Career

Cara Tepat Membagi Penghasilan

  by: Adya Azka       1/7/2015
  • Ladies, ada alasan di balik gaji bulanan yang selalu habis sebelum waktunya. Ini karena Anda belum menemukan cara membagi penghasilan dengan baik. Padahal memahami arus uang pergi dan membuat anggaran bulanan yang tepat adalah kunci dari keuangan yang sehat. Berikut adalah cara-pembagian penghasilan yang tepat untuk menjaga kesehatan kondisi keuangan Anda.

    40% untuk Biaya Rumah
    Biaya membayar cicilan atau sewa rumah bisa dibilang menjadi pengeluaran paling besar. Para ahli merekomendasikan untuk mengalokasikan 40% dari pendapatan bulanan Anda untuk hal perumahan. Sebaiknya biaya perumahan, termasuk membayar tagihan listrik, internet, dan TV kabel tidak lebih besar dari 40% agar Anda tetap memiliki cukup uang untuk tabungan di masa depan.

    10% untuk Transport
    Apapun transportasi yang digunakan untuk berangkat kerja, usahakan biaya transportasi yang dibutuhkan hanya 10% dari penghasilan Anda. Jika menggunakan kendaraan pribadi, hitung biaya yang dibutuhkan untuk parkir, pemeliharaan kendaraan, hingga ausransi. Apabila menggunakan transportasi umum, buat anggaran yang cermat agar biaya transportasi tidak membengkak.



    5% untuk Kesehatan
    Anda memang tidak bisa memberikan label harga untuk urusan kesehatan. Namun, menyisihkan penghasilan untuk kesehatan adalah hal yang penting. Ketika membuat anggaran untuk kesehatan ada tiga hal yang harus Anda perhatikan, yaitu biaya untuk membayar asuransi kesehatan, biaya untuk obat dan pemeriksaan rutin, serta biaya tak terduga ketika tiba-tiba jatuh sakit. Jumlah yang tepat untuk biaya kesehatan adalah 5% dari anggaran Anda.

    20% untuk Makanan
    Tidak jarang biaya bulanan yang paling boros adalah makanan. Padahal 20% dari penghasilan bulanan seharusnya sudah cukup memenuhi kebutuhan makanan Anda. Hal paling baik untuk menjaga agar biaya makanan tidak membengkak adalah membuat menu setiap minggu dan disiplin untuk menerapkannya. Selain lebih hemat, Anda juga dapat memiliki pola makan yang lebih sehat.



    10% untuk Biaya Kredit
    Pembayaran kredit terkadang dapat menjadi hal yang rumit ketika menghitung anggaran bulanan. Namun, sisihkan setidaknya 10% untuk biaya kartu kredit Anda. Jika memiliki utang yang lebih besar buat rencana anggaran yang agresif agar dapat segera lunas. Jika tidak memilikinya, masukan uang tersebut dalam tabungan Anda.

    10% untuk Tabungan
    Hentikan kebiasaan menghabiskan seluruh penghasilan tanpa menabung karena menabung menjadi salah satu indikator dari keuangan yang sehat. Setidaknya pisahkan 10% dari penghasilan untuk tabungan masa depan. Pilih investasi yang paling tepat menurut Anda sehingga Anda lebih nyaman untuk menabung.

    5% untuk Fun!
    Tentu saja Anda harus membuat anggaran untuk bersenang-senang. Beri diri Anda hadiah dengan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang dapat disukai. Namun, pastikan jangan melebihi 5% dari penghasilan, ya. (Hana Devarianti/VP/Image: various)

    tags: tabungan, biaya, kredit