Better You

Atasi Masalah Bau Mulut Saat Berpuasa lewat Cara Ini!

  by: Silvya Winny       2/7/2015
  • Ketika berpuasa, bau mulut kerap menjadi masalah yang mengganggu. Hal ini tentu dapat memengaruhi tingkat percaya diri Anda. Tidak mau dong tidak nyaman berbicara dengan si dia (atau si bos!) karena bau mulut yang tidak sedap. Berikut adalah cara mudah untuk mendapatkan napas segar selama berpuasa.

     

    Konsumsi Buah dan Sayuran



    Salah satu cara untuk mengatasi masalah bau mulut adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran saat sahur dan berbuka. Sayur dan buah dapat menghilangkan plak gigi yang menjadi penyebab dari bau mulut. Cosmo sarankan untuk mengonsumsi buah-buahan beri, seperti stroberi atau blueberry. Kandungan vitamin C pada buah tersebut dapat mencegah sariawan dan infeksi yang bisa memicu bau mulut tidak sedap.

     

    Kurangi Konsumsi Bawang Merah dan Bawang Putih

    Selama bulan puasa sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang menggunakan banyak bawang merah dan bawang putih. Bawang merah dan bawang putih adalah bahan makanan yang memiliki bau menyengat. Bau menyengat tersebut dapat bertahan di mulut meski sudah mengonsumsi makanan lainnya. Ini karena senyawa sulfur yang terdapat dalam bau bawang merah dan bawang putih akan terserap ke peredaran darah dan dikeluarkan saat Anda menghela napas.

     

    Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Asam



    Asam adalah “pupuk” yang membuat bakteri penyebab baut mulut tumbuh subur. Tidak hanya itu, asam juga dapat membuat mulut menjadi kering sehingga produksi air liur berkurang dan kondisi mulut menjadi tidak bersih. Menghindari makanan dan minuman yang mengandung asam, seperti kopi, jus jeruk, soda, saus pasta, daging berlemak, dan cokelat, dapat membuat napas lebih segar selama berpuasa.

     

    Jangan Dehidrasi

    Dehidrasi sangat mudah terjadi ketika Anda berpuasa. Padahal, ini menjadi salah satu penyebab dari bau mulut. Selama berpuasa, pastikan Anda memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh dengan minum 8 gelas air setiap hari saat sahur dan berbuka. Air dapat membilas bakteri di dalam mulut dan memproduksi air liur yang berfungsi membersihkan mulut.

     

    Perbanyak Karbohidrat

    Yup, kekurangan karboohidrat ternyata dapat menyebabkan bau mulut. Usahakan untuk mengonsumsi karbohidrat yang cukup saat sahur dan berbuka. Anda juga dapat melengkapi menu makanan dengan pisang, biji-bijian, dan gandum agar napas tetap segar selama berpusa. (Hana Devarianti / VP / Images: VARIOUS)