Love & Sex

Oral Seks, Amankah?

  by: Redaksi       15/7/2011
  • Dalam melakukan aktivitas seksual, sesi oral seringkali dilakukan untuk mencegah kehamilan dan sebagai variasi dalam bercinta. Kedua alasan tersebut menjadi pilihan bagi banyak pasangan untuk bisa menikmati hubungan tanpa harus khawatir dan dianggap sebagai cara yang menyenangkan untuk pompa gairah. Namun dibalik itu, yakinkah Anda aksi ini benar-benar aman dilakukan?

    Penelitian yang dilakukan oleh badan kanker di seluruh dunia menunjukkan bahwa ternyata aktivitas ini tidak sepenuhnya aman. Ada virus yang dibawa oleh Mr. Happy yang kemudian menjangkiti Miss Cheerful hingga dapat menyebabkan kanker mulut, lidah, amandel, dan juga tenggorokan bagi para pria yang melakukan aksi oral terhadap pasangannya. Fakta lainnya ternyata aktivitas oral seks yang dilakukan pria pada wanita jauh lebih berbahaya daripada sebaliknya. Well, apa sih penyebabnya?



    Genital Human Papillomavirus

    Atau yang biasa disebut dengan HPV, adalah virus misterius yang hidup di dalam lapisan kulit kelamin manusia serta kulit-kulit tipis dibawah mulut atau lidah. Virus ini kemudian menjadi berbahaya ketika kontak oral atau anal kerap dilakukan oleh orang yang memilikinya. Anehnya, virus ini sulit sekali terdeteksi bahkan oleh para dokter sekalipun. Ikatan dokter di Amerika dan juga Inggris hampir memastikan bahwa setiap orang punya kemungkinan untuk memilikinya karena mereka tidak tahu bagaimana menemukannya.

    Jenis HPV

    Ada dua jenis HPV yang harus diketahui. HPV yang tidak menyebabkan kanker dan yang bisa menimbulkan kanker. HPV yang tidak perlu dikhawatirkan adalah HPV yang hanya menyebabkan bintik-bintik kecil di daerah Miss Cheerful atau Mr. Happy. Dalam keadaan itu, Anda masih tergolong normal dan tidak perlu terlalu khawatir. Namun HPV yang harus diwaspadai adalah HPV yang merupakan bibit pengangkut kanker dan terdiri dari 40 jenis virus.

    Cara Penularan



    Sama seperti HIV / AIDS, seseorang yang aktif secara seksual baik dengan satu atau banyak pasangan, akan mudah tertular melalui serviks dan kulit bagian luar Miss Cheerful yang dibawa oleh Mr. Happy. Setelah itu, ketika oral seks dilakukan oleh pria, virus tersebut akan ikut ke dalam seluruh bagian mulut hingga tenggorokan dan mulai hidup di dalam lapisan-lapisan terhalusnya. Ketika kegiatan ini rutin dilakukan, maka dengan sendirinya pria akan lebih mudah terjangkit.

    Gejala HPV

    Memang virus ini tergolong sangat misterius karena para dokter dunia pun belum tahu persis bagaimana cara mendiagnosanya dan tidak diketahui gejalanya. Virus ini pun baru tumbuh di dalam tubuh setelah satu tahun dilakukannya kegiatan seksual. Sebanyak 8% orang yang bercinta secara aktif memiliki virus tersebut dengan perhitungan bahwa pria lima kali lebih mudah terjangkit dibanding wanita.

    Cara Pencegahan

    Mengetahui sulitnya proses pendiagnosaan, hal termudah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan vaksinasi. Lakukan vaksin segera setelah menyadari bahwa Anda aktif melakukan hubungan seksual. Jika Anda tidak melakukannya, kondom adalah alat bantu paling murah dan mudah untuk mereduksi tertularnya virus tersebut. So, if you think that oral sex is safe, um, you better think twice, dear! (Ganis/II)

    tags: hpv, oral, sex