Career

Karier Melesat dengan Media Sosial

  by: Redaksi       6/7/2015
  • Zaman sekarang, siapa sih yang tidak punya media sosial? Tidak jarang seseorang bahkan bisa memiliki beberapa akun. Tapi jangan hanya gunakan media sosial hanya untuk mengeluh, pamer, dan curhat saja. Lebih baik maksimalkan kegunaan media sosial untuk meningkatkan karier Anda dengan cara berikut.

    Selalu Profesional

    Tidak menutup kemungkinan sang atasan dan rekan kerja memeriksa media sosial Anda. Jika ingin memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan karier, sebaiknya buat profil terlihat profesional dan sopan. Ini berarti menghindari posting foto pesta yang terlalu gila bersama the girls akhir pekan lalu. Bisa dibilang media sosial adalah resume Anda secara online. Jadi, buatlah kesan terbaik lewat media sosial yang dimiliki.



    Aktif dengan Para Follower

    Jumlah follower memang dapat menunjukkan kalau Anda seseorang yang populer di media sosial. Namun, dapat memberikan pengaruh positif pada mereka adalah hal yang dapat membuat karier melejit. Coba untuk lebih aktif dan ramah dengan para follower. Hal ini akan menunjukkan kalau Anda adalah seseorang yang penuh gairah, memahami teknologi dan media sosial, dan serta mampu bekerja dengan orang lain.

    Tunjukkan Hobi

    Ladies, jangan ragu menunjukkan hobi dan kegemaran di media sosial karena ini akan menjadi jalan pintas menuju karier yang gemilang. Ini karena seseorang yang memiliki hobi dan kegemaran tertentu biasanya tepat waktu, berorientasi detail, dan pemain tim yang baik. Tidak hanya itu, posting foto di Instagram yang menunjukkan berbagai hobi, seperti memasak, menghadiri acara olahraga, hingga traveling menunjukkan kalau Anda dapat menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan.



    Memperlakukannya Seperti Email

    Beberapa media sosial, seperti Twitter dan Facebook, memang tidak terlalu formal. Namun, bukan berarti Anda boleh untuk tidak bijak ketika menggunakannya. Sudah menjadi aturan umum kalau segala sesuatu yang Anda posting harus bebas dari tata bahasa dan ejaan yang salah. Termasuk pula pandai menggunakan emoji dan tanda baca. Sebaiknya gunakan media sosial layaknya e-mail Anda. Formal, jelas, serta tanpa emoji dan tanda baca yang berlebihan.

    Brand Yourself

    Hal yang menyenangkan dari media sosial adalah Anda dapat memilih sisi yang ingin ditunjukkan kepada publik. Sehingga, media sosial menjadi tempat yang tepat untuk membuat brand akan diri sendiri. Publikasikanlah hal-hal pada media sosial yang dapat mendukung brand Anda. Ini akan menjadi kesan yang baik di mata atasan, rekan kerja, maupun klien. (Hana Devarianti / VP / Image: various)