Beauty

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Agar Lembap dan Halus

  by: Haninadhira Husaini       20/6/2022
  • Masalah kulit kering merupakan hal umum yang banyak dialami warga negara tropis (hi, Indonesian!). Apalagi jika kamu sering terpapar polusi, lalu menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC seharian, terus menerus menggunakan sanitizer, dan sering lupa menggunakan lotion, jangan heran bila kulitmu semakin terasa kering.

    Kondisi ini terjadi karena kulitmu sedang mengalami dehidrasi alias kadar air dalam tubuh sedang menurun. Jika ingin mengukur persentase tingkat kelembapan dengan valid, kamu bisa menggunakan alat digital skin analyzer, lho! Selain itu, kamu juga bisa memerhatikan tampilan dan tekstur permukaan kulit. Kalau terlihat kusam dan bersisik, itu tandanya kulitmu kekurangan kadar minyak alami.



    Apakah kamu menemukan ciri-ciri seperti yang Cosmo sebutkan? Berikut beberapa cara untuk mengatasi kulit kering yang bisa kamu coba. Let’s find out!

    1.    Hindari mandi terlalu lama dengan air panas

    Air yang bersuhu panas cenderung membuka pori-pori sehingga membuat kandungan air di dalam kulit menguap. Sebaiknya, kamu mandi dengan suhu air suam kuku dan cukup membatasinya selama kurang dari 10 menit.



    2.    Minum air putih yang cukup

    Apakah kamu tahu bahwa hampir 75 persen tubuh manusia itu terdiri dari air? Yup, maka dari itu berkurangnya kadar air di dalam tubuh dapat memengaruhi organ, termasuk kulit kamu. Kulit akan lebih rentan untuk mengering jika tidak mendapatkan cukup air, sehingga salah satu cara untuk mengatasinya bisa dengan minum lebih banyak air putih. Minum setidaknya 2 liter setiap harinya mulai dari bangun tidur ketika perut masih kosong.



    3.    Pilih sabun yang tepat

    Memilih sabun mandi dengan formula yang tepat adalah salah satu cara mengatasi kulit yang efektif. Beberapa produk sabun mandi berpotensi menyebabkan kulit kering dan hal ini akan menjadi semakin buruk jika kamu terbiasa mandi sehari dua kali. Oh, no!

    Thankfully, Cosmo menemukan produk sabun mandi yang dapat membantu kulitmu lembap lebih dari susu, Dove Deeply Nourishing. Sabun ini memiliki kandungan nutrium moisture yang dapat membantu membuat kulitmu lebih lembap, kenyal dan halus. We proved it, girls! Simak video berikut ini


    4.    Gunakan pelembab secara rutin

    Pelembab berfungsi untuk menahan kadar air di dalam kulit agar tetap terkunci di dalam lapisan epidermis. Jadi, menggunakan pelembap secara rutin adalah perawatan yang wajib kamu lakukan, terutama setelah mandi. Kamu bisa memilih pelembab dengan kandungan yang terkenal efektif, seperti susu, olive oil, dan vitamin E.

    5.    Gunakan sunscreen

    Salah satu penyebab kulit kering adalah paparan sinar ultraviolet langsung ke kulit dan ini merupakan hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan, Kulit yang sering terpapar sinar UV secara langsung tanpa perlindungan dapat berisiko terbakar, mengalami kerusakan kulit, hingga terkena kanker. Nah, kamu bisa mencegah hal ini dengan mengoleskan sunscreen dengan keterangan broad spectrum dan paling sedikit 30 SPF.



    (Haninadhira Husaini / KIS / Image: Dok. Layout S. Dewantara)