Better You

6 Kebiasaan Makan yang Merugikan

  by: Redaksi       4/7/2015
  • Energi yang Anda butuhkan untuk bekerja seharian di kantor didapat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, tahukah Anda bahwa beberapa cara makan berikut ini justru merugikan bagi tubuh?

    1. Banyak Makan Camilan

    Mengonsumsi camilan adalah pilihan yang rasanya tepat saat Anda jenuh di kantor, namun jika porsi camilan Anda lebih banyak daripada porsi makan malam, sebaiknya Anda harus berhati-hati. Camilan biasanya mengandung kadar gula atau minyak yang cukup besar. Konsumsi secara terus menerus akan berpengaruh buruk bagi kesehatan Anda.



    2. Menunda Makan

    Saat menunda makan, rasa lapar yang menyerang Anda justru akan semakin meningkat, sedangkan kadar gula darah Anda menurun drastis. Akibatnya, porsi makan Anda akan menjadi lebih besar karena tubuh merasa belum kenyang. Kalori yang menumpuk pun pada akhirnya akan berubah menjadi lemak. Makanlah secara teratur untuk menghindari risiko tersebut, dear!

    3. Makan Lewat Jam Malam

    Keinginan untuk mengonsumsi camilan (atau malah makanan berat) di malam hari jelas merupakan hal yang harus Anda hindari. Pasalnya, makanan tersebut hanya akan memberikan tambahan kalori yang sebetulnya tidak dibutuhkan tubuh. Minumlah segelas air putih dan beristirahatlah untuk menahan keinginan makan Anda.

    4. Makan untuk Mengurangi Stres



    Setelah melewati jam kerja yang panjang di kantor dan kondisi jalanan yang macet, rasanya makanan cepat saji – seperti sepotong pizza dan segelas soft drink – nikmat untuk dicoba. Eits, tunggu dulu, dear! Ini merupakan jalan pintas yang tepat untuk meningkatkan berat badan Anda. Lepaskan stres yang melanda dengan mandi aromatik atau beristirahat.

    5. Makan Terlalu Cepat

    Tahukah Anda, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak Anda? Jika Anda makan terlalu cepat, sinyal tersebut belum diterima oleh otak, padahal di sisi lain, perut Anda sudah berkata cukup. Lagipula makan terlalu cepat juga membuat Anda tidak menikmati makanan yang dimakan. Apa enaknya dong kalau begitu?


    6. Makan Sambil Melakukan Kegiatan Lain

    Pernah makan sambil menyetir karena terlambat bangun? Atau justru Anda sering makan di sofa karena tidak mau ketinggalan drama seri favorit? ?Makan sambil melakukan kegiatan lain menyebabkan kurangnya rasa puas dengan makanan yang dikonsumsi. Akibatnya, Anda terdorong untuk makan dengan porsi yang lebih banyak. Fokus dengan makanan Anda ketika sedang makan, dan sebaiknya lakukan di atas meja makan. (Alvin Yoga / VP / Image: various)