Lifestyle

Whee: The Future is Near

  by: Redaksi       25/7/2011
  • Ada yang menarik dari perhelatan IIMS 2011. Pada event tersebut, Toyota memperkenalkan konsep mobilitas personal masa depan, yang diberi nama Whee. Whee adalah kendaraan robotik jarak dekat untuk Anda sehari-hari, yang didesain ramah lingkungan dengan menggunakan energi listrik. Diciptakan berbentuk compact serta menggunakan baterai lithium dengan lama pengisian sekitar satu jam, Whee ternyata mampu untuk menempuh jarak sejauh maksimal 10 Km.

    "Toyota berkomitmen untuk melakukan inovasi bagi setiap produk dan layanannya," jelas Johny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor. Whee sendiri diciptakan sebagai bagian dari inovasi Toyota dalam menciptakan tipe kendaraan yang selaras antara alam dan teknologi, serta menghadirkan pengalaman baru berkendara bagi penggunanya.

    Ada tiga tipe Whee yang bisa Anda pilih yakni tipe L yang memiliki pegangan tangan dan mudah digunakan, tipe M yang tidak dilengkapi pegangan tangan, lebih kecil, lebih praktis dan mudah dibawa, dan tipe S yang menawarkan ukuran ringkas dan bisa untuk dijinjing. Menggunakan kendaraan robotik ini juga ternyata tidak sulit kok. Anda cukup berdiri di atasnya dan Whee memungkinkan penggunanya untuk melakukan gerakan maju, mundur dan berbelok hanya dengan memindahkan berat tubuh.





    "Whee mudah untuk dibawa-bawa, ke mal atau pusat hiburan,” ujar Murakami, General Manager Partner Robot Division TMC. Menurutnya, sampai saat ini Whee masih ditujukan untuk pengguna berusia remaja-dewasa. Whee sendiri sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan belum untuk dipakai untuk umum. Toyota rencananya akan melakukan uji coba terlebih dahulu untuk penggunaannya, seperti di pusat keramaian mal atau bandara. (Calvin Hidayat/DI)