Career

Cara Mengatasi Rekan Kerja yang Menyebalkan

  by: Redaksi       24/7/2013
  • Dear Cosmo,

    Sebetulnya, saya sangat sreg dengan pekerjaan yang sedang saya jalani saat ini. Tetapi ada satu hal yang sangat mengganggu saya, yaitu teman sebelah kubikel saya yang mempunyai sifat sangat menyebalkan. Ia gemar bercerita bohong, bergosip, menjelekkan orang lain, dan mengorek urusan pribadi orang lain. Yang paling menyebalkan adalah dia sering berlindung di balik nama saya saat mengungkapkan pendapat pribadinya. Hal ini seringkali menimbulkan kesalahpahaman. Bagaimana saya harus bersikap kepadanya?

    Thanks,
    Indri, 26 tahun.



     

    Answer:

     

    Dear Indri,



    Setiap orang berhak bicara, tapi yang paling penting bagaimana Anda menyikapinya. Kenapa Anda tidak terus terang bahwa Anda terganggu. Mungkin bisa berkata, “Saya tidak peduli dengan kejelekan orang lain itu benar atau tidak seperti ucapan Anda. Tapi saya justru terganggu ketika Anda menjelek-jelekkannya. Bisakah kita mengobrol atau membahas yang lain. Misalnya, film terakhir apa yang Anda tonton?”

    Daripada membalas kejelekan dan kebencian dengan kebencian lain, ajak dia untuk   sadar bahwa hidup lebih menyenangkan jika tidak menjelek-jelekkan atau merugikan orang lain. Ajaklah ia membahas hal-hal lain. Kalau ia membawa-bawa nama Anda, Anda harus membela diri di depan orang lain dan berkata, “Itu tidak benar, saya tidak pernah melakukan atau berbicara mengenai itu seperti yang diucapkannya.” Jangan diam saja! Biar saja ia malu karena Anda berani untuk membela harga diri Anda sendiri.

    Jangan memusuhinya ya. Sebagai wanita yang fun and fearless, you make friends, not war. Cosmo yakin Anda bisa “meluluhkan” hatinya dan bahkan tidak lama akan menjadi teman!

    Fira Basuki