Better You

"Personal Branding” Through Social Media

  by: Redaksi       4/7/2011
  • The best thing about social media is YOU are the media. Dengan citra yang positif, keuntungan bagi karier Anda siap dipetik. Sudah sering terjadi sejumlah orang meraih project dan menuai klien berkat reputasi dan pencitraannya yang baik di social media. Di Twitter, microblogging paling populer saat ini, ungkapan yang sering kita dengar adalah, “You are what you tweet”. Maknanya kira-kira persepsi orang lain atas diri kita terbentuk lewat rangkaian tweet kita. Melihat kekuatan dan manfaat dari social media ini, start from now, let's build your own reputation, ladies!

    Put a Representative Bio

    Kenali diri lebih jauh dan deskipsikan diri dengan cara yang menarik di profil Facebook atau bio Twitter Anda. Tunjukkan personal interest Anda. Logikanya, orang tidak akan tahu kalau Anda tidak aktif memberitahu apa minat Anda, kan? Jika Anda berada di jalur profesional, tak ada salahnya mencantumkan keahlian Anda. Tulis ini: “Photography is my desire, check out my works at www.myworks.com” atau “I am a make-up artist, feel free to contact me if needed”—kenapa tidak?



    Use It as a Networking Tool

    Jika Anda serius ingin meningkatkan karier melalui pemanfaatan social media, maka jangan menggunakannya sekadar untuk posting foto narsis. Social media is about socializing, dan interaksi Anda tidak dibatasi hanya dengan teman atau orang yang sudah dikenal. It's fine being friends with complete strangers and stay in touch with them. Saling membagi ide, bekerjasama, berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berpikir, berdebat, menemukan teman, rekan bisnis, dan pasangan, hingga membangun sebuah komunitas, adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan via social media.

    Make a Worth-to-Read Content

    Siapa yang mau baca update status, “Aduh, kebelet pipis, ke toilet ah”, selain (mungkin) hanya kekasih Anda? Don’t post or tweet unimportant information that is irrelevant and has nothing to do with all your friends or followers. Coba tunjukkan opini Anda tentang sebuah topik, bagi pengetahuan Anda tentang apapun, sebarkan tulisan atau link yang berguna dan yang bisa menjadi rujukan. Intinya, buat konten yang bisa memberikan manfaat di circle Anda.

    There's an Etiquette

    Sama halnya dengan bergaul di dunia nyata, berinteraksi di dunia maya melalui social media pun diatur oleh etiket yang sama: bersikaplah santun dalam menyapa hingga berdebat; dan tunjukkan respek pada siapapun yang menjalin komunikasi dengan Anda. Sikap-sikap positif ini pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan orang kepada Anda.



    Separate the Difference of Social Media

     

    Ada beragam jenis social media saat ini. Bedakan karakteristiknya dan maksimalkan penggunaannya. Misalnya, karakteristik Twitter dan LinkedIn tentu saja berbeda. Di Twitter, mungkin Anda bisa menunjukkan identitas sebagai profesional muda yang gaul, akrab, dan penuh canda. Namun di LinkedIn, citra diri sebagai orang yang serius, profesional, kompeten, dengan branding korporat resmi, sepertinya lebih tepat. Anda sebaiknya memasang foto formal di LinkedIn, namun di Twitter mungkin Anda bisa tampil dengan foto yang lebih kasual. Intinya, pelajari ciri khas dan audiens dari media-media tersebut, untuk mengoptimalkan kepentingan Anda. (Dewi Irma/SL)