Fashion

Jenis dan Motif Blazer Yang Wajib Kamu Punya!

  by: Haninadhira Husaini       19/6/2022
  • Girls, kalau ingin membahas tentang perkembangan fashion perempuan, ah, tidak akan ada habisnya! Rasanya tak cukup untuk memiliki satu barang dari setiap jenis pakaian untuk memenuhi kebutuhan OOTD setiap hari. Yup, salah satu jenis pakaian yang tak cukup untuk hanya dimiliki satu adalah blazer.

    Well, blazer merupakan salah satu jenis pakaian yang sangat cocok untuk dipakai di berbagai kesempatan, mulai dari acara santai atau sekadar hang out bersama para bestie, hingga ketika kamu menghadiri acara formal.

    Nah untungnya, blazer hadir dengan berbagai macam jenis, motif dan warna yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan acara yang akan kamu hadiri. Berikut Cosmo ingin memberikan rekomendasi jenis blazer yang wajib ada di dalam lemari kamu. Let’s check it out!

    1.    Neutral color


    Hitam, putih, dan krem, merupakan pilihan warna netral yang paling aman dan pastinya paling mudah untuk kamu padu padan dengan warna lainnya. Blazer berwarna netral bisa menjadi pilihan yang paling gampang untuk kamu pakai ketika sedang ingin tampil lebih chic tetapi effortless.



    2.    Oversized


    Untuk yang satu ini cocok untuk semua bentuk tubuh, nih. Kamu yang bertubuh plus size atau petite akan terlihat sangat stylish ketika memadupadankan oversized blazer dengan outfit yang stylish. Tetapi untuk kamu yang memiliki tubuh petite, harus diimbangi dengan penggunaan celana yang lebih fit seperti celana pendek atau skinny jeans agar tidak tampak seperti ‘tenggelam’ di dalam outfit.


    3.    Plaid


    Plaid never go out of style! Motif klasik ini menjadi salah satu motif untuk blazer yang tak boleh terlewatkan. Kamu bisa padukan dengan t-shirt warna cerah untuk penampilan yang lebih playful atau dengan kemeja untuk tampilan yang lebih formal.



    4.    Single breasted


    Memiliki kerah dan disatukan dengan kancing di bagian perut, model blazer ini memiliki kesan formal ketika kamu pakai. Psst, jika kamu ingin menampilkan kesan semi-formal juga bisa, tinggal padu padankan dengan dress polos atau t-shirt berwarna terang seperti putih.

    5.    Crop


    Memiliki potongan yang pendek menggantung (biasanya di atas pusar), sehingga cocok digunakan untuk kamu yang bertubuh petite. Model crop blazer ini akan memberikan kesan tubuh yang tampak lebih tinggi dan kaki terlihat lebih panjang.


    (Haninadhira Husaini /DA/ Image: Dok. Néo Rioux, Aiony Haust, cottonbro, & Olga Zabegina on Pexels. Layout S. Dewantara)