Love & Sex

Sentuhan Pasangan Ternyata Menyehatkan Tubuh dan Hati

  by: Redaksi       8/7/2013
  • Sentuhan dalam bentuk apapun (mulai dari pijatan, pelukan, tangan Anda yang digenggamnya, atau ciumannya), ternyata memiliki efek luar biasa pada tubuh. Cosmo yakin selepas membaca artikel ini, Anda tak akan ingin jauh darinya... sejengkal pun!

    Pijatan
    Bayangkan Anda merenggangkan badan dan pasangan memijat perlahan punggung Anda. Tentu saja tingkat stres yang Anda alami menguap seketika. Bukan hanya itu, lewat pijatan, sentuhan jemarinya akan membantu merelaksasikan otot, denyut jantung, dan menormalkan tekanan darah. Mengejutkannya lagi, efek relaksasi yang diberikan oleh sentuhan jemari si dia ternyata memicu pemulihan respon kekebalan tubuh.

    Pelukan
    Terkadang ada masa-masa sulit yang harus Anda hadapi, dan di saat seperti itu dukungan orang terdekat sangat dibutuhkan. Termasuk pelukan dari pasangan. Faktanya, pelukan akan membuat Anda merasa aman dan percaya satu sama lain. Selain itu, juga membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Penelitian di University of North California mengungkapkan bahwa wanita yang sering dipeluk cenderung akan merasa lebih bahagia karena hormon oksitosin meningkat.



    Genggaman Tangan
    Saat berjalan bersama pasangan, tak jarang ia akan menggenggam tangan Anda dan menggandengnya mesra. Bagi Anda, itu hanya satu bukti kalau si dia ingin menjaga Anda. Hmmm... meski terlihat sederhana, tapi siapa yang menduga aktivitas ini justru bisa memberikan rasa nyaman dalam tubuh dan pikiran. Dalam sebuah studi diketahui bahwa saat wanita berpegangan tangan (dengan siapa pun), maka respons stres mereda.



    Ciuman
    Fakta: Berciuman bisa membakar 68 kalori per jam! Well, ternyata tak sulit kan untuk membakar kalori tanpa berolahraga berat? Selain itu, jika Anda memberitahu satu fakta ini padanya, Cosmo bertaruh ia tak akan lagi lupa untuk mencium Anda. Pria yang kerap mencium kening pasangan di pagi hari dapat hidup lebih lama dari pada mereka yang tidak. Happily everlasting! (Muhtar Rais/VP/Image: Pixland/Thinkstock)