Fashion

7 Style Korset yang Sedang Naik Daun

  by: Redaksi       19/6/2022
  • Salah satu item dalam berpakaian yang paling terkenal dalam sejarah adalah korset. Sebagai bagian dari fashion zaman dahulu kala, korset memiliki fungsi untuk membentuk tubuh menjadi lebih indah seperti ketika memakai kebaya atau pakaian ketat lainnya. Meskipun sudah mengalami banyak modifikasi dengan elemen-elemen modern yang cocok dengan era fashion di masa kini. Seni korset telah menghasilkan salah satu pakaian paling terkenal dalam sejarah, dengan warisan mode yang lebih dari 500 tahun.

    Korset telah populer di Eropa sejak abad ke-16 dan mencapai puncaknya pada era pemerintahan Ratu Victoria di Inggris. Kata 'corset' sendiri berasal dari bahasa Perancis yaitu 'korps' yang artinya tubuh kecil. Memang, korset sering disangka sebagai penghancur tulang, pembuat pingsan, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Akan tetapi, korset di tahun 2022 tidak lagi dibuat untuk membatasi atau mencapai beberapa tipe tubuh 'ideal’.

    Kembalinya korset ke tren fashion bisa dibilang dipengaruhi oleh popularitas serial Bridgerton dan The Crown yang menampilkan keadaan Eropa pada masa lampau. Korset ala Bridgerton dan The Crown memang lebih berwarna cerah dengan sentuhan metalik, serta motif yang edgy.



    Di sisi lain, tren korset juga muncul kembali dengan gemilang dari Met Gala tahun ini. Tema 'Gilded Glamour' edisi 2022 diramaikan oleh Billie Eilish, Sydney Sweeney, sampai The Hadids yang tampil glamor dengan korset.

    Inilah saatnya untuk mulai mengikuti tren. Yuk, kita cek beberapa model korset yang bisa Cosmo babes ikuti:



    1. Inner Strapless Corset



    Tidak lengkap rasanya apabila kita membicarakan korset tanpa menyebut Gigi Hadid. Gigi adalah salah satu model yang seringkali mengombinasikan tampilannya dengan berbagai jenis korset. Salah satu korset yang dikenakan Gigi adalah strapless corset ini. Pada Met Gala 2022 yang diselenggarakan di bulan Mei lalu, Gigi memadukan strapless corset ini dengan puffer yang bermodel oversize dan panjang sebagai outer-nya.


    2. Belt Strapless Corset



    Another style you can wear from strapless corset! Tentunya pemakaian belt pada gaun dan gamis bukanlah hal yang asing lagi. Cosmo babes bisa melakukan layering dengan strapless corset ketika mengenakan dress yang juga berfungsi sebagai ikat pinggang. Bukan hanya membuat tubuhmu terlihat lebih langsing, tetapi kamu juga bisa menambah kesan chic and glamour pada penampilan!


    3. Dress and Corset



    Selain serial Bridgerton dan tema Met Gala tahun ini, tengok paduan dress and corset yang dikenakan girl group Red Velvet saat comeback dengan lagu bertajuk Feel My Rhythm. Kelima member Red Velvet tampak cantik kala memadupadankan gaun putih dengan bagian rok yang mengembang ditambah corset with strap. Untuk fashion statement yang lebih klasik, kamu dapat memilih model korset yang dikenakan Red Velvet ini, dengan pita yang menghiasi bagian depan korset.


    4. Sporty Looks Corset



    Tampil sporty dengan atasan korset bukanlah hal mustahil. Mara Corset dari brand Miaou ini cocok apabila dipadankan dengan jeans, oversized baggy pants, ataupun jogger pants. Selayaknya tank top, korset ini juga layak dikenakan dengan wide leg pants atau celana lebar yang sempat tren di tahun 80 dan 90-an. Berkat potongan yang lebar, celana ini memberi kesan ramping pada siluet pemakainya. Apalagi ketika Cosmo babes mengenakan chunky shoes ataupun sneakers, dijamin membuat tampilan semakin modis! Di balik korset, kamu juga bisa memakai kaos lengan pendek maupun panjang jika tidak mau tampil terlalu terbuka ya, babes.


    5. Plaid Corset



    Mungkin korset lebih banyak dikorelasikan dengan fashion yang elegant, glamour, maupun sexy. Akan tetapi, ternyata salah satu fashion item ini juga bisa memberikan kesan yang cute lho. Seperti Jisoo Blackpink yang memadukannya dengan plaid skirt, kamu juga dapat memilih korset bermotif kotak-kotak dan atribut lainnya yang juga bermotif kotak-kotak.


    6. Denim Corset



    Bukan hanya plaid atau motif kotak-kotak, tetapi korset juga cocok apabila dipadukan dengan denim atau jeans. Cosmo babes juga dapat menemukan korset dengan bahan denim, seperti yang dikenakan Ive pada single mereka yang berjudul Love Dive.




    7. Hijab Style Corset



    Tren fashion ini juga bisa dikenakan oleh kamu yang mengenakan hijab ya, girls. Kenakan manset kaos atau turtleneck sebagai inner, kemudian lakukan layering dengan korset favoritmu. Kombinasikan dengan blazer, celana denim, dan hijab hitam untuk tampilan yang elegan.


    Bagaimana Cosmo babes? Tertarik untuk mengeksplor beragam style dengan korset?


    (Fishya Elvin/Images: Photo by @gigihadid on Instagram, Photo by @haileybieber on Instagram, Photo by @_imyour_joy on Instagram, Photo by @mariaalia on Instagram, Photo by @sooyaaa__ on Instagram, Photo by @ivestarship on Instagram/Layout: Rhani Shakurani)