Lifestyle

Polusi Udara Jakarta Terburuk? Ini Kata Anies Baswedan

  by: Haninadhira Husaini       22/6/2022
  • Girls, apakah kamu tahu bahwa beberapa waktu yang lalu kualitas udara Jakarta menjadi peringkat pertama terburuk di dunia? Yup, kualitas udara Jakarta dinyatakan tidak sehat beberapa hari terakhir sejak hari Jumat tanggal 17 Juni 2022. Menurut data AQI kandungan polutan PM2.5 di udara Jakarta mencapai 97 µg/m3. Angka tersebut nyaris 20 kali lipat lebih tinggi dari batas aman yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 5 µg/m3.

    Nah, kemarin, broadcaster Cosmopolitan Radio, Cindy Lauw, berkesempatan melakukan wawancara eksklusif bersama Gubernur DKI Jakarta, bapak Anies Baswedan, untuk membahas ketika ada satu hari di mana kualitas udara di Jakarta yang dinyatakan menjadi peringkat pertama terburuk dan bagaimana untuk mengatasi polusi udara tersebut.

    Let’s find out!

    1.    Mengurangi kegiatan yang punya efek emisi

    Well, aktivitas di luar rumah termasuk WFO sudah mulai diberlakukan oleh hampir seluruh perusahaan di Jakarta maupun di luar Jakarta. Pak Anies mengatakan bahwa kalau kualitas udara Jakarta itu buruk sepanjang waktu 2 bulan setiap harinya, maka ada sesuatu yang salah di kota kita, “ada satu hari di mana kualitas udara di Jakarta mendadak menjadi terburuk” tambahnya.

    Maka dari itu Gubernur DKI Jakarta menyarankan kita untuk mengurangi kegiatan yang punya efek emisi seperti misalnya ketika biasanya berangkat kerja menggunakan kendaraan pribadi, bisa diganti dengan naik transporasi publik.

    2.    Memberikan insentif pajak

    Pak Anies mengatakan bahwa ia telah memberikan insentif pajak untuk kendaraan listrik. Hal ini dibutuhkan agar dapat menarik masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik sehingga akan menguntungkan untuk sisi kelestarian lingkungan.



    3.    Pengawasan kepada beberapa tempat

    Tak hanya mengurangi kegiatan, tetapi pak Anies juga mengawasi beberapa tempat yang mempunyai emisi seperti pabrik atau industri. Selain itu, pak Anies juga mengatakan bahwa ada uji emisi kepada knalpot kendaraan pribadi yang telah dilakukan beberapa lama ini.




    Berhubungan dengan perayaan ulang tahun DKI Jakarta yang ke 459, Cosmo ingin mengajak kamu untuk mulai mengurangi kegiatan yang menyebabkan peningkatan emisi dengan menggunakan transportasi publik untuk bepergian. Yuk, kita bangun kota Jakarta agar semakin ramah lingkungan!



    (Haninadhira Husaini / Image: Dok. Layout, S. Dewantara)