Better You

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur Supaya Bangun Lebih Fresh!

  by: Redaksi       20/6/2022
  • Menyenangkan sekali bukan apabila kita terbangun di pagi hari dengan perasaan segar dan penuh energi? Bisa dipastikan hal tersebut adalah hal yang paling diidam-idamkan oleh semua orang karena akan berhubungan dengan mood kita selama satu hari penuh. Selain itu, perasaan segar ketika bangun tidur juga akan berpengaruh pada produktivitas kita nantinya.

    Agar bangun tidur dengan kondisi yang lebih fresh, faktanya kita juga harus memperhatikan rutinitas sebelum untuk mewujudkannya. Jangan lupakan juga kita harus membentuk pola hidup yang sehat, meskipun terkadang melelahkan. Rutinitas tersebut dapat dimulai dengan aktivitas yang paling sederhana yakni menetapkan waktu tidur dan waktu bangun tidurmu setiap hari.

    Dengan ini, tubuhmu akan dilatih untuk tidur sesuai waktu, begitu juga kapan kamu harus terbangun seperti biasa! Oleh karena itu, terdapat beberapa metode yang bisa Cosmo babes ikuti. Perlu diingat, bahwa kamu tidak perlu melakukan semuanya. Cukup pilih aktivitas yang dapat kamu lakukan ya, babes!




    1. Jauhi handphone saat menjelang tidur!





    Eits! Jangan menyerah di langkah pertama ini ya, babes! Memang sulit, tetapi kamu bisa membangun kebiasaan tersebut dari waktu ke waktu kok. Selain handphone, kamu juga harus menghindari pengunaan teknologi lainnya seperti laptop, komputer, televisi, dan lain-lain.

    Fun fact: penelitian mengatakan bahwa browsing social media itu menstimulasi otak untuk terus terjaga.

    Akan tetapi, yang paling berbahaya adalah sinar radiasi dari elektronik itu sendiri. Sinar dari handphone yang disebut dengan blue lights menstimulasikan otak bahwa hari sudah pagi dan harus tetap beraktivitas. Oleh karena itu, usahakan simpan peralatan elektronik di ruangan yang berbeda dengamu ya, babes!


    2. Persiapkan kebutuhanmu untuk esok hari




    Siapa yang sering terbangun di pagi hari dengan perasaan terkejut karena belum mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pagi harinya? Nah, kamu harus mulai mempersiapkan semua hal yang kamu butuhkan dari malam harinya ya, girls! Mulai dari pakaian apa yang kamu kenakan, sampai tas yang akan kamu bawa beserta barang-barang di dalamnya.

    Hal-hal tersebut akan memudahkanmu untuk memulai hari. Karena kamu pasti tidak mau kan pagi harinya berantakan karena persiapan yang terburu-buru? Mempersiapkan segalanya dari malam juga akan meringankan kepalamu sehingga kamu bisa tidur dengan lebih nyenyak. Trik ini dapat menyelamatkan waktu berhargamu dan kekhawatiranmu!


    3. Lakukan relaksasi




    Sebelum tidur, pastikan tubuhmu sudah relaks dengan melakukan hal-hal yang dapat meringankan pikiranmu serta meregangkan otot-ototmu. Salah satu yang bisa kamu coba adalah mandi dengan waktu yang lama.

    Akan tetapi, ini bukan berarti kamu membuat antrian yang panjang di kamar mandimu ya, babes! Jangan lupa, gunakan air hangat untuk membasuh tubuhmu. Mandi dengan air hangat membantu agar temperatur tubuhmu naik dan dapat memperlambat detak jantung, pernafasan, dan pencernaan yang dapat mengantarkanmu untuk tidur dengan lebih nyenyak.


    4. Makan dan minum secara teratur




    Mungkin sebagian dari Cosmo babes senang makan malam dengan porsi yang besar. Ternyata, hal tersebut adalah hal yang tidak baik karena akan membuat sistem pencernaanmu bekerja di saat tubuhmu beristirahat. Selain makan, minum cairan banyak-banyak sebelum tidur juga bukan ide yang bagus! Setidaknya, jangan makan atau minum tiga jam sebelum tidur ya!

    Namun, perlu Cosmo babes catat beberapa makanan yang dapat membuat tidurmu menjadi lebih berkualitas. Pertama adalah kacang-kacangan dan buah ceri yang mengandung melatonin sehingga seseorang lebih mudah jatuh tertidur. Selada yang mengandung lactucarium dapat menambah kualitas tidur pula. Pisang yang mengandung zat potassium dan magnesium dapat mengurangi keram pada otot yang biasanya terjadi saat tidur. Terakhir, ada ikan tuna dengan vitamin B6 nya untuk memproduksi serotonin dan melatonin.

    Terlepas dari itu, terdapat beberapa makanan yang bisa kamu hindari juga. Zat kafein yang biasa didapatkan di kopi, soda, teh, dan cokelat bisa menyulitkanmu untuk tertidur yang pengaruhnya dapat mencapai 10 jam. Selain itu, makanan-makanan yang asam juga dapat menyerangmu ketika tidur, karena memberikan sensasi terbakar di kerongkongan maupun lambung.

    Terakhir, jangan lupa untuk menghindari alkohol untuk tidur yang lebih berkualitas.




    5. Atur tempat tidurmu dalam posisi nyaman




    Ada banyak cara agar kamu mendapatkan tidur yang nyaman dengan durasi yang lama. Usahakan kamar tidurmu dalam kondisi yang gelap, sunyi, dan dingin. Sumber cahaya sekecil apapun seperti jalan di depan rumahmu yang diterangi lampu jalan juga harus ditutupi, jadi gunakanlah tirai yang akan membuat ruanganmu gelap total. Sinar-sinar dari barang elektronik seperti jam digital, televisi, dan lain-lain juga harus kamu hindari.

    Untuk mendapatkan durasi tidur yang tepat, kamu dapat tidur di kamar yang gelap dan sunyi. Bahkan, apabila jalan di depan rumahmu banyak penerangan lampu jalan, tutup jendelamu dengan tirai sampai sepenuhnya gelap. Begitu juga sinar-sinar dari barang elektronik lainnya seperti jam, televisi, dan lain-lain. Gunakan penutup telinga untuk tidur.

    Cosmo tips: Kamu bisa menggunakan sleep mask dan ear plug untuk menghalau cahaya dan suara yang membuat tubuhmu tetap terjaga di waktu tidur.

    Panjang atau tidaknya waktu tidurmu akan berpengaruh pada segar atau tidaknya kamu ketika terbangun dari tidur. Usahakan tidur dengan konsisten di waktu yang sama berturut-turut, setidaknya 7-9 jam seharinya. Hindari bangun di tengah malam!

    Untuk menambah kenyenyakan saat tidur, gunakanlah bantal yang benar-benar cocok agar nyaman ketika digunakan. Ada kualitas memang ada harga ya babes, but trust us it is worth to buy!


    Untuk mendapatkan hidup yang berkualitas, maka kamu harus mendapatkan waktu tidur yang berkualitas pula. Mengawali hari dengan segar dan penuh energi akan menambah produktivitasmu selama satu hari penuh. Hal tersebut pantas untuk diusahakan, bukan? Ketika bangun tidur nanti, bukalah jendela untuk membasuh tubuhmu dengan sinar matahari, jangan lupa berolahraga, dan menghindari tidur siang yang panjang, ya! Selamat menyambut pagi hari yang lebih bersemangat, girls!


    (Fishya Elvin/Images: Photo by Pixabay on Pexels, Photo by Liza Summer on Pexels, Photo by Monstera on Pexels, Photo by Tugay Aydin on Pexels, Photo by Cottonbro on Pexels/Layout: Rhani Shakurani)