Better You

Kebiasaan-Kebiasaan yang Membuat Gaji Cepat Habis, Oops!

  by: Redaksi       26/7/2011
  • Bagi yang baru menerima gaji, yeay! Senangnya dapat suntikan “kesejahteraan” di akhir bulan. Eits, tapi hati-hati lho, darling. Euforia bulanan yang hampir selalu terjadi sesaat setelah menerima gaji seringkali membuat Anda lupa diri. Coba lihat kebiasaan-kebiasaan di bawah ini yang kerap Anda lakukan setelah tahu bahwa uang Anda telah bertambah.

     

    Belanja



    Kebiasaan ini sepertinya jadi kebiasaan paling lumrah yang hampir dilakukan semua wanita. Memang saat punya uang adalah saat yang paling menyenangkan karena Anda merasa bisa menghadiahi diri Anda sendiri dengan barang-barang baru yang Anda sukai. Namun harus disadari secepatnya kalau kebiasaan belanja berlebihan ini tidak baik, khususnya bagi Anda yang sudah berkeluarga. Karena uang menjadi cepat datang dan cepat pergi. Membuat prioritas pengeluaran adalah hal bijak yang wajib dilakukan untuk menyelamatkan penghasilan Anda.

     

    Makan-Makan

    Apalagi yang disenangi para pekerja selain urusan mulut dan perut? Pepatah lama yang mengatakan bahwa bekerja adalah untuk mencari sesuap nasi, ternyata sudah dimodifikasi menjadi kian modern. Saat Anda baru menerima uang, seringkali yang terlintas di pikiran adalah spending it for juicy meals. Makan enak tentu boleh-boleh saja. Tapi kalau dilakukan terlalu sering di tempat makan yang mahal dan mewah, bisa-bisa belum sampai pertengahan bulan gaji Anda sudah melayang. Well, bawa bekal merupakan cara efektif untuk menabung lho.

     

    Hangout

    Siapa yang tidak suka hangout? Nongkrong bersama teman sambil ngopi-ngopi cantik di coffee shop bergengsi, ngemil-ngemil di cafe baru, nonton ramai-ramai, bahkan juga clubbing di akhir bulan, merupakan aktivitas yang pastinya mengeluarkan uang. Dear, tak ada salahnya absen dari kegiatan-kegiatan tersebut jika Anda memang ingin serius menahan gaji. You know what dear, masih banyak alternatif bersenang-senang lainnya, yang jauh lebih murah tanpa harus menghilangkan kedekatan dengan teman-teman.



     

    Kredit oh Kredit

    Oh ladies, kebiasaan ini adalah kebiasaan paling berbahaya. Jangan terlalu sering membeli barang dengan cara kredit. Selain merasa berhutang berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, kadang Anda bahkan tidak sempat menikmati gaji Anda yang telah terlanjur terpotong untuk membayar kreditan. Segala jenis kredit yang Anda jalani secara tidak disadari akan membuat tabungan minim asupan. Tip Cosmo dalam situasi ini adalah, jangan menerapkan sistem kredit pada dua jenis barang atau lebih. Hal ini akan memberatkan Anda sendiri pada akhirnya terlebih jika jumlah gaji tidak terlalu besar. Cukup satu saja yang betul-betul Anda butuhkan dan memang menunjang rutinitas.

     

    Jalan-Jalan

    Sering tidak kuat kalau diajak teman jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri? Ajakan itu tidak untuk selalu dituruti kok, dear. Keinginan Anda bisa jadi musuh paling besar yang sesungguhnya jika selalu dituruti. Saat salah satu rencana jalan-jalan terucap dari mulut teman-teman, dan Anda tidak mengikutinya, Anda pasti tetap baik-baik saja menjalani rutinitas. Sekali-sekali memang perlu refreshing, tapi harus tetap bijak juga mengatur prioritas. Uang Anda bisa habis hanya untuk membayar bellboy, administrasi hotel, pedagang makanan di pinggir jalan, atau sekadar untuk bensin mobil. Ouch, sayangnya! (Rengganis Parahita/DI)