Celebrity

Alasan BTS Akan Fokus ke Proyek Solo di 9 Tahun Perjalanan Kariernya

  by: Giovani Untari       15/6/2022
  • Ada yang sedikit berbeda dari perayaan anniversary BTS tahun ini. Pasalnya tepat sehari setelah perayaan debut mereka di tanggal 13 Juni, BTS resmi mengumumkan akan lebih banyak fokus ke proyek musik solo para personilnya setelah berkarier selama sembilan tahun.


    Kabar tersebut diungkapkan oleh para pelantun Dynamite ini dalam video dinner anniversary mereka BTS (방탄소년단) ‘찐 방탄회식’ #2022BTSFESTA yang tayang di akun Youtube BANGTANTV







    BERANI TERBUKA TERHADAP STRUGGLE YANG MEREKA ALAMI

    Seperti yang kita tahu, BTS merupakan salah satu grup musik Korea yang tengah bersinar dan tak pernah absen berkarya selama hampir sembilan tahun. Dalam video dinner anniversary para member BTS saling menceritakan segala hal yang membuat mereka bahagia menjalani aktivitas bersama dalam grup, namun tak menampik bahwa ada kalanya mereka juga mengalami struggle tersendiri. 



    “Saya selalu berpikir bahwa BTS berbeda dari grup lain. Tetapi permasalahanya KPOP dan seluruh sistem idol seperti tidak memberi kita waktu untuk menjadi dewasa. Kamu harus terus memproduksi musik dan melakukan sesuatu,” tukas leader BTS, RM.


    Senada dengan RM, Suga BTS juga mengungkap kesulitan yang ia rasakan sebagai idol sekaligus produser musik:

    “Hal yang paling sulit selanjutnya adalah menulis lirik. Seperti tidak ada satu pun yang bisa aku keluarkan. Saya ingin berbicara hal yang saya rasakan, tetapi rasanya saya benar-benar harus memutar otak. Karena kita berusaha menyenangkan keinginan orang lain dan para pendengar. Itu terasa menyakitkan,” tambah Suga.



    Banyaknya hal yang BTS rasakan sepanjang perjalanan kariernya membuat mereka juga berpikir untuk mencari cara agar lebih memperkuat musik mereka salah satunya dengan memilih untuk berfokus pada proyek musik solo para personilnya.

    Membantu memperjelas isi pernyataan member BTS yang sempat menyebut akan hiatus sejenak dari kegiatan grup, perusahaan yang menaungi BTS yaitu HYBE ikut mengkonfirmasi hal ini.

    “BTS tidak akan hiatus. Namun saat ini para anggotanya akan lebih banyak berfokus pada kegiatan proyek musik solo mereka,” berikut isi pernyataan dari HYBE yang dilansir dari APNews.


    AKAN BERFOKUS PADA AKTIVITAS MUSIK SOLO

    “Mulai sekarang mungkin promosi BTS akan mulai berubah, ke depannya akan lebih mengarah pada promosi solo. Jadi ini waktunya kita harus berbicara mengenai perubahan yang akan terjadi. Saya pikir inilah perubahan yang kita butuhkan saat ini. Hal yang penting bagi BTS untuk memulai chapter kedua dari perjalanan kariernya,” ujar j-Hope dengan bijak.

    Kegiatan solo personil BTS juga nampaknya akan dimulai dari j-hope yang mengaku tengah mempersiapkan musik terbarunya. Pria bernama lengkap Jung Hoseok tersebut sebelumnya juga telah resmi diumumkan menjadi salah satu pengisi acara dari festival musik Lollapalooza yang akan hadir di bulan Juli 2022 mendatang.





    Masih dalam kesempatan yang sama, sejumlah personil BTS seperti Jimin dan V ikut memberi kabar baik bahwa mereka juga sudah mulai mempersiapkan lagu dan musik untuk album musik solo mereka. 


    BERJANJI PASTI AKAN KEMBALI UNTUK PROMOSI GRUP!

    Tentu saja kabar terbaru BTS ini langsung mengundang berbagai reaksi dari penggemar BTS: ARMY. Seperti memahami akan ada banyak yang merasa sedih dengan keputusan ini, Jungkook mengungkapkan pemikirannya:

    “Sebenarnya hal ini bisa kami lakukan lebih awal, tapi BTS memilih untuk menundanya. Tetapi kami harus melakukan ini sekarang. Dan ini adalah hari saya harus memberitahunya. BTS dan para ARMY, selama hampir 10 tahun lamanya bersama. Saya tidak meminta para fans mengerti, tetapi semoga para fans mau mengerti hal ini. Kami perlu memiliki waktu untuk menikmati dan merasakan banyak pengalaman baru. Kami berjanji akan kembali suatu hari nanti, bahkan menjadi lebih dewasa dari sekarang ini,” tutur sang personil termuda BTS tersebut.



    “Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar yang selalu mendukung kami. Tapi sekarang seperti yang sering kali saya ucapkan kepada para member BTS, saya pikir kita harus menghabiskan beberapa waktu secara terpisah untuk belajar menjadi satu lagi. Saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya saat ini. Saya harap para fans tidak melihat ini sebagai suatu hal yang negatif dan melihat ini sebagai rencana yang sehat,” tambah j-hope lagi.


    Ini bukan berarti kita bubar! Kita hanya mencoba hidup terpisah!” bantah Suga BTS dengan cepat. 




    Untuk menutup chapter pertama dari perjalanan kariernya, BTS merilis album antologi yang berjudul Proof’ pada tanggal 10 Juni 2022 silam. Melengkapi album tersebut, RM dkk juga ikut menghadirkan MV dari lagu terbarunya Yet To Come (The Most Beautiful Moment)





    And what we could say than: we still purple you, BTS!



    (Giovani Untari / Images: Dok. Big Hit Music)