Better You

Aktifkan Otak untuk Hidup lebih Berkualitas

  by: Adya Azka       3/7/2015
  • It all starts with the brain—dari kreativitas, perilaku, hingga rasa lapar pun. Bila tidak diaktifkan, hati-hati berkurang daya ingat lho. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ikuti beberapa langkah jitu berikut ini...

    Consume iron-rich food

    Yup, makanan yang kaya zat besi dapat membantu pikiran Anda jadi lebih sharp lantaran ampuh menyalurkan oksigen ke otak. Another bonus: konsumsi zat besi juga bisa mencegah penyakit dementia di usia senja nanti lho. So make these part of your daily menu: daging merah, seafood, ayam, dan kacang-kacangan.



    Don’t let your mind wander

    Well, ini semestinya dilakukan setiap hari sih: an active brain equals an active mind. Menurut studi terkini, mereka yang menunda masa pensiun justru memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit Alzheimer. Dalam skala lebih kecil, bekerja mengurangi potensi Anda jadi pikun. Main video game boleh saja asalkan memang yang tetap mengandalkan otak Anda (oh okay, go ahead and keep playing Candy Crush). Or why not try these: perluas wawasan dengan menonton tayangan MICE via online atau jadi sukarelawan untuk projek yang memberikan peluang untuk mengembangkan skill baru.



    Use your other senses

    Menurut suatu penelitian, Anda bisa lebih menyimpan memori bila indera yang lainnya ikut dilibatkan. Satu studi melibatkan partisipan yang diperlihatkan sebuah rangkaian foto yang dilengkapi dengan aroma tertentu. Berikutnya mereka ditampilkan beberapa foto lagi (tanpa aroma) dan diminta untuk menunjuk foto yang mereka sudah pernah lihat, semua partisipannya mampu mengingat semuanya (apalagi untuk foto yang ditemani dengan aroma menyenangkan). So, start engaging all the sense, ladies! (Sahiri Loing / SW / Image: dok. various)