Better You

Ini 10 Makanan Terbaik Untuk Hidrasi Kulit!

  by: Redaksi       22/6/2022
  • Merawat kesehatan diri tentunya adalah hal yang penting, apalagi kesehatan kulit kita. Banyak yang mengira bahwa merawat kulit hanya dapat kita lakukan lewat penggunaan produk skin care yang mahal. Tapi ternyata ada banyak cara untuk menjaga kulit kita, lho selain sebatas menggunakan skincare. Salah satunya adalah dengan memastikan kebutuhan hidrasi kulit kita terpenuhi, karena apabila kulit terhidrasi dengan baik, secara otomatis skin barrier kita akan menjadi lebih kuat. Dengan skin barrier yang kuat, kulit akan lebih terjaga dari polusi dan mengurangi kerentanan kulit terhadap iritasi. Selain itu, kulit pun akan terlihat lebih lembut dan elastis dengan healthy glow yang khas!

    So, interested to know more? Simak terus artikelnya!

    1. Buah Kelapa

    Buah yang satu ini memang sudah sering diperbincangkan sebagai salah satu perawatan kulit yang paling bermanfaat untuk meningkatkan hidrasi kulit, biasanya dalam bentuk minyak kelapa. Namun ternyata, memakan buah kelapa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kamu. Karena buah kelapa mengandung banyak lemak sehat serta agen antibakteri natural yang dapat membantu mengurangi jerawat meradang sambil meningkatkan hidrasi kulitmu!




    2. Buah Alpukat



    Ada alasan baik mengapa buah alpukat sering diperbincangkan di antara komunitas kesehatan, dan kamu pun selalu mendengar pujian seputar nutrisi buah alpukat. Nyatanya buah alpukat memiliki kandungan dari beberapa lemak sehat, protein, dan vitamin yang dapat mendorong produksi elastin serta memperkuat struktur kolagen kulitmu. Selain itu, kandungan lemak sehat yang cukup tinggi di dalam buah alpukat dapat melembapkan kulit agar menjadi lebih halus dan elastis.


    3. Ubi Manis

    Selain mengenyangkan dan lezat, mengonsumsi ubi manis ternyata dapat membantu memperbaiki kulit kering, lho! Ubi manis memiliki kandungan Vitamin A yang relatif tinggi di sekitar 1,403 mcg dalam satu sajian. Vitamin A ini dapat membantu proses peremajaan kulit dan mengurangi kulit kering yang bersisik. Selain itu, ubi manis juga memiliki kandungan Vitamin C yang dapat membantu mengakselerasi produksi kolagen secara natural di kulitmu!


    4. Paprika Merah Manis


    Sayur dengan rona merah terang ini memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, sekitar 95 milligram dalam hitungan setengah cup paprika merah manis. Oleh karena itu, sayur ini dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit secara signifikan dan melindungi kulitmu dari sinar UV yang berbahaya.

    5. Plant-Based Milk


    Plant-based milk adalah sejenis minuman yang terbuat dari berbagai macam kacang-kacangan yang belakangan ini sedang cukup populer di komunitas kesehatan karena rasanya yang creamy dan bernutrisi untuk tubuh. Susu plant-based yang terbuat dari kacang soya, almond, dan oat memiliki kandungan Vitamin D yang tinggi sehingga dapat mengurangi peradangan di kulit dan menjaga tingkat kelembapannya.


    6. Sayur Wortel

    Wortel memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, dan vitamin ini sangat penting untuk menjaga tingkat hidrasi dan kelembapan kulit karena merupakan salah satu prekursor untuk produksi kolagen di dalam kulitmu. Dan seperti yang kita ketahui, kolagen merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit. Selain itu, wortel juga mengandung Vitamin A yang dapat membantu mencegah kulit keriput dan warna kulit yang tidak merata. Karena Vitamin A yang ditemui di sayur wortel dapat merangsang sel Fibroblas yang bertanggung jawab untuk memproduksi jaringan kulit yang dapat menjaga kesehatan kulit.


    7. Ikan Salmon


    Salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk melawan kulit kering dan mengembalikan hidrasi kulit, karena ikan salmon penuh dengan lemak omega-3 yang dapat memperkuat sel kulit dan bahkan melindungi kulit dari penyakit kanker, serta mengurangi terjadinya inflamasi. Omega-3 juga dapat membantu menjaga elastisitas kulit serta memastikan kulitmu tetap kencang!

    (Ameina Dewi /GD/ Images from Freepik @Racoolstudio, @jcomp, @azerbaijanstockers, @8photo dan @freepik/ Layout: Rhani Shakurani)