Better You

3 Cara Rencanakan Pengeluaran Anda

  by: Redaksi       25/7/2014
  • Pertimbangan yang matang diperlukan saat pundi rekening Anda tiba-tiba dapat pemasukan baru. Cosmo tahu dear, tunjangan hari raya ditambah gaji pastinya menggiurkan untuk dibelanjakan. Tapi sebelum memutuskan ingin dihabiskan untuk apa saja, Cosmo bantu Anda merencakannya!

    Sadari Financial Goal
    Pastinya setiap tahun (atau periodikal tertentu) Anda punya financial goal yang ingin dicapai. Coba cari tahu dulu sudah berapa persen pencapaiannya hingga saat ini. Dengan tahu nominal pencapaian yang sudah Anda punya, ini bisa membantu untuk menentukan jumlah dan waktu yang tepat untuk membelanjakan uang yang Anda miliki. Jangan sampai nantinya, jumlah yang Anda belanjakan melebihi nominal yang baru saja Anda dapatkan.

    Bagi Menjadi Tiga Kategori
    Tentu saja Cosmo paham Anda ingin “dana hura-hura” alias entertainment budget berada di posisi teratas. Cosmo tak menghalangi Anda untuk menyenangkan diri sendiri, kok. Tapi saran Cosmo, coba bagi rencana pengeluaran ke dalam tiga kategori. Financial goal, entertainment budget, dan investasi atau Anda bisa mengeluarkan pembelanjaan uang Anda pada hal yang berkaitan dengan timeshare. Anda bisa menentukan sendiri jumlah untuk masing-masing kategori. Tapi percayalah, bila Anda memilih untuk menaruh jumlah besar pada rencana jangka panjang tentunya akan membuat masa tua Anda nyaman.





    Awasi Terus Pengeluaran
    Setelah Anda membagi semua kategori pengeluaran, waktunya terus memantau selama prosesnya. Catat semua dalam jurnal harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Ini akan membantu Anda untuk mengecek segala pengeluaran yang Anda lakukan. Lakukan saja seperti biasanya Anda berbelanja dengan gaji yang Anda terima setiap bulannya. Bahkan akan lebih baik tidak mengandalkan semua biaya pengeluaran dari jumlah bonus atau tunjangan yang Anda terima. (Muhtar Rais/IR/Image: iStock/Thinkstock)