Celebrity

Begini Cara BTS & 4 Idol Korea Lainnya dalam Menyuarakan Isu Sosial

  by: Redaksi       16/6/2022
  • Seperti yang sudah Cosmo babes sadari, kejahatan, kebencian, dan diskriminasi dari anti Asia telah meningkat sejak awal pandemi karena misinformasi seputar asal-usul Covid-19. Menyikapi hal tersebut baru-baru ini, boy group asal Korea Selatan BTS mengunjungi The White House untuk merayakan hari terakhir dari Bulan AANHPI, atau Asian American and Native Hawaiian/Pacific Islander dengan Presiden Amerika Joe Biden.

    BTS duduk dengan presiden Joe Biden untuk membahas kejahatan, kebencian, dan diskriminasi dari anti Asia untuk bersama-sama menemukan solusi akan kebutuhan penting untuk perwakilan, inklusifitas, dan persatuan sehubungan dengan komunitas Asia.

    BTS adalah grup yang berbasis di Korea Selatan yang telah meraih kesuksesan internasional. Tidak mengherankan suara BTS sangat berarti bagi representasi dan inklusi dalam diaspora Asia. Bukan hanya penggemar mereka yang dinamakan ARMY sangatlah banyak dan tersebar di berbagai belahan dunia, BTS juga dikenal sebagai grup yang memang vokal terhadap berbagai isu sosial.



    Tidak hanya BTS, banyak idol Kpop lainnya yang juga memanfaatkan suaranya untuk menyikapi berbagai isu sosial. Berikut beberapa idol yang sudah Cosmo rangkumkan untukmu!



    1. BTS melawan Asian hate



    Selain peringatan ‘AANHPI Heritage Month’ yang baru BTS hadiri di bulan Mei 2022, grup ini juga dikenal dengan dukungan mereka terhadap isu self-love dan self-acceptance yang menolong penggemarnya dalam hal kesehatan mental. Selain itu, BTS juga dikenal dengan pandangan mereka terhadap penindasan dan sistem sosial yang dituangkannya ke dalam musik-musik mereka maupun tindakannya. Ketika mereka bersuara, ketujuh member berdiri bersama untuk melawan isu-isu tersebut.

    Kunjungan BTS ke The White House dianggap sebagai pengingat untuk merayakan siapa kita dan dari mana kita berasal saat kita terus berjuang melawan penindasan dan ketidakadilan.

    It’s not wrong to be different; equality begins when we open up and embrace all of our differences,” – Suga BTS


    2. Yoona dari SNSD menjunjung kesejahteraan anak-anak



    Siapa yang tidak tahu girl group legendaris SNSD atau Girls' Generation? Salah satu member-nya yang juga terkenal sebagai aktris dan solois ini, Yoona, sangat aktif dalam menyuarakan isu-isu kesejahteraan anak. Tindakannya yang senang berdonasi untuk anak-anak yang kurang mampu telah digelutinya sejak tahun 2010, dan diketahui bahwa total dana yang disumbangkannya telah mencapai 10 juta won atau setara dengan 90 ribu dollar. Dengan ini, Yoona sudah dikenal dengan kecantikan luar dan dalamnya dan telah tergabung dalam komunitas amal yang dihormati.

    I decided to join the club this year to help promote a sharing culture. I want to give a helping hand to people who are marginalized.” – Yoona SNSD


    3. Hwasa memerangi standar kecantikan Korea Selatan



    Ahn Hye Jin atau pemilik nama panggung Hwasa ini adalah salah satu member dari girl group Mamamoo dan merupakan maknae atau anggota termuda di dalam grup. Hwasa dikenal sebagai idol yang menginspirasi berkat keberaniannya dalam memerangi standar kecantikan Korea yang berkulit putih, kurus, tinggi, dan masih banyak lagi. Di saat banyak sekali idol Kpop yang berkulit putih, terdapat beberapa yang memiliki warna kulit yang lebih gelap, termasuk Hwasa. Namun, Hwasa adalah salah satu yang sering sekali mendapat kebencian terhadap warna kulitnya itu.

    Menjadi idol memang membuat Hwasa dituntut untuk memiliki kecantikan yang sesuai dengan standar. Ketika audisi, pernah sekali waktu ia ditolak karena alasan bahwa ia gemuk dan tidak cantik, tetapi hal itu tidak menghentikannya dalam meraih mimpinya. Akhirnya, Hwasa bertekad untuk tetap bersinar dengan standar kecantikannya sendiri dan menginspirasi orang-orang di luar sana yang terjebak dengan situasi yang sama sepertinya.

    If I don’t fit into this generation’s standard of beauty, then I will have to become a different standard.” — Hwasa Mamamoo


    4. Ateez mendukung Black Lives Matter (BLM)



    Kini, semakin banyak Kpop group yang berdiri dan bersuara terhadap isu-isu sosial sebagai satu kesatuan grup. Selain BTS, Ateez salah satunya. Selain aktif di Twitter dalam meramaikan tagar #BlackLivesMatter, Ateez juga pernah membawakan lagu Black or White dari Michael Jackson di dalam salah satu konser mereka dan menyebutkan bahwa kita semua memiliki warna yang berbeda meskipun mendapatkan cahaya yang sama.

    ‘Tidak ada yang perlu bertanggungjawab dalam hal warna’, sebut mereka di dalam lirik rap bagian salah satu member, Hongjoong. Ateez juga pernah upload tweet dalam rangka mendukung BLM yang menyebutkan, 'Kami berdiri dalam solidaritas dengan mereka yang telah memberikan hidup mereka untuk hak untuk didengar."

    We’re all different colors although we get the same light. There’s no responsibility in colors.” – Hongjoong Ateez




    5. IU membicarakan body positivity



    IU atau Lee Ji Eun adalah salah satu solois Kpop yang pernah membuka rahasia di masa lalunya mengenai eating disorder. Pada saat itu, ia mengidap penyakit bulimia yang membuatnya takut, panik, dan membenci dirinya karena berpikir bahwa bentuk tubuhnya mampu merenggut popularitas dan kesuksesannya sebagai artis dalam waktu dekat. Ia melakukan diet yang dinilai melebihi batas, sampai orang-orang mengikutinya dan memulai ‘IU Diet Challenge’.

    Hal tersebut tentu saja tidak sehat bagi orang lain. Oleh karena itu, dibandingkan challenge untuk diet, IU akhirnya mendukung untuk makan dengan benar dan melakukan yoga untuk menjaga bentuk tubuh dan kesehatannya. Hal ini dianggap menginspirasi dan membantu orang-orang di luar sana untuk hidup sehat dan berhenti dalam melakukan diet yang berlebihan.

    I believe we should laugh when we’re happy, cry when we’re sad… It’s okay to be exhausted or hungry or sick. These things are natural, and I wish we can all show and accept these natural things. Our job is to console other people and it’s great we try to be professional by hiding our feelings, but we should really look into ourselves and take care of our needs as well.” – IU


    Tentunya, idol Kpop memiliki dampak yang luas terhadap apa yang mereka bicarakan atau lakukan di hadapan publik. Masih banyak lagi idol Kpop yang melakukan hal-hal terpuji untuk berdiri menghadapi isu-isu sosial yang menjadi kekhawatiran publik, dan akan semakin banyak lagi di masa depan. Sebagai penggemar, jangan lupa untuk terus mendukung mereka ya, girls!


    (Fishya Elvin/Images: Photo by The White House on Youtube, Photo by @bts.bighitofficial on Instagram, Photo by @yoona__lim on Instagram, Photo by @_mariahwasa on Instagram, Photo by @ateez_official_ on Instagram, Photo by @dlwlrma on Instagram)