Lifestyle

Fakta-fakta Sekuel Terbaru ‘Jurassic World: Dominion’

  by: Redaksi       20/6/2022
  • Babes, setelah menunggu kurang lebih empat tahun sejak 2018, Jurassic World merilis sekuelnya di tahun 2022 dengan tajuk Jurassic World: Dominion. Berhubungan dengan film sebelumnya, Jurassic World: Fallen Kingdom, film ini menceritakan karakter yang sama, yakni Owen Grady yang diperankan oleh Chris Pratt dan Claire Dearing yang diperankan oleh Bryce Dallas Howard. Sekuel terbaru Jurassic World ini telah tayang di Indonesia sejak 7 Juni 2022 dengan klasifikasi minimal usia menonton 13 tahun ke atas.

    Meskipun memiliki perubahan karakter yang sudah tidak asing bagi penggemar Jurassic Park yang pertama kali rilis tahun 1993, film ini tetap diminati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Jika anak-anak ingin menonton Jurassic Park untuk melihat dinosaurus (of course, siapa yang tidak suka dinosaurus saat kecil?), orang dewasa kebanyakan datang karena memang ingin bernostalgia masa kecil maupun masa remaja mereka yang diwarnai oleh trilogi Jurassic Park.

    Berkat banyaknya penggemar sekuel Jurassic World, film ini akan menjadi topik yang sangat menyenangkan untuk didiskusikan dengan teman nontonmu atau sesama penggemar sekuel ini. Berikut beberapa fakta sekuel terbaru Jurassic World yang sudah Cosmo rangkum untukmu. Seperti biasa, hati-hati dengan spoiler ya, girls!




    1. Setting waktu adalah empat tahun setelah kejadian sebelumnya




    Film ini mengambil latar waktu empat tahun setelah kejadian yang menimpa pulau Isla Nublar, yang terletak di lepas pantai Pasifik dari Kosta Rika. Hal tersebut merupakan jalan cerita dari film sebelumnya, yakni Jurassic World: Fallen Kingdom. Uniknya, ini adalah timeline waktu yang sama dengan dunia kita lho, babes! Sejak terakhir rilis di 2018 lalu, kini Jurassic World kembali lagi di tahun 2022.

    Pada bagian awal film ini, diceritakan bahwa kini dinosaurus sudah hidup berdampingan dengan manusia. Tentunya, tidak semua, ya... masih ada juga dinosaurus yang tergolong liar. Bahkan, diceritakan juga bahwa sekarang dinosaurus sudah menjadi objek penjualan gelap. Intinya, kehidupan manusia dengan dinosaurus sudah cukup harmonis.

    Di samping itu, film ini juga menggambarkan kehidupan Owen Grady dan Claire Dearing seusai berhasil keluar dari Jurassic World di Isla Nublar. Diceritakan bahwa Owen dan Claire kini mengasuh anak angkat bernama Maisie Lockwood yang diperankan oleh Isabella Sermon, yang ternyata memiliki hubungan erat dengan peradaban dinosaurus di masa kini. Mereka bertiga tinggal di sebuah rumah kayu yang sederhana di tengah hutan dengan bahagia, sebelum akhirnya masalah mengusik mereka.


    2. Kembalinya tokoh-tokoh dari masa lalu



    Tentu sebagai penggemar maupun hanya sebagai orang yang pernah menonton Jurassic Park, kamu pastinya tidak sabar menyambut sekuel terbaru ini berkat hadirnya tokoh-tokoh legendaris Jurassic Park di sekuel terbaru Jurassic World: Dominion. Tokoh-tokoh tersebut juga sudah dihadirkan sejak trailer Jurassic World: Dominion pertama kali dirilis pada Bulan April, seperti Alan Grant, Ellie Sattler, sampai Ian Malcom. Karakter-karakter ini legendaris dan tentunya ditunggu-tunggu oleh penggemar Jurassic Park karena gaya dan karakter mereka yang sangat ikonis sejak Jurassic Park.


    3. Jalan cerita yang cukup tertebak



    Untuk Cosmo babes yang sudah menonton film ini, apakah kamu juga merasakan hal ini pula? Jalan cerita Jurassic World cenderung repetitif dengan film-film sebelumnya. Semenjak Jurassic World (2015), Fallen Kingdom (2018), dan Dominion (2022), sekuel film ini memiliki jalan cerita yang cukup tertebak.

    Seperti yang pastinya Cosmo babes ketahui, alur dari sekuel-sekuel Jurassic World ini berawal dari orang-orang kaya yang memiliki perusahaan besar dan mau menguasai dunia. Akhirnya mereka bekerja sama dengan ilmuwan untuk menciptakan spesies dinosaurus baru yang bisa memajukan atau malah menghancurkan dunia. Apabila Cosmo babes mengikuti film ini dari awal, pasti kamu menyadari bahwa Alan Grant sudah memperingatkan dunia mengenai keberadaan orang-orang yang hendak menjadi Tuhan ini.

    Selain motif dari film yang repetitif, adegan pertarungan dinosaurus yang biasa diselipkan di akhir film juga bisa kamu antisipasi. Adegan tersebut adalah ketika kedua pemegang rantai makanan teratas bertarung, di mana biasanya sang spesies baru akan melawan T-rex. Guess who is the winner? Yup, pemenangnya pasti adalah dinosaurus kedua teratas rantai makanan, yakni T-rex. Selain itu, ketika kedua dinosaurus ini bertarung, akan ada intervensi dari dinosaurus lain yang menjadi kunci kemenangan untuk Sang T-rex.


    4. It’s not that scary!



    Masih berhubungan dengan jalan cerita yang repetitif, film ini seakan menyambungkan semua kebetulan. Memang, film ini bertemakan science fiction yang memungkinkan apapun bisa saja terjadi. Namun, bagi orang dewasa yang menyaksikannya, pasti akan terlintas di pikiranmu bahwa beberapa adegan tidak mungkin sekali terjadi. Hmm, bisa Cosmo babes tebak adegan apa sajakah itu?

    Maka dari itu, “kebetulan” ini justru membuat penonton tidak tegang saat sedang menontonnya. Berbeda dengan rangkaian adegan yang terjadi di Jurassic Park maupun Jurassic World sebelumnya, kebanyakan tokoh bisa ditebak akan selamat.


    5. Tokoh yang muncul dan menghilang secara tiba-tiba





    Film ini menghadirkan banyak tokoh-tokoh lama maupun baru yang menarik, hanya saja screen time mereka sangat sedikit sehingga cenderung disia-siakan. Semua hal-hal penting kebanyakan hanya dilakukan oleh Alan dan Ellie. Meskipun Ian juga berperan sebagai kunci, tetapi ketika ketiga tokoh lawas ini sudah berhasil diperkenalkan dengan elemen surprise, kelanjutannya tidak begitu berkesan karena adegannya yang terlalu biasa.

    Masih ingat dengan tokoh perempuan yang berperan sebagai pembunuh bayaran? Para penculik Maisie? Mereka tidak terlalu berperan banyak setelah dimunculkan dan hilang begitu saja.


    Kesimpulannya, Jurassic World: Dominion cocok untuk menjadi film yang ditonton oleh kalangan anak-anak. Namun, untuk Cosmo babes yang sudah menggemari film ini dari awal dan menunggu-nunggu sekuel terbarunya, mungkin akan sedikit merasa kecewa. Tentunya, membawa nama “Jurassic” sendiri pun memang berat, karena penggemarnya tidak hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa yang sudah mengikuti seri film ini sejak awal.

    Bagaimana pendapatmu mengenai sekuel terbaru Jurassic World ini? Untuk kamu yang belum menonton, jangan lewatkan untuk saksikan filmnya di bioskop, ya!


    (Fishya Elvin/Images: Photo by @jurassicworld on Instagram/Layout: Severinus Dewantara)