Better You

5 Cara Jitu Mengecilkan Pinggul secara Aman & Alami

  by: Fariza Rahmadinna       19/6/2022
  • Bagi sebagian orang (dan mungkin kamu salah satunya), memiliki pinggul yang besar memang terkadang dapat menurunkan kepercayaan diri. Karena alasan itulah, banyak orang berusaha untuk mengecilkan bagian tubuh ini melalui olahraga.

    Jadi apa sebenarnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lemak di area pinggul? Ini dia 5 cara jitu mengecilkan pinggul secara aman dan alami:




    1. Berolahraga

    (Photo by Andrea Piacquadio on Pexels)


    Rasanya nyaris tidak mungkin kamu mengurangi lemak pinggul tanpa berolahraga. Pasalnya, dengan berolahraga dapat membantu kamu mengurangi lemak, terutama di bagian pinggul.


    Kamu dianjurkan untuk melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang setidaknya selama 150 menit dalam seminggu, atau selama 75 menit seminggu untuk aktivitas aerobik tinggi.

    Dari hasil riset tahun 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Cardiology, melakukan latihan intensitas sedang dan tinggi dapat mengurangi lemak visceral pada perut, pinggul, dan paha dengan cepat.

    Penelitian lainnya tahun 2017 dalam jurnal Obesity, menemukan bahwa melakukan latihan High-Intensity Interval Training (HIIT) dapat membantu mengurangi massa lemak seluruh tubuh, termasuk lemak pinggul. Latihan High-Intensity Interval Training (HIIT) dapat membakar lebih banyak lemak dalam waktu yang lebih singkat, ujar Noah Neiman, co-founder studio boxing di New York.

    Itu artinya, berolahraga secara efektif mampu mengurangi lemak pada pinggul sekaligus mengencangkan otot-otot pinggul.


    2. Diet


    Diet dengan mengonsumsi dan mengurangi makanan tertentu juga dapat membantu mengecilkan pinggul. Secara umum, Neiman menjelaskan bahwa, mengikuti diet sehat dan membantu menjaga berat badan yang sehat dengan: mengonsumsi makanan utuh (whole foods), mengurangi konsumsi gula, membatasi makanan olahan, membatasi alkohol, sesuaikan porsi dengan kebutuhan, hindari makanan yang mengandung lemak trans, konsumsi makanan kaya protein dan serat larut, itu semua dapat membantu mengurangi lemak di seluruh tubuh, termasuk pinggul.


    3. Kelola stresmu

    (Photo by Elina Fairytale on Pexels)


    Stres dapat memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi lebih banyak kortisol, atau hormon stres, yang tanpa kamu sadari dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Ini karena, kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan, menyebabkan peningkatkan lemak di perut dan seluruh tubuh, termasuk di pinggul, menurut studi tahun 2009 dalam jurnal Molecular and Cellular Endocrinology.

    Selain itu, ketika stres kamu cenderung melakukan hal-hal yang tidak baik bagi tubuh, seperti makan berlebihan atau lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat.

    Melakukan kegiatan yang menyenangkan, termasuk berlatih yoga, mendengarkan musik, bermain bersama hewan peliharaan, dan meditasi, bisa membantu mengelola stres. Akhirnya itu dapat membantu mengurangi lemak di pinggul dan mengecilkannya.


    4. Perbaiki kualitas tidur


    Yes, memastikan kamu cukup tidur dapat sangat berperan dalam tujuan penurunan berat badan. Sudah sejak lama, penelitian telah menunjukan kaitan antara kurang tidur dan penambahan berat badan.

    Sebuah penelitian tahun 2006 dalam American Journal of Epidemiology, menemukan bahwa orang yang kurang tidur memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi, persentase lemak tubuh yang lebih tinggi, dan jumlah lemak tubuh visceral yang lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidur 7-9 jam setiap malamnya.

    Kurang tidur dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, itu mengurangi kemampuan tubuh untuk mengendalikan rasa lapar dan kenyang yang meningkatkan kemungkinan untuk makan lebih banyak, kata Aaron Brown, personal trainer bersertifikat.


    5. Minum lebih banyak air

    (Photo by Andrea Piacquadio on Pexels)


    Muncul rasa lapar tidak selalu menandakan jika kamu lapar, lho girls. Apalagi jika masih belum terlalu lama sejak terakhir kali kamu makan. Kemungkinan itu adalah dehidrasi. Dehidrasi dapat mengacaukan metabolisme tubuh, kata Neiman. Saat metabolisme tubuh menjadi kacau, tubuh akan lebih sulit memproses makanan untuk menghasilkan energi. Akibatnya, terjadi penurunan massa otot dan tubuh menyimpan lapisan lemak lebih banyak.

    Itulah lima cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pinggul. Mendapatkan pinggul yang lebih kecil tidak terjadi dalam waktu singkat, sama seperti semua hal lain dalam hidup, konsistensi adalah kuncinya!


    Good luck!



    (Fariza Rahmadinna/GIO/Image:Doc. Photo by Olga Pozney on Pexels)