Love & Sex

Cara Menaklukkan Si Love Language ‘Physical Touch’

  by: Redaksi       22/6/2022
  • Cosmo babes, ada banyak cara bagi kamu untuk menunjukkan perasaan cintamu pada orang tersayang. Mulai dari memuji penampilannya ketika ia terlihat berpakaian rapi saat hendak kencan denganmu, memberikannya bunga pada saat perayaan tahun jadianmu, sampai menjemputnya ketika ia pulang dari tempat kerjanya. Masing-masing orang memiliki cara dan kesukaannya sendiri untuk memberikan dan menerima cinta, dan hal itulah yang kemudian disebut sebagai love language, atau bahasa cinta.

    Seperti yang kamu ketahui, sudah beberapa love language Cosmo bahas untuk kamu yang mau menjalin hubungan lebih intens bersama pasangan (jangan lupa cek beberapa artikel dari Cosmo tentang words of affirmation, receiving gifts, sampai acts of service ya, babes!)

    Kali ini, giliran love language ‘physical touch’ yang akan kita bahas bersama. Kira-kira, seperti apa seseorang dengan love language physical touch ini?





    1. Memilih ekspresi fisik dibanding ekspresi lainnya




    Untuk Cosmo babes yang sudah mengikuti beberapa artikel Cosmo mengenai love language sebelumnya, kamu pasti tahu ‘The 5 Love Languages’ oleh Dr. Gary Chapman. Berdasarkan sumber itu, love language atau bahasa cinta disebutkan terdiri dari lima bahasa, dan salah satunya adalah physical touch atau sentuhan fisik.

    Kelima bahasa cinta itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, karena setiap orang memberikan dan menerima cinta dengan cara yang berbeda pula. Oleh karena itu, kamu bisa mencari tahu love language dirimu dan pasangan untuk menemukan kiat-kiat menaklukkan cintanya! Untuk orang-orang dengan love language physical touch, maka kamu harus memahami terlebih dahulu bahasa cinta ini. Kalau bahasa cintamu adalah physical touch, tandanya kamu lebih memilih ekspresi cinta dengan fisik ketimbang mengekspresikan cinta dengan cara lainnya, seperti pujian atau hadiah.


    2. Tidak selalu berkaitan dengan seks




    Ini adalah salah satu kesalahpahaman yang sering dialami orang lain terhadap seseorang dengan love language physical touch. Pahamilah bahwa bahasa cinta ini tidak selamanya berhubungan dengan seks. Dalam love language physical touch, pelukan, genggaman tangan, sampai ketika kamu menepuk-nepuk pundak pasanganmu, akan terasa sama bermaknanya dengan kontak fisik yang lain.

    Oleh karena itu, ketika kamu menjalin hubungan tanpa seks, hal tersebut bukanlah suatu kendala yang besar bagi seseorang dengan love language ini.


    3. Bisa juga dilakukan dalam hubungan jarak jauh




    Tentunya, kita bisa mengesampingkan seks yang meskipun penting dalam suatu hubungan, tetapi seks bukanlah satu-satunya cara untuk menyatakan cinta dalam hal fisik. Kita bisa menggantinya dengan berpelukan misalnya, yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan melepas oxytocin yang membuat seseorang merasa nyaman. Namun, bagaimana dengan pasangan-pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh? Pasti Cosmo babes mempertanyakan bagaimana nasib kita yang memiliki love language ini ketika berhubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR).

    Ketika berpelukan, berciuman, dan berpegangan tangan bukanlah suatu opsi untuk pejuang hubungan jarak jauh, kamu tetap dapat mengekspresikan cintamu melalui video chat. Hal yang terpenting dalam video chat ini adalah body language pasangan. Ketika kamu sedang melakukan video chat dengan pasanganmu, pastikan curahkan perhatianmu sepenuhnya dengan berpindah ke tempat yang sunyi, matikan elektronik lainnya, dan lakukan kontak mata. Mengapa demikian? Hal-hal tersebut adalah bentuk dari body language untuk membuktikan bahwa kamu ‘berada di sana’.

    Cosmo tips: Cobalah rencanakan video date dari jauh-jauh hari. Tentukan hari dan waktunya mengenai kapan kamu mau berada di ‘tempat yang sama’ dan melakukan apapun seperti saat kamu tidak sedang LDR. Ini bisa berarti tetap berpakaian rapi seakan kalian hendak pergi kencan, memasang lilin, menyiapkan makan, dan masih banyak lagi.


    4. Wujudnya yang bermacam-macam




    Ini dia berbagai wujud physical touch yang bisa kamu lakukan untuk pasanganmu:

    - Ciuman. Berciuman adalah salah satu tindakan paling basic dalam love language physical touch ini. Di berbagai negara, ciuman juga diketahui sebagai bentuk-bentuk afeksi, sapaan, sampai penghormatan. Ciuman dapat dilakukan pada suatu hubungan yang romantis maupun tidak.

    - Pegangan tangan. Bisa dilakukan di mana saja, lagipula siapa yang tidak pernah melihat sepasang kekasih berpegangan tangan di taman, mall, atau tempat publik lainnya? Ini merupakan tindakan paling sederhana untuk mudah melepaskan endorphins yang dapat meningkatkan mood-mu. Kamu dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja. Selain meningkatkan keintiman, kamu juga dapat membuat pasanganmu merasa ‘aman’ dengan berpegangan tangan.

    - Pelukan. Berpelukan tidak hanya berbentuk sama-sama melingkarkan tangan ke punggung, pinggang, ataupun leher, tetapi juga termasuk rangkulan, maupun pelukan dari belakang.

    - Skin-to-skin touching. Pada intinya, love language physical touch juga termasuk pada tindakan sederhana menyentuh pasanganmu secara skin-to-skin, atau bersentuhan kulit. Kamu juga dapat menunjukkannya dengan mengusap rambut pasanganmu, memijat kaki, dan masih banyak lagi cara menunjukkan perasaan cintamu.



    - Mengusap punggung. Tindakan ini biasa dilakukan ketika seseorang sedang sedih, biasanya kita reflex mengusap atau menepuk punggungnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan sinyal pada pasangan bahwa kamu akan selalu ada untuk mereka dan kamu mencintainya. Pastikan mereka nyaman dengan bagian tubuh apapun yang kamu sentuh ya, babes.

    - Duduk berdampingan. Duduk berdekatan atau berdampingan dengan pasanganmu adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk memberikan sinyal pada mereka bahwa kamu mencintainya. Duduk dengan kaki bersentuhan adalah cara nonverbal untuk menyatakan cinta pada pasanganmu.

    - Bergelitik. Beberapa orang mungkin tidak suka untuk digelitik, tetapi ini juga merupakan salah satu bentuk menyatakan cinta secara fisik.


    5. Bisa mengekspresikan cinta tanpa kata-kata




    Ini adalah salah satu keuntungan bagi kamu yang memiliki love language physical touch. Kamu dapat mengekspresikan cinta tanpa kata-kata, ataupun memberikan hadiah berupa barang. Ketika kamu tengah berada di sebuah perdebatan dengan pasanganmu, cara paling mudah untuk kembali adalah memberikan afeksi melalui fisik. Mungkin beberapa dari kamu kesulitan berkata-kata untuk mencoba berbaikan kembali, sehingga physical touch bisa menjadi solusi.

    Menyentuh pasanganmu secara fisik mungkin dapat menjadi cara paling efektif dalam menjalin hubungan yang lebih erat dengan pasangan. Gestur-gestur sederhana yang sudah dijelaskan di atas dapat dengan mudah melepaskan tensi atau beban stress dalam diri pasangan.

    Sometimes the simplest acts of love are the most impactful, especially when it comes to physical touch.


    (Fishya Elvin/Images: Photo by Dziana Hasanbekava on Pexels, Photo by Budgeron Bach on Pexels, Photo by Anete Lusina on Pexels, Photo by Uriel Mont on Pexels, Photo on Pexels/Layout: Severinus Dewantara)