Better You

Makan Siang, Yuk!

  by: RedaksiCosmopolitan       18/7/2011
  • Siapa yang tidak ingin makan kudapan lezat dan mengenyangkan pada jam istirahat siang kantor? Hey dear, sebelum menjatuhkan pilihan pada makanan favorit Anda, cek dulu deh beberapa kandungan makanan di bawah ini yang bisa jadi pertimbangan saat memilih. Perlu diingat bahwa makanan tidak hanya berperan untuk memenuhi perut dan menyenangkan lidah saja, tapi ia juga memberi asupan pada otak yang akan membantu Anda meningkatkan kinerja maksimum pada jam kerja berikutnya. So, check this out!

    So Sweet

    Makanan yang banyak mengandung gula akan memberikan energi lebih yang menstimulus Anda untuk jadi lebih aktif dan bahagia. Pilih makanan jenis ini jika memang pekerjaan anda berikutnya tidak terlalu membutuhkan kerja keras otak untuk berpikir. Makanan ini juga baik dikonsumsi saat Anda cukup tertekan pada pekerjaan pagi tadi. Gula akan membuat anda senang dan merasa lebih optimis dalam melakukan kegiatan yang penuh tantangan. Contoh: kue-kue manis, cokelat, segala jenis bubur tradisional yang menggunakan saus gula jawa, minuman manis, atau juga es krim.



    Karbohidrat

    Selain mengenyangkan, kandungan ini baik dalam membuat otak dan tubuh merasa rileks dan juga senang. Karena dalam karbohidrat juga terdapat kadar gula yang tinggi, maka jenis makanan ini dapat membuat Anda tenang dan bahagia seperti halnya peran gula dalam makanan-makanan di atas. Bedanya, jika terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat saat makan siang, Anda bukan akan lebih bahagia dan optimis, namun karena ia membuat tubuh dan otak jadi rileks, kandungan ini akan membuat Anda cepat mengantuk. Batasi jumlah karbohidrat yang akan masuk ke dalam tubuh. Jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan hilangnya konsentrasi. Contoh makanan: nasi, kue-kue basah, dan juga pasta.




    Be Pro With Protein!

    Dari segala jenis kandungan makanan yang ada, protein adalah materi paling baik untuk dikonsumsi di tengah jam kerja. Mengapa? Protein memberi otak stimulus lebih untuk menjadi waspada dan fokus. Baik kan untuk aktivitas Anda yang menumpuk dan perlu konsentrasi tinggi. Pilihlah makanan-makanan seperti daging merah, telur, ayam, udang, dan juga ikan tanpa digabung dengan karbohidrat untuk memberi hasil maksimal pada apa yang sedang anda kerjakan. Terlebih lagi jika Anda tipe pekerja yang goal oriented, makanan jenis ini akan memompa konsentrasi tanpa perlu merasa ngantuk dan terlewat kenyang (Ganis/NS).