Lifestyle

Kenali Costume Makeup yang Semakin Trendy di Media Sosial

  by: Redaksi       24/6/2022
  • Jika kamu merupakan pengguna media sosial Instagram atau TikTok, kamu pasti sering melihat hasil dari tren yang tiada habisnya ini. Apalagi kalau bukan costume makeup?




    1. Awal mula costume makeup





    Apa sih sebenarnya costume makeup itu? Mengapa dinamakan costume makeup? Costume makeup adalah keahlian seseorang dalam menggunakan makeup untuk mengedepankan fashion demi menghasilkan costume makeup yang fantastis.

    Dikutip dari Nylon, costume makeup merupakan pelengkap bagi para penampil ataupun penari agar lebih maksimal dan mencerminkan tokoh yang dibawakan dengan lebih baik. Namun, sejak viralnya Lathi Challenge pada tahun 2020 di TikTok dan Instagram, costume makeup menjadi lebih populer dan berhasil menjangkau kalangan umur dan tujuan yang lebih luas.

    Jika Cosmo babes scrolling dalam tagar Lathi Challenge, kamu bisa melihat karya costume makeup banyak orang dengan mengenakan baju tradisional Indonesia, sebelum akhirnya transisi ke penampilan yang cenderung horor.

    Kini, costume makeup juga bukan hanya dilakukan oleh penampil ataupun penari. Costume makeup dikenakan pada acara-acara tertentu, seperti karnaval, fashion show, photoshoot, film, sampai perayaan Halloween.

    Dari beauty influencers hingga orang-orang yang hanya memiliki minat dan hobi dalam dunia makeup, turut membagikan karya costume makeup di media sosial sehingga membuat tren ini terus berkembang.


    2. Keahlian dalam memadukan makeup dan kostum




    Berdasarkan tujuannya, costume makeup merupakan salah satu teknik yang dilakukan seorang makeup artist untuk memberikan efek maksimal pada kliennya dengan memadukan makeup dan kostum.

    Apabila kedua elemen tersebut disatukan, maka akan menghasilkan penampilan yang lebih baik dibanding berfokus pada satu elemen saja. Costume makeup biasanya dilakukan untuk meniru atau mengimitasi suatu tokoh, sehingga seseorang terlihat mirip dengan tokoh tersebut.

    Untuk itu, tidak mengherankan apabila sekarang semakin banyak produk-produk makeup yang dapat mendukung kegiatan costume makeup, girls! Dengan beragam produk yang ada saat ini, seseorang juga akan lebih mudah dalam mewujudkan dirinya menjadi sebuah tokoh.

    Costume makeup dapat terinspirasi dari karakter apapun, tetapi kamu juga dapat menciptakan wujud original milikmu sendiri.


    3. Semakin rumit, semakin tinggi harganya




    Hasil costume makeup yang rumit memiliki harga yang semakin tinggi di mata klien. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi makeup artist untuk menggunakan peralatan yang ekonomis untuk hasil yang tetap maksimal.

    Untuk itu, meskipun kamu boleh mencoba costume makeup kapan pun dan di mana pun, kamu tetap harus membekali diri dengan pengetahuan mendasar mengenai makeup ini terlebih dahulu.


    4. Dampak produk makeup pada kulit yang terkadang menjadi kendala




    Kendala yang sering dihadapi oleh makeup artist ataupun orang-orang yang mencoba costume makeup pun beragam. Mulai dari penggunaan produk lem sampai produk latex, costume makeup memang memerlukan banyak produk yang harus diaplikasikan pada wajah. Hal itu mampu memberikan dampak buruk bagi kulit wajah.

    Proses pembersihan makeup setelah dikenakan juga kerap menciptakan masalah bagi yang mengenakannya. Biasanya, bagian tersulit dalam menghapus hasil costume makeup berada pada area mata.

    Dikutip dari Oscars, seorang makeup artist mengatakan perlunya memiliki base makeup yang sedikit lebih mahal dibanding produk lainnya untuk mengurangi risiko tersebut.



    Hal tersebut dikarenakan produk base yang berkualitas tinggi akan menciptakan penghalang antara makeup yang tebal dengan kulit asli wajah. Selain itu, proses dalam menciptakan costume makeup mampu mempengaruhi bagus atau tidaknya hasil makeup tersebut. Biasanya proses ini menghabiskan tiga sampai tujuh jam.


    5. Hobi baru yang patut kamu coba!




    Untuk memberikan efek-efek yang lebih signifikan pada kulit, kamu dapat menggunakan lem, latex, ataupun face paint. Ketiga produk ini memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, sehingga Cosmo babes perlu menyesuaikan diri dengan cara pengaplikasian masing-masing produk.

    Tingkat ketebalan dan banyaknya produk yang digunakan juga akan berpengaruh pada keunikan penampilan costume makeup itu sendiri. Costume makeup memang bukan hobi yang murah.

    Namun, bagi penggemarnya, costume makeup mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi yang menciptakan dan menggunakan karakter yang dibuatnya. Untuk itulah, banyak orang-orang yang akhirnya berkecimpung pada hobi ini.

    Penampilan yang unik hasil costume makeup pun bukan sebuah masalah bagi peminatnya. Meskipun begitu, para makeup artists sepakat bahwa wajah dan penampilan costume makeup mereka hanya untuk ajang 'pameran', bukan sesuatu yang bisa dipakai sehari-hari dalam acara kasual.

    Bagaimana, girls? Tertarik untuk mencoba costume makeup?


    (Fishya Elvin/Images: Photo by Alonso Reyes on Unsplash, Photo by Anthony Tran on Unsplash, Photo by Arsham Haghani on Pexels, Photo by Dalila Dalprat on Pexels, Photo by Autumn Goodman on Unsplash, Photo by Julia Volk on Pexels).