COSMOPOLITAN PLAYLIST00:00 - 06:00    
NOW PLAYING

Cara Mengatasi Rasa Kecewa yang Ampuh

BY HANINADHIRA HUSAINI 25 Jun 2022
Cara Mengatasi Rasa Kecewa yang Ampuh

Merasakan kecewa merupakan hal yang cukup sulit untuk dihindari. Rasa kecewa bisa hadir saat sesuatu yang diinginkan tidak terjadi, atau bahkan sesuatu yang tidak diinginkan tiba-tiba terjadi. Namun, jangan sampai rasa kecewa itu membuat kamu merasa tak berdaya sehingga menjadi lemah.

Nah, agar rasa kecewa tidak lagi membebani pikiranmu, Cosmo ingin memberikan beberapa cara untuk mengatasi rasa kecewa yang bisa kamu coba. Yuk, simak!

1.    Terima dengan lapang dada

Cosmo tahu, terkadang sulit untuk menerima kenyataan atas sesuatu hal yang kita tidak inginkan terjadi. Namun perlu diingat, bahwa bukan hanya kamu yang pernah mengalami rasa kecewa. Sehingga kamu perlu menerima dengan lapang dada dan menjadikan pengalaman buruk yang kamu alami sebagai sebuah pelajaran hidup yang bisa kamu hindari di kemudian hari.

Sesulit apapun yang kamu jalani, kamu perlu ingat bahwa di luar sana mungkin juga mengalami hal yang sama atau bahkan lebih sulit dari yang kamu rasakan. Well, you need to accept it.

2.    Fokus kepada hal baik

Girls, nobody’s perfect. Akan selalu ada kekurangan yang terjadi di dalam hidup kita yang pada akhirnya membuat muncul perasaan kecewa terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain. Merupakan hal yang wajar ketika hidup tidak selalu berjalan mulus sesuai yang diinginkan. Namun ketika perasaan kecewa itu hadir di dalam diri, kamu bisa coba untuk lebih fokus kepada sisi positif di balik hal tersebut.

Ketika kamu sudah bisa mengendalikan diri untuk fokus kepada hal baik yang terjadi di dalam hidup kamu, kamu akan bisa lebih mudah untuk menerima keadaan serta memotivasi kamu untuk mencapai harapan yang belum terwujud.

3.     Hindari membalas dendam

Ketika kamu merasa kecewa atas apa yang orang lain perbuat, jangan pernah berpikir untuk membalas dendam. Bukan hanya tak akan mengatasi rasa kecewamu, tetapi kamu juga akan membuat orang lain terluka.

Pernahkah kamu mendengar bahwa ketika kita berbuat baik dengan orang lain, kita juga akan mendapatkan hal yang sama? Yup, begitu juga sebaliknya, ketika kita berprilaku buruk terhadap seseorang, kita juga akan mendapatkan balasannya. Percaya, deh!

4.    Jangan menyalahkan diri sendiri

Perasaan kecewa adalah hal yang wajar, dear. Jadi jangan pernah berpikir bahwa kekecewaan yang kamu rasakan itu karena kesalahan yang terjadi di dalam dirimu atau karena kekuranganmu.

Semua orang itu tidak ada yang luput dari kesalahan, kok! Terima segala kekurangan dan kesalahan yang kamu miliki, jadikan semua itu pelajaran untuk menjadi lebih baik lagi. Ingat, menyalahkan diri sendiri hanya akan membuat dirimu semakin merasa kecewa.

5.    Jangan bergantung pada orang lain

Percaya atau tidak, perasaan kecewa yang kita rasakan sebagian besar muncul akibat kita terlalu berekspektasi terhadap seseorang. Lalu ketika orang lain bersikap tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita akan merasa seperti dikhianati. Padahal bisa jadi, orang lain tidak bermaksut untuk membuat kita bergantung kepada apa yang mereka lakukan.

Maka dari itu, sebaiknya kita hindari untuk menaruh harapan kita terhadap orang lain. Karena seperti yang kita ketahui, sifat manusia itu akan terus berubah. Sehingga yang orang lain lakukan hari ini, belum tentu akan dilakukan kembali pada esok hari.


(Haninadhira Husaini / Image: Dok. Layout: Rhani Shakurani)

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE