nasi. Dengan rasa dan tekstur yang menyerupai nasi, Cauliflower rice menjadi alternatif populer untuk kamu yang ingin mencoba diet low-carb atau keto.

    Cara membuatnya juga cukup gampang, kamu hanya perlu memotong halus kepala kembang kol lalu menggunakan food processor atau parutan biasa untuk mendapatkan tekstur seperti nasi. Setelah itu kamu bisa mengolahnya selayak nasi putih pada umumnya. Menu ini juga ternyata rendah kalori ya babes! ½ cup dari cauliflower rice hanya mengandung 13 kalori sedangangkan di porsi yang sama untuk nasi putih mengandung sekitar 100 kalori.


    3. Shirataki Rice



    Nasi Shirataki adalah salah satu pengganti nasi putih yang belakangan ini sedang naik daun karena rendah kalori. Terbuat dari Konjac Root yakni tanaman asli Asia, nasi shirataki kaya akan serat glucomannan yang dapat membantu melindungi usus kamu lho! Selain itu, glucomannan juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, mengontrol gula darah, serta meredakan sembelit.

    Pastinya untuk kamu yang sedang berusaha mengurangi berat badan, nasi shirataki adalah pilihan yang tepat untuk kamu!


    4. Barley






    Barley adalah suatu jenis biji-bijian yang mirip dengan gandum serta memiliki tekstur kenyal. Setengah cup dari Barely memiliki sekitar 100 kalori namun mengandung lebih banyak protein dan serat dibandingkan dengan nasi putih.

    FYI, barley juga penuh dengan berbagai macam nutrisi seperti niacin, zinc dan selenium. Untuk memasak barley kamu hanya butuh merebusnya sampai empuk atau sekitar 20-30 menit lalu buang air yang tersisa. Setelah itu bisa kamu bumbui sesuai seleramu!


    5. Farro



    Untuk rekomendasi terakhir dari Cosmo, mungkin kamu merasa kurang familiar dengan bahan makanan yang satu ini. Farro adalah sejenis produk gandum utuh yang mirip dengan nasi namun memiliki butiran lebih besar, tekstur lebih kenyal, dan rasa yang mirip dengan kacang.

    Farro patut kamu coba karena kaya akan gizi! Di dalam 47 grams Farro ternyata terkandung Vitamin B3, magnesium, protein, zinc, iron dan serat yang tentunya sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kamu.

    (Ameina Dewi / GIO / Images: from Instagram @alaiasedansmoncorps, @keto_28_day_challenge37, @varimezdraveketo, @withmrhusband,@forksoverknives & Dok. from Pexels, Polina Tankilevitch from Pexels)