Better You

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Harus Dihindari

  by: Adya Azka       20/7/2015
  • Tidak perlu dipertanyakan lagi kalau sarapan adalah waktu makan yang penting karena sarapan mampu memberi asupan energi, gizi, dan nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh. Hal ini membuat Anda mampu beraktivitas sehingga menjadi lebih produktif. Karena itu, penting bagi Anda untuk tidak melakukan beberapa kesalahan saat sarapan di bawah ini.

    Kurang Protein
    Rasa lapar yang sering muncul setelah sarapan dapat terjadi ketika tubuh kekurangan protein. Protein lebih sulit untuk dicerna dalam tubuh dibandingkan dengan karbohidrat. Hal inilah yang dapat menjaga rasa lapar Anda. Kekurangan protein akan membuat Anda lebih mudah merasa lapar. Jadi, jangan ragu untuk menghabiskan susu saat memilih untuk sarapan sereal di pagi hari. Itu akan membantu Anda merasa kenyang hingga jam makan siang datang.

    Tidak Cukup Serat
    Makanan yang kaya akan serat sangat dianjurkan saat sarapan. Serat akan membuat gizi pada sarapan menjadi lebih lengkap. Tidak hanya itu, karena lebih sulit dicerna, serat membuat rasa lapar tidak mudah datang. Jika memilih mengonsumsi sereal untuk sarapan, pilihlah yang memiliki kandungan serat setidaknya 5 gram. Akan lebih baik jika Anda juga menambah biji-bijian sebagai menu sarapan.



    Tanpa Lemak
    Ladies, diet bukan berarti harus menghindari makanan yang mengandung lemak. Sarapan yang tidak memiliki kandungan lemak justru dapat membuat Anda merasa lapar kembali dalam waktu satu jam. Tidak ada salahnya lho untuk mengonsumsi sedikit lemak di pagi hari. Pilih Greek yoghurt yang memiliki kandungan 2% lemak. Anda juga boleh menambah kacang-kacangan untuk mencegah rasa lapar datang sebelum jam makan siang.



    Porsi Terlalu Kecil
    Lupakan mengonsumsi sarapan dengan porsi yang “mini” karena hal tersebut ternyata dapat membuat Anda menjadi kalap saat makan siang dan makan malam. Porsi sarapan yang terlampau kecil tidak akan mampu memenuhi kebutuhkan nutrisi tubuh di pagi hari. Hal ini akan meningkatkan napsu makan saat jam makan siang dan malam. Padahal pada waktu tersebut metabolisme tubuh sedang menuju waktu istirahat. Yup, sarapan yang terlalu sedikit justru akan membuat Anda semakin “mengembang”.

    Terlampau Siang
    Hentikan kebiasaan menggabungkan jam sarapan dengan makan siang karena ini tidak baik bagi tubuh. Semakin lama menunggu untuk sarapan, semakin lapar pula Anda sehingga lebih sulit untuk merasa puas setelah mengonsumsi sarapan. Usahakan untuk sarapan satu jam setelah bangun di pagi hari. Hal ini dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh setelah berisitirahat panjang saat malam hari.  (Hana Devarianti/VP/Image: fuse/iStock/thinkstock)