Lifestyle

7 Cara Untuk Menghilangkan Stres yang Ampuh

  by: Haninadhira Husaini       15/6/2022
  • Mengalami stres akibat banyaknya masalah di rumah atau masalah pekerjaan memang pastinya akan membuat kamu tidak memiliki semangat untuk beraktivitas. Apalagi di masa peralihan seperti sekarang di mana aktivitas kita yang sudah mulai kembali ke normal, pasti banyak dari kamu yang mulai merasa cemas dan kesulitan menghadapinya.

    Tetapi jangan patah semangat, girls! Karena Cosmo ada di sisi kamu untuk memberikan beberapa cara untuk menghilangkan stres yang ampuh dan bisa kamu coba.

    Let’s find out!

    1.    Fokus pada masa sekarang

    Saran Cosmo yang pertama adalah jangan terjebak dalam peristiwa yang telah berlalu dan juga pada masa depan yang belum tentu terjadi, terlebih ketika kejadian tersebut membuat kamu sedih dan cemas. Kamu harus lebih fokus untuk menjalani hidup di masa sekarang dan mengurangi rasa cemas akan apa hal yang akan terjadi di masa depan.

    Dengan fokus pada saat ini, kamu akan menjalani hidup dengan perasaan bahagia dan pikiran yang lebih positif sehingga dapat memberikan dampak yang lebih baik juga dengan kehidupan kamu yang akan kamu jalani ke depannya.

    2.    Terapkan pola tidur

    Pada saat tidur, tubuh kamu akan memperbaiki segala jenis kerusakan, baik dalam hal fisik maupun mental. Apalagi, setiap hari pikiran kamu kebanjiran beragam informasi dan juga terkadang ada tekanan dari pekerjaan atau keluarga.

    Maka dari itu, memiliki pola tidur yang baik itu sangat penting. Karena kurang tidur bisa mengganggu kesehatan mental kamu termasuk stres, cemas atau depresi. Selain itu, pola tidur yang kurang baik juga dapat membuat otak menjadi kewalahan dengan segala beban yang ada di pikiran kamu.



    3.    Melukis atau mewarnai

    Yup, melukis atau mewarnai bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mengekspresikan diri sehingga mengurangi kecemasan yang kamu rasakan. Dengan melukis, tubuh akan menjadi lebih rileks karena kamu bisa melampiaskan emosi yang kamu rasakan ke sebuah kertas.

    Dengan kamu melukis juga bisa membantu diri kamu untuk memahami apa yang sedang kamu rasakan dan mengetahui apa pemicu yang membuat kamu stres. Nah, hal tersebut penting untuk kamu lakukan agar ketika kamu mengetahui apa pemicu yang membuat kamu stres, kamu bisa mencegah hal yang sama di masa depan.

    4.    Ceritakan kepada sahabat

    Memendam perasaan hanya bisa membuat kamu semakin stres. Akan lebih baik ketika kamu berusaha untuk mengungkapkan keluh kesah kepada sahabat atau orang terdekatmu tentang apa beban yang sedang kamu rasakan. Percayalah, pikiran kamu akan menjadi lebih tenang setelah semua keluh kesah kamu ceritakan kepada orang yang kamu percaya.




    5.    Minum teh

    Percaya atau tidak, minum teh itu dapat membantu untuk meredakan stres yang ada di dalam pikiranmu, lho! Karena teh (terutama teh hijau) mengandung antioksidan dan teanin, salah satu jenis asam amino yang dapat memberikan efek menenangkan pada saraf. Siapa tahu cara ini ampuh untuk menghilangkan rasa stresmu.

    6.    Berolahraga

    Berolahraga dapat membantu untuk menurunkan jumlah hormon stres di dalam tubuh. Tak hanya itu, olahraga dapat memicu produksi endorfin, yaitu hormon yang dapat memperbaiki suasana hati termasuk kadar stres.

    7.    Melakukan me-time

    Kegiatan favorit Cosmo: me-time! Ketika kamu sedang melakukan me-time, otomatis segala hal yang kamu lakukan dan kamu pikirkan hanya fokus kepada diri kamu sendiri. Sehingga hal ini dapat membantu kamu untuk menghilangkan stres karena berada di bawah tekanan sekitarmu.

    Banyak kegiatan me-time simpel yang dapat kamu lakukan seperti window shopping, nongkrong di kafe, melakukan skin care routine, dan lain sebagainya.


    (Haninadhira Husaini / GIO / Image: Dok. Layout S. Dewantara)