Better You

Penyebab Kinerja Mata Anda Menurun

  by: Redaksi       31/7/2013
  • Melawan sinar matahari, asap rokok, tidak seimbangnya asupan akibat diet yang dilakukan - semuanya sering tidak disadari menjadi penyebab mata mengalami penurunan kinerja. Dengan membaca artikel Cosmo ini, Anda akan semakin tahu apa saja yang dapat memicu kerusakan mata.

    Sinar UV
    Pancaran cahaya sang surya setiap harinya menghasilkan radiasi sampai ke bumi. Radiasi ini dapat menembus kulit dan menimbulkan berbagai efek negatif. Salah satunya dapat membakar kornea, dan meningkatkan kerusakan lensa mata juga retina. Fase terburuknya lagi, dapat meningkatkan risiko katarak. Cara terbaik untuk menjaga mata Anda adalah dengan menggunakan kacamata untuk menangkal paparan sinar ultraviolet ke mata. Ini karena, sinar UV dari matahari dapat membakar kornea dan meningkatkan kerusakan lensa mata dan retina. Buruknya lagi, dapat meningkatkan risiko katarak.

    Merokok
    Tak hanya berdampak buruk pada kesehatan jantung, hati, dan gangguan kehamilan, merokok juga dapat merusak pandangan mata. Kandungan kimia yang terkandung melimpah di dalamnya berpotensi besar menyerang bagian sensitif mata, yaitu makula atau retina. Perlahan, semakin banyak rokok yang Anda hisap semakin menurun fungsi bagian sensitif tersebut, hingga akhirnya penglihatan Anda akan mengabur.



    Diet
    Menurunkan berat badan boleh-boleh saja, asalkan disertai dengan asupan gizi yang tepat. Bila asupan yang tetap diterima tubuh selama diet tidak seimbang, efeknya malah membalik dan akan membahayakan kesehatan tubuh Anda, seperti defisiensi vitamin A yang berujung pada rabun senja, mata lebih cepat kering, dan kebutaan.



    Cahaya Biru dari Gadget
    Apa yang Anda lakukan sebelum tidur? Nonton YouTube, nge-tweet kegalauan hati via ponsel, Skype dengan pasangan tercinta yang sedang jauh di luar negeri - semua itu berpotensi mengganggu kesehatan mata Anda dengan intensitas memandangi layar terlalu lama. Studi terkini juga menyingkap fakta kalau cahaya biru dari gadget favorit Anda bisa menekan hormon pendorong tidur bernama melatonin. Akhirnya, otak akan terus beraktivitas dengan kehadiran cahaya. That's why, pilihlah kegiatan lainnya yang bisa menjauhkan Anda dari berbagai gadget kesayangan. (Muhtar Rais/IR/Image: iStockphoto/Thinkstock)