Career

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Pendidikan?

  by: RedaksiCosmopolitan       7/7/2011
  • Dear Cosmo,

    Saat ini, sedang memiliki dilema dalam karier. Sebenarnya saya tidak memiliki masalah dengan pekerjaan saya yang sekarang. Saya cinta pekerjaan saya beserta lingkungannya, apalagi saya sudah berada dalam zona nyaman karena sudah paham benar dengan apa yang saya lakukan. Namun saya mempunyai cita-cita terpendam untuk mengambil S2 di luar negeri. Saya bingung, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk saya, agar bisa meninggalkan pekerjaan ini dan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya? Terima Kasih.

     - Fianita, Assistant Brand Manager 26 tahun

     



    Answer:

    Dear Fianita,


    Be fearless! Ambil kesempatan untuk 'memperkaya' diri dengan ilmu hingga ke luar negeri. Namun, pastikan Anda melepaskan pekerjaan Anda dengan penuh tanggung jawab. Ikuti beberapa langkah saran Cosmo berikut:

    - Anda sudah jelas diterima S2 di universitas di luar negeri dan segala surat kelengkapan siap, sebelum menyerahkan surat resign.



    - Lebih baik lagi Anda berdiskusi dengan atasan Anda. Mulai dari apa yang bisa Anda bantu sebelum Anda resign-apakah dengan mencari pengganti atau melatih orang yang sudah ada untuk menggantikan posisi Anda, hingga kemungkinan kembali bekerja di perusahaan itu setelah pendidikan S2 Anda selesai. Standar waktu dari penyerahan surat resign hingga hari terakhir biasanya 30 hari, namun jika jabatan Anda cukup tinggi atau memang diperlukan bisa mencapai 2 bulan. Karena itu rencanakan dengan seksama.

    Don't worry, Darling. Semua akan baik-baik saja, bahkan wonderful, percaya deh sama Cosmo. Fly high!

    Fira Basuki, Editor in Chief