Beauty

Ini Cara Menentukan Shade Foundation Yang Tepat Sesuai Rona Kulit!

  by: Redaksi       13/6/2022
  • Foundation adalah salah satu produk makeup penting yang berfungsi sebagai alas bedak dasar yang bantu untuk meratakan warna kulit wajah dan mempertahankan hasil riasan agar lebih tahan lama.

    Untuk itu, jika salah dalam memilih produk foundation tak hanya bisa menimbulkan berbagai masalah kulit namun juga dapat merusak hasil makeup di akhirnya. Begitu pula ketika kamu salah memilih warna foundation! Penting sekali untuk memerhatikan beberapa hal sebelum memilih foundation apa yang akan kamu gunakan.

    Ok, jika kamu masih bingung dalam menemukan shade foundation yang tepat, Cosmo sudah menyiapkan beberapa tips dan trik yang bisa segera kamu coba. Simak!





    1. Temukan jenis skin tone kamu




    Yang dimaksud dengan skin tone adalah warna kulit yang dapat kamu nilai dalam sekali pandang. Hal ini menjadi tips yang paling mudah untuk dilakukan, karena kamu bisa meminta penilaian orang lain ataupun menilainya sendiri. Khususnya untuk mengetahui skin tone dalam menentukan warna foundation di wajah kamu juga.

    Untuk menemukan skin tone, salah satunya kamu dapat mencoba berfoto di bawah sinar matahari atau sinar alami lainnya dan mengelompokkannya sendiri. Kamu juga dapat menggunakan bantuan alat seperti skin tone meter, ataupun aplikasi-aplikasi kecantikan lainya.

    Dengan cara ini kamu dapat menilai kulit kamu termasuk ke dalam skin tone kategori terang, medium, atau gelap.


    2. Menentukan undertone




    Apabila skin tone merupakan warna kulit yang jelas dapat dibedakan dalam sekali pandang, maka kamu perlu memerhatikan kulit lebih jauh ketika menentukan undertone atau warna dasar pada kulit. Coba lihat pada bagian bawah pergelangan tangan, di area bagian urat-urat nadi terlihat. Undertone terbagi menjadi tiga warna, yakni cool, neutral, dan warm.

    Untuk kamu yang memiliki cool undertone, maka urat nadi akan cenderung berwarna biru keungu-unguan. Untuk pemilik neutral undertone, maka warnanya akan lebih hijau kebiru-biruan. Sedangkan untuk warm undertone, urat di balik pergelangan tangan akan berwarna hijau tanpa ada kombinasi warna lainnya.

    Setelah sudah mengetahui jenis skin tone dan undertone, kamu bisa melanjutkan untuk menentukan shade foundation apa yang tepat di kulit. Untuk pemilik fair skin tone dengan cool undertone, maka kamu bisa mencoba memilih shade berwarna terang. Untuk pemilik fair skin tone dengan neutral atau warm undertone, maka kamu bisa memilih shade yang berwarna kuning langsat. Selengkapnya, kamu juga dapat mengecek bagian bawah kemasan pada tiap produk foundation kalau kamu sudah mengetahui shade apa yang kamu butuhkan.

    Namun, meskipun skin tone dan undertone ini sama-sama melihat luar dan dalam kulit kita, tetapi undertone tidak menentukan skin tone, ya! Kalau kulit kamu cenderung cool undertone, tidak berarti kulit berwarna putih. Begitu juga dengan warm undertone, belum tentu kulit kamu masuk kategori rona gelap.


    3. Mengetahui warna dasar dari undertone




    Berdasarkan Skin Undertones Chart dari Healthline, terdapat warna lainnya setelah warna dasar atau undertone, lho. Mungkin memang sedikit memusingkan, tetapi dengan mengetahui warna dasar dari undertone, maka kamu bisa memilih shade foundation yang tepat dan jauh lebih mudah.

    Warna dasar dari undertone dapat ditentukan dengan warna-warni yang bisa terlihat di kulit. Kamu bisa menentukannya dengan menilai kulit berdasarkan tujuh warna, yakni pink undertone, blue undertone, green undertone, neutral undertone, yellow undertone, peach or orange undertone, dan red undertone.

    Kebanyakan warna kulit Indonesia yang sesuai adalah yellow atau neutral undertone. Sedangkan untuk jenis kulit western yang kebanyakan memiliki tanned skin juga memungkinkan mereka memiliki red undertone. Lalu, untuk kulit Asia lainnya seperti Korea atau Jepang cenderung memiliki pink undertone.


    4. Menilik swatches dari foundation






    Sudah sering melihat tutorial atau product review baik di Youtube maupun media sosial lainnya? Banyak reviewer yang memperlihatkan swatches berbagai produk foundation ke bagian tangan ataupun rahang mereka. Namun, apa yang terlihat di layar terkadang belum tentu sama dengan aslinya, bukan?

    Untuk itu, jika kamu masih bingung dalam menentukan shade foundation, ada baiknya jika kamu langsung mengunjungi gerai kecantikan untuk mencobanya langsung agar bisa menemukan varian yang tepat sesuai dengan rona kulit.

    So, di bagian mana kamu bisa mengaplikasikan swatch? Tidak selamanya harus dilakukan bagian rahang ataupun tangan. Ada baiknya kamu ketahui bagian kulit mana yang memiliki tone yang sama dengan kulit wajah, karena setiap warna kulit di bagian tubuh kita itu berbeda-beda. Bagian kulit di wajah saja bisa berbeda antara dahi, pipi, dan lainnya.

    Untuk itu pula, kita dapat memanfaatkan foundation sebagai dasar untuk menyamaratakan warna kulit di wajah kita.


    5. Perhatikan oksidasi




    Salah satu yang seringkali dikhawatirkan oleh pengguna foundation adalah terjadinya oksidasi. Hal ini pula yang mengharuskan kamu untuk memilih shade foundation secara tepat. Oksidasi terjadi apabila kamu memilih warna yang tidak tepat untuk kulit sehingga ketika produknya mulai mengering akan memberikan efek yang lebih gelap atau keabu-abuan di wajah.

    Cosmo tips: Setelah mengaplikasikan foundation ke kulit wajah, tunggu beberapa saat sampai foundation siap di kulit secara sempurna. Hal tersebut dapat membuktikan apakah oksidasi dari produk tersebut akan berdampak buruk atau tidak terhadap kulit kamu.


    (Fishya Elvin / AG / Images: Photo by Monstera on Pexels, Photo by Pegah on Pexels, Photo by George Milton on Pexels, Photo by Freepik / Layout: Severinus Dewantara)