Better You

Perilaku yang Membuat Rekan Kerja Sebal

  by: Redaksi       20/7/2011
  • Dear, pernahkah Anda merasa tidak disukai oleh teman-teman kantor Anda? Merasa diabaikan saat makan siang atau mungkin tidak mendapatkan invitation saat ada teman kantor yang sedang berulang tahun. Well, selain membuat Anda merasa tidak dianggap, hal tersebut juga bisa menurunkan semangat bekerja atau membuat Anda menjadi tidak betah di kantor.

    Tidak perlu harus menjadi super-glamorous seperti Paris Hilton, agar semua orang menyukai Anda. Sebagai permulaan, coba hindari sejumlah perilaku yang mungkin dilakukan tanpa sadar dan tampak "kecil" berikut ini, namun sesungguhnya bisa sangat mengganggu orang lain. Watch out, dear!

    Menganggu privasi kolega



    Membuka PC orang lain, mengambil makanan di meja rekan kerja, atau mengambil alat tulis, yang semuanya dilakukan tanpa izin merupakan perilaku yang tidak pantas. Apalagi jika Anda sampai membuat kertas-kertas file yang ada di mejanya berantakan. So darling, jangan sekali-sekali memasuki wilayah privasi seseorang, kecuali Anda sudah tahu benar sifatnya luar dan dalam. Karena hal itu akan berakibat buruk untuk hubungan kerja.

    Berperilaku sebagai drama queen

    Berlebihan dalam menanggapi masalah, atau membawa problem percintaan ke dalam ruang kerja, merupakan sebuah big no no. When you're in Rome, do as the Romans do. So, jadi saat Anda berada di kantor, berperilakulah secara profesional. Selain itu, jaga intonasi saat melakukan pembicaraan, apapun topiknya. Nada suara yang terlalu tinggi, selain tidak sopan juga bisa membuat seluruh isi kantor mendengar isi pembicaraan Anda. Dan itu menyebalkan.

    Tidak menjaga kebersihan



    Kepribadian yang menyenangkan pasti membuat Anda disukai. Namun, tampilan luar juga ikut memengaruhi. Yes, people do judge by it's cover. Cover yang buruk dapat memengaruhi penilaian orang lain. Anda tidak perlu harus memiliki tampilan super fabulous seperti Rossie Huntington, untuk mendapatkan teman. Setidaknya coba miliki penampilan bersih, bebas bau badan, bau kaki serta bau mulut. Hal itu bisa membantu orang lain merasa nyaman dekat dengan Anda.

    Menjadi backstabber

    Tidak ada yang menyukai pengkhianat. Kebiasaan membicarakan kejelekan orang lain, menjilat bos demi kepentingan pribadi, hingga menjatuhkan rekan kerja agar Anda tetap aman dari kesalahan yang diperbuat, hanya akan merusak kerjasama tim. Maka jangan heran, jika Anda akan disisihkan dari pergaulan. Keberhasilan Anda dalam karier bukan hanya hasil jerih payah Anda sendiri, tetapi berkat kerjasama tim yang baik.(Calvin Hidayat/DI)