Better You

Pola Hidup Sehat Saat Lebaran

  by: Redaksi       27/7/2014
  • Di artikel sebelumnya Cosmo telah paparkan beberapa gangguan penyakit yang mungkin saja bisa Anda alami saat lebaran akibat mengabaikan pola hidup sehat. Sayang lho, kondisi tubuh yang sudah terjaga selama puasa kembali dirusak dengan makan secara berlebihan. So, agar pola hidup sehat Anda tetap terjaga ikuti tip Cosmo berikut!

    Pola Makan Seimbang
    Jangan hanya karena makanan lezat ada di mana-mana, lantas Anda tak mampu mengendalikan diri, dear. Anda harus tetap menjaga porsi makan yang Anda konsumsi. Perhatikan ukurannya: 50% sumber karbohidrat, 20% sumber protein, dan 30% sisanya isi dengan sayur-sayuran, buah, serta vitamin dan mineral.

    Jadwal Tepat
    Atur waktu makan Anda seperti biasanya. Boleh saja Anda sering makan, asalkan dalam porsi yang kecil. Jangan makan sekaligus dalam jumlah yang besar, sebab selama berpuasa sebulan lalu perut Anda lebih sering kosong saat berpuasa. Usahakan makan teratur dengan tiga kali makanan utama dan tiga kali selingan di antara waktu-waktu tersebut.



    Waspada Gula
    Cosmo tahu pastinya banyak sekali makanan manis yang tersaji saat lebaran. Tapi ingat kan, gula dapat menaikkan kadar gula darah Anda? Solusinya, seringlah mengonsumsi buah dan sayur. Buah-buahan yang Anda konsumsi tersebut dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.



    Air Putih
    Anda harus memperbanyak minum air putih setiap kali Anda makan makanan berlemak dan bersantan. Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda dan minuman manis. Jenis minuman seperti hanya akan membuat Anda terus merasa haus, namun tak mengisi cairan tubuh. Solusi lainnya, Anda juga bisa mengganti santan pada makanan yang Anda buat dengan susu tanpa lemak.

    Tetap Berolahraga
    Rutinitas satu ini jangan sampai terabaikan, honey. Tak perlu jauh-jauh untuk pergi ke gym. Setiap pagi atau sore hari Anda bisa melakukan olahraga dengan berjalan kaki atau berlari. Hal terpenting, tubuh Anda tetap bergerak agar paru-paru juga jantung Anda bisa tetap berfungsi maksimal. (Muhtar Rais/SW/Image: iStock/Thinkstock)