Better You

Berikut Cara Bernapas Yang Ideal

  by: RedaksiCosmopolitan       5/7/2015
  • To breathe is to live. Menghirup udara memang sesuatu yang otomatis kita lakukan sejak lahir, tapi sayangnya masih banyak orang yang bernapas dengan cara yang tidak efektif. Find out how to fix it.

    The Science of Breathing
    Dari garis start di jantung, darah bersih dan murni akan bersirkulasi ke seluruh tubuh untuk menyalurkan nutrisi serta energi. Nah, setelah menjalankan tugasnya, darah akan kembali ke jantung dalam kondisi “kotor” dan di sinilah peran paru-paru untuk mendetoksifikasinya dengan bantuan oksigen supaya kembali menjadi murni. Unfortunately, dengan kebiasaan buruk manusia seperti postur bungkuk hingga merokok dan polusi dari kendaraan bermotor, proses purifikasi ini jadi tak maksimal.

    The Negative Effect
    Well, dampaknya bisa beragam: dari masalah pencernaan (karena konsumsi makanan butuh oksigen untuk diproses), bad complexion, hingga flu dan penyakit jantung.



    On the Nose
    So what to do? Pertama, biasakan untuk tarik dan buang napas hanya dari hidung. Bulu dalam hidung Anda bukan hanya “hiasan” dear—they’re there to filter the air! Menurut studi, mereka yang bernapas via mulut lebih rentan terkena penyakit lantaran udara yang tak tersaring. Sementara elemen buruk pada udara akan ditahan oleh membran dan lapisan pelindung lainnya pada nostril untuk dilepaskan kembali saat Anda buang napas. Bila ada yang nakal lolos? Jangan khawatir—your body will protect you. It’s called sneezing.



    Breathe Properly
    Maksimalkan kapasitas paru-paru Anda dengan cara bernapas para yogi berikut ini: Duduk atau berdiri tegak, lalu perlahan tarik napas untuk mengisi paru-paru bagian bawah (memberikan tekanan pada area abdominal), kemudian isi paru-paru bagian tengah dengan mendorong tulang rusuk, breast bone, dan dada bagian bawah; dan akhiri dengan paru-paru bagian atas yang akan “memijat” area dada. Dan itu semua dilakukan dalam satu kali pernapasan dengan gerakan yang mengalir! (Sahiri Loing / SW / Image: outnow.ch)